APLIKASI BERBAGI MAKANAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CLEAN ARCHITECTURE DAN JETPACK COMPOSE
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4384Abstract Views: 418 File Views: 278
Abstract
Peningkatan kesadaran akan isu-isu lingkungan telah mendorong pengembangan aplikasi berbagi makanan, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi berbagi makanan berbasis android menggunakan pendekatan clean architecture dengan pola desain MVVM (Model-View-ViewModel) serta menerapkan metodologi pengembangan scrum, lingkup penelitian meliputi perumahan Telaga Murni, dengan fokus pada efisiensi redistribusi makanan yang tidak terpakai di antara para warga, metode pengembangan menggunakan clean architecture membantu memisahkan logika bisnis dari lapisan presentasi dan infrastruktur, sehingga meningkatkan modularitas, skalabilitas, dan testabilitas aplikasi. Model-View-ViewModel (MVVM) digunakan untuk mengatur tata letak antarmuka pengguna (UI) dan logika tampilan secara terstruktur, selain itu, penggunaan metode scrum memfasilitasi pengembangan iteratif dan kolaboratif, memungkinkan penyesuaian berkelanjutan berdasarkan umpan balik dari pengguna akhir, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sosial yang signifikan dengan memfasilitasi distribusi makanan yang lebih baik di lingkungan perumahan Telaga Murni dan sekitarnya.Downloads
References
S. I. Maharani, Fauziah, and A. Iskandar, “Aplikasi Food Sharing Menggunakan Metode Haversine dan Algoritma K-means,” JUSTIN Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 56–62, Jan. 2022.
B. Dimas, P. A. Rozaq, A. Hendra Brata, and D. Pramono, “Pengembangan Aplikasi Food Sharing berbasis Android,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. Saraswati, S. Aminah, B. Kristomoyo Kristanto, T. Informatika, and S. Malang, “Pengembangan Aplikasi Berbagi Makanan Berbasis Android.”
F. Dzulqarnain, “Computer Based Information System Journal RANCANG BANGUN APLIKASI BELAJAR ARAB UNTUK ANDROID MENGGUNAKAN JETPACK COMPOSE DAN KOTLIN,” CBIS JOURNAL, vol. 11, no. 01, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbishttp://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis
A. Musthofa Firdaus and D. Agung Prabowo, “Aplikasi Pencari Tempat Magang Berbasis Android Menggunakan Metode Agile Scrum,” 2022.
Aflah Taqiu Sondha, Umi Sa’adah, Fadilah Fahrul Hardiansyah, and Maulidan Bagus Afridian Rasyid, “Framework dan Code Generator Pengembangan Aplikasi Android dengan Menerapkan Prinsip Clean Architecture,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, vol. 9, no. 4, pp. 327–335, Dec. 2020, doi: 10.22146/jnteti.v9i4.572.
T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, M. Wulandari, and P. ’ Aisyiyah Pontianak, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN DIAGRAM UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE),” 2022.
R. Abdillah, A. Kuncoro, and I. Kurniawan, “ANALYSIS MATHEMATICS LEARNING APPS ANDROID BASE AND DESIGNING SYSTEM USING UML 2.0,” 2019.
A. Mustika, “Journal of Data Science and Information System (DIMIS) Permodelan Sistem Informasi Penjualan Barang Menggunakan Metode Scrum,” Journal of Data Science and Information System (DIMIS), vol. 2, no. 1, 2024, doi: 10.58602/dimis.v2i1.97.
S. Hadji and M. Taufik, “Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 2 IMPLEMENTASI METODE SCRUM PADA PENGEMBANGAN APLIKASI DELIVERY ORDER BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN LOMBOK IDJO SEMARANG),” KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 2, 2019.
F. Hardiansyah et al., “IMPLEMENTASI METODE AGILE SCRUM DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA,” 2023.
M. Nurfathullah, “PENGUJIAN BLACKBOX PADA SISTEM PEMESANAN UNTUK SALES ORDER DI PT BUKIT MURIA JAYA BERBASIS EQUIVALENCE PARTITIONS,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4174.
I. Kadek Aridena Putera, A. Agung Ayu Putri Ardyanti, K. Queena Fredlina, and W. Sujarwo, “PERANCANGAN APLIKASI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MOBILE SEBAGAI PENGENALAN ARTEFAK MUSEUM,” 2020. [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa