PEMANFAATAN DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Restu Reza Universitas Malikussaleh
  • Fikri Fikri Universitas Malikussaleh
  • Khairul Khairul Universitas Malikussaleh
  • Wawan Wawan Universitas Malikussaleh
  • Nurdin Nurdin Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5471

Abstract Views: 469 File Views: 852

Abstract

Desain grafis telah berkembang menjadi alat yang tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi visual, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi, kreativitas, dan keterampilan dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan dan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemanfaatan media desain grafis berbasis teknologi, seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dan Canva, dapat memengaruhi motivasi belajar siswa dan keterampilan kewirausahaan dalam komunitas pendidikan dan pelatihan. Menggunakan metode tinjauan pustaka dan analisis literatur dari sepuluh jurnal terkait, penelitian ini menemukan bahwa media pembelajaran berbasis desain grafis mampu meningkatkan keterlibatan peserta dalam proses pembelajaran, membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif, serta mempersiapkan mereka untuk terjun ke dunia usaha. Selain itu, sistem informasi berbasis Rapid Application Development (RAD) di bidang jasa desain grafis menunjukkan efektivitas dalam manajemen layanan dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi desain grafis dalam pendidikan dan kewirausahaan, yang dapat membuka peluang baru dalam pengembangan keterampilan dan daya saing di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Musmuliadi M, Purmadi A. Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. J Teknol Pendidik J Penelit dan Pengemb Pembelajaran. 2019;3(1):20.

Pritandhari M, Wibawa FA. Pelatihan Desain Grafis Coreldraw

Meningkatkan Kreativitas Karang Taruna Pemuda Mandiri Kelurahan Rejomulyo. SINAR SANG SURYA J Pus Pengabdi Kpd Masy. 2021;5(1):33.

Putri MA, Purmadi A. Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. J Teknol Pendidik J Penelit dan Pengemb Pembelajaran. 2020;5(2):174.

Rusdianto H, Nurhayati N, Aksani ML, Rudianto R. Pengembangan Sistem Informasi Order Jasa Desain Grafis Menggunakan Metode Rapid Application Development. JIKA (Jurnal Inform. 2023;7(1):104.

Tiawan, Musawarman, Sakinah L, Rahmawati N, Salman H. Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1(4):476–80.

Muhammad Azhar, Hakmi Wahyudi. https://irbijournal.com/index.php/uherj/index 1 | P a g e. Uluwwul Himmah Educ Res J [Internet]. 2024;1(1):1–15. Available from: https://irbijournal.com/index.php/uherj/index

Arifin AH, Pratiwi WR, Andriyansah A, Sultan Z. Peningkatan Kreativitas Guru Paud di Kota Tangerang dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva. J Hum Educ. 2024;4(1):151–7.

Azzahra PT, Asbari M, Nugroho DE. Urgensi Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. J Inf Syst Manag. 2024;3(1):90–2.

Zaenal Asikin M, Fadilah MO. Masa Depan Kewirausahaan dan Inovasi: Tantangan dan Dinamika dalam Era Digital. J Syntax Admiration. 2024;5(1):303–10.

Muhammad Yasin, Muhammad Yaumi, Azhar Arsyad. Taksonomi Model-Model Desain Teknologi Pembelajaran. J Int Multidiscip Res. 2024;2(5):372–9.

Maulana YI, Hendri H, Virgo V, Komarudin R, Afni N, Maulana YI. Application Of The Rapid Application Development (RAD) Method In Designing A Web-Based Car Rental Information System. J Inf Syst Informatics Comput. 2024;8(1):72.

Desnelita Y, Gustientiedina G, Susanti W, Nasien D, Noratama Putri R. Pkms Pelatihan Desain Grafis Menuju Wirausaha Bagi Pemuda Rt.03 Rw.04 Kelurahan Umban Sari. Din J Pengabdi Kpd Masy. 2019;3(2):266–72.

Downloads

Published

2024-10-26

How to Cite

Reza, R., Fikri, F., Khairul, K., Wawan, W., & Nurdin, N. (2024). PEMANFAATAN DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5471

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>