PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BAN SEPEDA MOTOR DENGAN METODE MULTI ATRIBUT UTILITY THEORY

Authors

  • Arya Rizki Pratama Politeknik TEDC Bandung
  • Ade Yuliana Politeknik TEDC Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5260

Abstract Views: 337 File Views: 289 File Views: 0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis web menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) untuk membantu pengguna dalam memilih ban sepeda motor yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dalam konteks perkotaan seperti Cimahi, Jawa Barat, pemilihan ban yang tepat sangat penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan raya. Metode MAUT memungkinkan penilaian sistematis terhadap berbagai atribut ban, seperti harga, jenis motor, ukuran ring, posisi ban, dan tipe tabung, sehingga pengguna dapat mengambil keputusan yang lebih terarah dan terinformasi. Pengembangan sistem dilakukan melalui model pengembangan perangkat lunak air terjun, meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SPK yang dikembangkan dapat memberikan rekomendasi yang relevan dan akurat, meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, mengurangi biaya, serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-12

How to Cite

Pratama, A. R., & Yuliana, A. (2024). PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BAN SEPEDA MOTOR DENGAN METODE MULTI ATRIBUT UTILITY THEORY. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5260

Issue

Section

Articles