PENGEMBANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA PENILAIAN REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU UNTUK PROGRAM PROFESI INSINYUR MENGGUNAKAN METODE SCRUM
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4597Abstract Views: 286 File Views: 206
Abstract
Abstrak. Universitas Lampung merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapat amanat untuk menjalankan Program Profesi Insinyur(PPI) dengan jalur Rekoginisi Pembelajaran Lampau (RPL). Seseorang yang mengikuti jalur RPL ini telah memiliki pengalaman dibidang keinsinyuran minimal 5 tahun yang nantinya data pendidikan, pekerjaan, pelatihan dari lembaga formal dan informal dapat dikonversikan pada 6 mata kuliah yang berjumlah 24 SKS. Proses penilaian data RPL ini akan membutuhkan waktu yang lama apabila dilakukan secaara manual dan menghambat proses administrasi perkuliahan di PPI. Untuk itu dilakukan pengembangan proses penilaian yang efektif dan efisien secara otomatisasi pada web application melalui pengembangan sistem pengolahan nilai akhir data RPL (E-RAPEL) yang mampu memecahkan permasalahan yang sering terjadi di PPI dan dapat mempermudah administrasi nilai. Pengembangan sistem ini dilaksanakan dengan mengadopsi metode scrum karena mampu meningkatkan kinerja produk, tim, dan lingkungan kerja. Dalam memperoleh data pada penelitian ini dilakukan teknik wawancara dan observasi langsung dan didapatkan hasil sebuah sistem yang manpu mempermudah proses penilaian akhir data RPL dengan menggunakan pengujian blackbox didapatkan seluruh komponen uji menunjukkan adanya keberhasilan dan sesuai dengan yang diharapkan serta mempermudah proses penilaian akhir data RPLyang sedang berjalan di PPI.
Downloads
References
N. K. Khamis, Z. Harun, M. F. M. Tahir, Z. Wahid, and M. A. M. Sabri, “Motivational factors of professional engineers and non-professional engineers in applying for license as professional engineer: A comparative study,” Int. Educ. Stud., vol. 6, no. 6, pp. 124–130, 2013.
R. M. Zin, “Perception of Professional Engineers toward Quality of Worklife and Organizational Commitment: A Case Study,” Gadjah Mada Int. J. Bus., vol. 6, no. 3, p. 323, 2004.
D. A. Martin, E. Conlon, and B. Bowe, A Multi-level Review of Engineering Ethics Education: Towards a Socio-technical Orientation of Engineering Education for Ethics, vol. 27, no. 5. Springer Netherlands, 2021.
W. L. Eiden, “The dilemma of the professional engineer employed in industry,” IEEE CSIT Newsl., vol. 2, no. 6, pp. 7–8, 2013.
Pressiden RI, “UU No 11 Th. 2014 ttg Keinsinyuran,” pp. 1–42, 2014.
M. Pendidikan and D. A. N. Teknologi, “m / rm en d ikb ud ris tek ah un gu ore las i . c o htt ps : // w ww . in en d ore . in f ww // w htt ps : las i . c ikb ud ris tek,” pp. 1–9, 2022.
D. Despa and L. Afriani, “Percepatan Insiyur Tersertifikasi Melalui Pelatihan Teknik Pengisian Sistem Informasi Manajemen Insinyur ( Simponi ),” vol. 2, no. 2, 2022.
D. Despa, T. Septiana, F. Hamdani, and P. B. Wintoro, “Persepsi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tentang Urgensi Insinyur Profesional Dalam Berpraktik Di bidang Keinsinyuran,” Semin. Nas. Ins. Prof., vol. 1, no. 1, pp. 2019–2022, 2022.
D. DESPA, R. Widyawati, and T. Septiana, “Pelatihan Pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (Faip) Secara Online Bagi Anggota Persatuan Insinyur Indonesia (Pii) Wilayah Lampung,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Sakai Sambayan, vol. 6, no. 1, p. 7, 2022.
N. K. Armaeni, “Kajian etika profesi keinsinyuran sipil,” vol. 4, pp. 41–48.
F. Trapsilawati, S. Subagyo, T. Ariyanto, M. K. Herliansyah, and S. Purwono, “Evaluasi Sistem Penilaian Rekognisi Pembelajaran Lampau,” Bul. Profesi Ins., vol. 2, no. 3, pp. 96–101, 2019.
D. P. Nasution, H. Arifin, N. W. P. B. Sembiring, and S. Z. Abrari, “Implikasi Pergeseran Insinyur Dari Sektor Publik Ke Sektor Swasta,” J. PenSil, vol. 10, no. 3, pp. 154–159, 2021.
R. Timings, Engineering Fundamentals. 2007.
C. Gaete-Peralta and J. Huincahue, “Thinking styles and engineering: Proposals for strengthening the professional training of engineers through physics courses,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1702, no. 1, 2020.
R. Stevens, A. Johri, and K. O’connor, “Professional engineering work,” Cambridge Handb. Eng. Educ. Res., pp. 119–138, 2015.
P. Adi, “Scrum Method Implementation in a Software Development Project Management,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 6, no. 9, pp. 198–204, 2015.
S. A. Nugroho, “Scrum Framework Implementation for Software Development Projects in IT Companies,” no. August, pp. 11–13, 2021.