PERBANDINGAN ALGORITMA RANDOM FOREST DAN NAÏVE BAYES DALAM MENGANALISIS SENTIMEN ULASAN PADA PRODUK SKINCARE LOKAL DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Authors

  • Putri Widya Sari Mahasiswa
  • Firmansyah
  • Abdul Rahman Kadafi

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8150

Abstract Views: 72 File Views: 36

Keywords:

Sentiment Analysis, Random Forest, Naïve Bayes, Tiktok, Local Skincare, Web Scraping, Consumer Reviews, Classification

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan konsumen terhadap produk skincare lokal yang dibagikan di media sosial, khususnya tiktok, dengan menggunakan algoritma random forest dan naïve bayes. Penelitian ini fokus pada pengklasifikasian sentimen konsumen menjadi kategori positif dan negatif untuk memberikan wawasan tentang preferensi konsumen. Data dikumpulkan melalui web scraping menggunakan skrip python dan diproses dengan teknik pre-processing standar seperti case folding,tokenisasi, penghapusan stopword, dan stemming. hasil analisis menunjukkan bahwa random forest mengungguli naïve bayes dalam hal akurasi, presisi, recall, dan f1-score. Temuan ini mengindikasikan bahwa random forest lebih efektif dalam menangani dataset yang kompleks dengan banyak fitur, sementara naïve bayes lebih cepat tetapi mungkin kesulitan dengan interaksi fitur yang lebih rumit. Selain itu, distribusi sentimen menunjukkan dominasi sentimen negatif yang sedikit lebih tinggi, menyoroti area yang perlu diperbaiki dalam produk skincare lokal. Penelitian ini memberikan wawasan yang berguna bagi konsumen dan produsen, membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih tepat dan membantu produsen dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Sriwenda Putri, R. Setiawan, and A. Pambudi, “Analisis Sentimen Terhadap Brand Skincare Lokal Menggunakan Naïve Bayes Classifier,” 2023.

H. Harnelia, “Analisis Sentimen Review Skincare Skintific Dengan Algoritma Support Vector Machine (Svm),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4095.

D. Prihartini and R. Damastuti, “Pengaruh e-WOM terhadap Minat Beli Skincare Lokal pada Followers Twitter @ohmybeautybank,” 2022.

N. Nawiyah, R. C. Kaemong, M. A. Ilham, and F. Muhammad, “Penyebab Pengaruhnya Pertumbuhan Pasar Indonesia Terhadap Produk Skin Care Lokal Pada Tahun 2022,” Armada : Jurnal Penelitian Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 1390–1396, Dec. 2023, doi: 10.55681/armada.v1i12.1060.

R. Damastuti, “Membedah Feeds Instagram Produk Skincare Lokal (Analisis Isi Kuantitatif Akun Instagram Avoskin) Discovering Local Skincare Product Instagram Feeds (Quantitative Content Analysis Instagram Account Avoskin),” Des, vol. 5, no. 2, pp. 189–199, 2021.

M. Z. Rahman, Y. A. Sari, and N. Yudistira, “Analisis Sentimen Tweet COVID-19 menggunakan Word Embedding dan Metode Long Short-Term Memory (LSTM),” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. N. Muttaqin and I. Kharisudin, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Support Vector Machine dan K Nearest Neighbor,” UNNES Journal of Mathematics, vol. 10, no. 2, pp. 22–27, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm

G. E. Pratiwi and A. Nugroho, “Implementasi Metode Random Forest Untuk Klasifikasi Penjualan Produk Sabun Paling Laris,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 7, no. 2, p. 541, Dec. 2024, doi: 10.37600/tekinkom.v7i2.1610.

Intan Permata and Esther Sorta Mauli Nababan, “Application Of Game Theory In Determining Optimum Marketing Strategy In Marketplace,” JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, vol. 2, no. 2, pp. 65–71, Jul. 2023, doi: 10.55606/jurrimipa.v2i2.1336.

A. Nugroho and Y. Religia, “Analisis Optimasi Algoritma Klasifikasi Naive Bayes menggunakan Genetic Algorithm dan Bagging,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 5, no. 3, pp. 504–510, Jun. 2021, doi: 10.29207/resti.v5i3.3067.

R. Gelar Guntara, “Pemanfaatan Google Colab Untuk Aplikasi Pendeteksian Masker Wajah Menggunakan Algoritma Deep Learning YOLOv7,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 55–60, Feb. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i1.750.

N. Ilahin, “Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah”, doi: 10.37850/ibtida.

S. Ubaidillah Royan, N. Suarna, I. Ali, and D. Solihudin, “ANALISIS Sentimen Ulasan Produk Skincare Di Shopee Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Menggunakan Metode Support Vector Machine,” Jurnal informasi dan Komputer, vol. 13, no. 1, p. 2025.

H. Harnelia, “Analisis Sentimen Review Skincare Skintific Dengan Algoritma Support Vector Machine (Svm),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4095.

A. F. Setyaningsih, D. Septiyani, and S. R. Widiasari, “Implementasi Algoritma Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen Masyarakat pada Twitter mengenai Kepopuleran Produk Skincare di Indonesia,” Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 9, no. 1, pp. 224–235, May 2023, doi: 10.37012/jtik.v9i1.1409.

P. Mixue, D. Metode, N. Bayes, and C. Dan, “Skripsi Analisis Sentimen Pada Media Sosial Twitter Terhadap.”

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Putri Widya Sari, Firmansyah, & Abdul Rahman Kadafi. (2025). PERBANDINGAN ALGORITMA RANDOM FOREST DAN NAÏVE BAYES DALAM MENGANALISIS SENTIMEN ULASAN PADA PRODUK SKINCARE LOKAL DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8150

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)