APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE TURNAMEN FREE FIRE BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS FREE FIRE BATTLE GROUND BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5241Abstract Views: 335 File Views: 219 File Views: 0
Abstract
Abstrak. Free Fire adalah game battle royale populer yang dimainkan di Asia Tenggara dan Amerika Selatan, dengan mode solo, duo, dan squad. FFBG Regional Bandung, komunitas game yang aktif sejak 2018, memiliki 8 pengurus dan 820 anggota, serta sering menyelenggarakan turnamen game online dan offline. Namun, proses pendaftaran turnamen yang masih konvensional mengakibatkan antrian panjang, kehilangan arsip data, dan kesalahan update skor. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan aplikasi pendaftaran online berbasis website yang menyediakan fitur pendaftaran, informasi turnamen, pengumuman pemenang, dan live chat. Aplikasi ini memungkinkan peserta mengakses informasi dan mendaftar secara online, meningkatkan efisiensi dan mengurangi masalah konvensional. Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Laporan tugas akhir ini mengkaji dan menerapkan aplikasi pendaftaran online untuk FFBG Regional Bandung guna meningkatkan pengelolaan turnamen.
Abstract. Free Fire is a popular battle royale game played in Southeast Asia and South America, with solo, duo and squad modes. FFBG Regional Bandung, a gaming community active since 2018, has 8 administrators and 820 members, and frequently organizes online and offline gaming tournaments. However, the conventional tournament registration process results in long queues, lost data archives, and score update errors. To solve these problems, a website-based online registration application is needed that provides registration, tournament information, winner announcement, and live chat features. This application allows participants to access information and register online, increasing efficiency and reducing conventional problems. The development method used is Waterfall, which includes the stages of requirements analysis, system design, implementation, testing, and maintenance. This final project report examines and implements an online registration application for FFBG Bandung Regional to improve tournament management.
Downloads
References
D. Fitri Ramadhani, Y. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, and U. Muhammadiyah Hamka, “Hubungan Game Online ‘Free Fire’ Dengan Perilaku Komunikasi Pada Siswa Kelas Vi,” Educatio, Vol. 7, No. 3, Pp. 818–824, 2021, Doi: 10.31949/Educatio.V7i3.1256.
S. H. Harahap and Z. H. Ramadan, “Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 3, Pp. 1304–1311, Apr. 2021, Doi: 10.31004/Basicedu.V5i3.895.
A. Soraya and A. D. Wahyudi, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dimsum Berbasis Web (Studi Kasus: Kedai Dimsum Soraya),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 2, No. 4, Pp. 43–48, 2021, [Online]. Available: Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Jtsi
M. Al, K. Rizki, and A. F. Op, “Rancang Bangun Aplikasi E-Cuti Pegawai Berbasis Website (Studi Kasus : Pengadilan Tata Usaha Negara),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 2, No. 3, Pp. 1–13, 2021, [Online]. Available: Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Jtsi
A. E. Maulana, “Implementasi Extreme Programming pada Website Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Daarul Fatah Tangerang,” Journal of Computer Science and Information Technology, Vol. 2, No. 2. 2022.
M. Mukramin, R. Y. Choirani, And R. Suppa, “Aplikasi E-Message Pengingat Kenaikan Masa Jabatan Dosen Universitas Andi Djemma,” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, Vol. 12, No. 3, Aug. 2024, Doi: 10.23960/Jitet.V12i3.4691.
H. Thamrin, O. Fajarianto, and A. Ahmad, “Pelatihan Pemrograman Css Dan Html Di Smk Avicena,” Abdimas Awang Long, Vol. 4, No. 1, Pp. 1–5, 2021.
A. Mubarak, J. J. Metro, And K. T. Selatan, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” Jurnal Informatika dan Komputer, Vol. 2, No. 1. 2019.
M. Saed Novendri Et Al., “Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql,” Lentera Dumai, Pp. 1–12, 2019.
I. Sukma, M. Petrus, S. Catur Sakti Kendari, And J. Abdullah, “Sistem Pakar Penyakit Kucing Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, Vol. 5, No. 1, Pp. 1–7, 2020.
R. T. Djaelangkara, R. Sengkey, and O. A. Lantang, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Kristen 1 Tomohon,” Teknik Elektro Dan Komputer, Pp. 1–9, 2015.
A. Maulana, I. Purnamasari, and I. Maulana, “Rancang Bangun Website Layanan Jasa Reparasi Alat Elektronik Rumah Tangga Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Cv. Xyz),” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, Vol. 12, No. 3, Aug. 2024, Doi: 10.23960/Jitet.V12i3.4859.
A. S. Nurjaman and V. Yasin, “JISICOM (Journal Of Information System, Informatics and Computing) Utama (Application Design Concept Of Web-Based Staffing Management System at Pt Bintang Komunikasi Utama),” Jisicom, Pp. 1–32, 2020, [Online]. Available: Http://Journal.Stmikjayakarta.Ac.Id/Index.Php/Jisicomtelp.+62-21-3905050,
A. Barata Et Al., “Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Game Online Free Fire Pada Siswa Smk Negeri 1 Martapura Kabupaten Oku Timur,” Jurnal Massa, Vol. 1, Pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: Http://Journal.Unbara.Ac.Id/Index.Php/Jm/Index
A. Dillah, G. F. Nama, D. Budiyanto, and M. A. Muhammad, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Operasi P2tl Pengukuran Tidak Langsung 2 Phasa Di Pt. Pln (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Metro,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4458.
B. K. Fajar, “Rancang Bangun Aplikasi Pemetaan Kejadian Bencana Kekeringan Di Kabupaten Banyumas Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4478.
O. Berbasis et al., “Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Katalog,” Seminar Informatika Aplikatif Polinema, pp. 1–10, 2021.