REKOMENDASI STRATEGI PENJUALAN BUNDLING DI CAFE SZ POINT MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH

muhamad faiz harby, Eka Dyar Wahyuni, Nur Cahyo Wibowo

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi strategi penjualan bundling yang efektif untuk Cafe SZ Point, sebuah UKM yang berlokasi di Jalan Sambikerep No.25, Sambikerep, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur. Cafe SZ Point baru memulai usahanya pada 11 Maret 2023. Sebelumnya, kafe ini pernah melakukan promosi bundling yang kurang efektif sehingga mengakibatkan kerugian dan penurunan pendapatan. Hal ini terjadi karena kafe tersebut belum memaksimalkan penggunaan data penjualan dari lunapos untuk mengidentifikasi tren konsumen, pola pembelian, dan preferensi pelanggan. Tanpa pemanfaatan data penjualan yang optimal, strategi pemasaran yang tepat sasaran sulit dirancang.

Penelitian ini menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) melalui pendekatan metode CRISP-DM (Cross-Industry Standard Process for Data Mining) untuk menganalisis data transaksi dari Cafe SZ Point dan menemukan pola pembelian pelanggan yang sering muncul. Hasil analisis menunjukkan dapat diterapkan untuk menentukan pola pembelian menu dengan membentuk aturan asosiasi yang dapat digunakan untuk strategi penjualan. Rekomendasi strategi bundling yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Cafe SZ Point dalam meningkatkan performa penjualannya.

 

Abstract. This research aims to produce recommendations for an effective bundling sales strategy for Cafe SZ Point, an SME located on Jalan Sambikerep No.25, Sambikerep, Kec. Sambikerep, Surabaya, East Java. Cafe SZ Point just started its business on March 11 2023. Previously, this cafe had carried out bundling promotions that were less effective, resulting in losses and a decrease in income. This happens because the cafe has not maximized the use of sales data from LUNAPOS to identify consumer trends, purchasing patterns and customer preferences. Without optimal use of sales data, targeted marketing strategies are difficult to design.d

This research uses the Frequent Pattern Growth (FP-Growth) algorithm using the CRISP-DM (Cross-Industry Standard Process for Data Mining) method approach to analyze transaction data from Cafe SZ Point and find customer purchasing patterns that frequently appear. The analysis results show that it can be applied to determine menu purchasing patterns by forming association rules that can be used for sales strategies. It is hoped that the bundling strategy recommendations resulting from this research will help Cafe SZ Point improve its sales performance..

 


Full Text:

PDF 2718-2725

References


L. Yana Siregar, M. Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, and U. Negeri Islam Sumatera Utara, “HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis DEVELOPMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY ON INCREASING BUSINESS ONLINE,” vol. 2, no. 1, pp. 71–75, 2020, doi: 10.30606/hjimb.

R. Amelia and D. P. Utomo, “ANALISA POLA PEMESANAN PRODUK MODERN TRADE INDEPENDENT DENGAN MENEREPAKAN ALGORITMA FP. GROWTH (STUDI KASUS: PT. ADAM DANI LESTARI),” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov. 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1622.

A. T. Suseno, A. R. Naufal, and M. Al Amin, “MARKET BASED ANALYSIS SEBAGAI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEDOIDS DAN FP-GROWTH,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 5, no. 2, p. 301, Dec. 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i2.646.

M. A. Hasanah, S. Soim, and A. S. Handayani, “Implementasi CRISP-DM Model Menggunakan Metode Decision Tree dengan Algoritma CART untuk Prediksi Curah Hujan Berpotensi Banjir,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

V. Rama Vyshnavi and A. Malik, “Efficient Way of Web Development Using Python and Flask,” 2019.

P. Banerjee, B. Kumar, A. Singh, R. Kumar, and R. Kumar, “Implementation of Database Using Python Flask Framework,” International Journal of Engineering and Computer Science, vol. 8, no. 12, pp. 24890–24893, Dec. 2019, doi: 10.18535/ijecs/v8i12.4399.

N. Rohman Ardani and N. Fitrina, “Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016,” 2016.

U. Baetulloh and A. I. Gufroni, “PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK KARTU PERDANA KUOTA INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” Jurnal SIMETRIS, vol. 10, no. 1, 2019.

S. Parsaoran Tamba, “PENERAPAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN STOK BAHAN BAKU PADA RESTORAN NELAYAN MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULE,” 2022.

M. Fauzy, K. W. Rahmat Saleh, I. Asror, J. Telekomunikasi No, and T. Buah Batu Bandung, “PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA SIMULASI PREDIKSI HUJAN WILAYAH KOTA BANDUNG,” 2016.

P. S. Strategi, P. Barang, D. Promo, V. N. Latifah, M. T. Furqon, and N. Santoso, “Implementasi Algoritme Modified-Apriori Untuk Menentukan Pola,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

N. Harahap, “TEKNIK DATA MINING UNTUK PENENTUAN PAKET HEMAT SEMBAKO DAN KEBUTUHAN HARIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS DI ULFAMART LUBUK ALUNG),” 2019.

A. Ardianto and D. Fitrianah, “Penerapan Algoritma FP-Growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV. Fajar Sukses Abadi,” Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, vol. 9, no. 1, p. 49, Apr. 2019, doi: 10.22441/incomtech.v9i1.3263.

Henando, “JURNAL J-CLICK ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH UNTUK ANALISA PERBANDINGAN DATA PENJUALAN LEPTOP BERDASARKAN MERK YANG DIMINATI KONSUMEN (STUDI KASUS : INDOCOMPUTER PAYAKUMBUH),” 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062