PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN BERBASIS WEB PADA PERHITUNGAN LUASAN KUMUH BALAI PRASARANA PERMUKIMAN WILAYAH LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v11i2.2921Abstract Views: 1231 File Views: 893
Abstract
Dalam perancangan aplikasi web perhitungan luasan kumuh membutuhkan UI/UX sebagai bagian dari pembuatan website, UI/UX dirancang sesuai dengan kebutuhan user, UI/UX yang baik akan berdampak pada pengalaman para pengguna aplikasi web. Perancangan UI/UX menggunakan metode User Centered Design (UCD), metode UCD digunakan untuk memaksimalkan interaksi dengan user tentang kebutuhan user pada aplikasi. Pada aplikasi web perhitungan luasan kumuh terdapat fitur yang mempermudah user dalam melakukan pendataan, fitur ini bertujuan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk pendataan. Tampilan UI yang telah dirancang kemudian dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS), SUS menghasilkan nilai skor sus yang menentukan tingkat keberhasilan UI, tampilan UI aplikasi perhitungan luasan kumuh mendapatkan nilai 84,5 dengan grade B dan dikategorikan acceptable yang berarti tampilan UI aplikasi perhitungan luasan kumuh sudah mencukupi kebutuhan user.
Downloads
References
Kementrian PUPR, “Tentang Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku),” Kotaku. http://kotaku.pu.go.id/page/6880/tentang-program-kota-tanpa- kumuhkotaku (accessed May 12, 2021).
Mentri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, “Peraturan Mentri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 14/Prt/M/2018 Tentang Pencegahan Dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh Dan Permukiman Kumuh.” Kementrian PUPR, Jun. 22, 2018.
BPPW Lampung, “Prosedur Operasional Baku (Pob) Pendataan Permukiman Kumuh Partisipatif,” p. 59.
BPPW Lampung, “Proses Pengolahan Data Baseline 2020.” 2020.Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman,
Direktorat Jendral Cipta Karya, and Kementrian PUPR, “Pendataan Baseline Kotaku.” Feb. 20, 2020.
Susanto, I. (2009). Interaksi Manusia dan Komputer edisi 2. Penerbit Andi.
Garrett, J. J. (2011). The Elements of User Experience : User-Centered Design for the Web and Beyond, Second Edition. Barkeley, CA: New Riders.
Amborowati, A. (2012). Rancang Sistem Pameran Online Menggunakan Metode UCD (User Centered Design).
Galitz, W. O. (2007). The Essential Guide to User Interface Design: An Introduction to GUI Design Principles and Techniques, Third Edition. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.
Garrett, J. J. (2011). The Elements of User Experience Second Edition. California: Peachpit.
UXL Encyclopedia of Science. (2015). Prototype. Retrieved from galegroup.com: http://link.galegroup.com/apps/doc/ENKDZQ347975681/SCIC?u=dclib_ main&sid=SCIC&xid=0c8f739d
Rahman, N. 2018. IMPLEMENTASI METODE USER CENTRED DESIGN PADA PENGEMBANGAN GIM MATEMATIKA BERBASIS DESKTOP BAGI SISWA SD NEGERI 1 CANDIWULAN. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Rubin, J., & Chisnell, D. (2008). Handbook of usability testing [electronic resource] : How to plan, design, and conduct effective tests (2nd ed.). Indianapolis, IN: Wiley Pub. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
[16]R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach, 7th ed. New York: McGraw-Hill Higher Education, 2010.
J. Brooke, SUS - A quick and dirty usability scale. Usability
A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining what individual Sari, usability Testing,” J. Bina Komput., vol. 2, no. 1, pp. 74–78, Feb. 2020.
Heny, D. (2016). Analisis User Interface dan User Experience pada Website Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 2, 183.
Intentics Inc. (2017). The Main Steps of The User Interface. Retrieved from intentics.com: https://intetics.com/blog/the-main-steps-of-the-user- interface-design