PERANCANGAN PLATFORM DIGITAL CURHAT DAN PENDAMPING SOSIAL BERBASIS AI UNTUK GENERASI MUDA DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8143Abstract Views: 91 File Views: 56
Keywords:
Curhat Digital; Kesepian; Kesehatan Mental; Generasi Z.Abstract
Lonjakan angka stres, kesepian, dan tekanan sosial di kalangan Gen Z serta milenial mendorong kebutuhan akan layanan dukungan emosional yang mudah diakses dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis dan strategi implementasi HiMate, sebuah platform digital berbasis Artificial Intelligence (AI) yang menyediakan layanan curhat online dan sewa teman/pacar harian. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif dengan analisis SWOT dan SMART untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta arah strategi bisnis. Hasil analisis menunjukkan bahwa HiMate memiliki keunggulan kompetitif berupa integrasi layanan online–offline, sistem privasi ketat, harga fleksibel, dan potensi skalabilitas tinggi. Dari proyeksi keuangan, HiMate diperkirakan mencapai Break Even Point (BEP) dalam tahun pertama operasional. Dengan dukungan teknologi AI dan strategi pemasaran digital, HiMate berpotensi menjadi solusi inovatif dalam industri digital companionship di Indonesia.
Downloads
References
L. H. M. Surath, I. N. T. A. Putra, and S. Suratmin, “Perancangan Design User Interface (UI) Aplikasi Wishlist Berbasis Metode Design Thinking dengan System Usability Scale,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
G. N. A. Darma Putra and I. N. T. A. Putra, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Tata Surya Berbasis Augmented Reality Marker Based,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
I. N. T. A. Putra, “Perancangan dan Pengembangan Sistem Absensi Realtime Melalui Metode Pengenalan Wajah,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 3, no. 2, Jan. 2015.
G. C. Wijaya, I. N. T. A. Putra, and M. N. Naryantika, “Perancangan Aplikasi Mobile Lost and Found di Lingkungan Kampus Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 3, Jul. 2025.
G. V. D. Udayana and I. N. T. A. Putra, “Perancangan User Interface Aplikasi LIFTZ untuk Mendukung Manajemen Keanggotaan Gym Berbasis Mobile,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 3, Jul. 2025.
K. S. Kartini, I. M. M. Yusa, I. N. W. Adnyana, and I. N. T. A. Putra, “Impact of Augmented Reality on High School Students’ Motivation and Understanding of Acid-Base Titration Concepts,” Edelweiss Applied Science and Technology, vol. 8, no. 6, pp. 7559–7569, 2024.
K. Dodi, I. N. T. A. Putra, and I. K. D. Saputra, “Usability Testing Game PUBG Mobile dengan Metode System Usability Scale (SUS),” Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 113–120, Jul. 2023.
S. M. Simanjuntak and I. N. T. A. Putra, “Analisis Usability pada Game Mobile Growtopia Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
N. A. Azizah, I. N. T. A. Putra, A. Bendesa, S. Abdullah, and G. Y. Prakoso, “Analisis Kebutuhan UI/UX Aplikasi Mobile Travel Planner Wonderworld dengan Design Thinking dan Single Ease Question (SEQ),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
N. P. D. Anggreni, I. N. A. Putra, and I. K. R. Janardana, “Evaluasi dan Perancangan Ulang Antarmuka Pengguna pada Fitur Live Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
I. B. P. H. Pangestu and I. N. T. A. Putra, “Perancangan Aplikasi Edukasi Tarian Adat Tradisional Bali Berbasis Android,” JURSISTEKNI, vol. 7, no. 1, pp. 617–627, Jan. 2025.
K. D. A. P. Sutarja and I. N. T. A. Putra, “Aplikasi Mobile sebagai Media Pendukung dalam Mengelola Kecemasan Sosial,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
B. Abednego and I. N. T. A. Putra, “Analisis Tingkat Usability Aplikasi LinkedIn dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
P. W. S. Giridharma and I. N. T. A. Putra, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi WONDR by BNI Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
T. Sitanggang and I. N. T. A. Putra, “Analisis Tingkat Kepuasan Visual sebagai Dampak dari UI/UX dalam Aplikasi ‘Manajer Pengeluaran’,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
I. P. R. Pradipatyudha and I. N. T. A. Putra, “Perancangan User Interface (UI) Mobile Learning Informatika dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 13, no. 2, Apr. 2025.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



