PENERAPAN MEDIA AJAR SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI SDN 37 MAWA

Authors

  • Fauzan Dhawi Aditya Universitas Andi Djemma

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8108

Abstract Views: 55 File Views: 24

Keywords:

Augmented Reality, Android, Media Ajar, Sistem Organ Tubuh Manusia, Sekolah Dasar, ADDIE

Abstract

Perkembangan pesat teknologi informasi telah memberikan kontribusi besar pada sektor pendidikan, khususnya melalui pemanfaatan Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis AR pada materi sistem organ tubuh manusia di SDN 37 Mawa. Permasalahan utama yang dihadapi sekolah adalah keterbatasan media pembelajaran dan buku siswa yang tidak sepenuhnya membahas materi sistem organ tubuh. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity 3D dengan dukungan Vuforia SDK serta dilengkapi model 3D organ tubuh yang disertai teks penjelasan, narasi audio, materi penyakit terkait organ, dan latihan soal. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black-box, sedangkan uji kelayakan menggunakan kuesioner skala Likert yang diberikan kepada guru dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR sistem organ tubuh manusia dapat berjalan dengan baik pada perangkat Android dan memperoleh skor kelayakan sebesar 94,69% dengan kategori “sangat layak.” Temuan ini membuktikan bahwa penerapan AR mampu meningkatkan minat serta pemahaman siswa dalam mempelajari sistem organ tubuh manusia, sekaligus menjadi media pembelajaran inovatif bagi guru sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Muhammad Taufik, Ima Kurniastuti, Fajar Annas Susanto, dan Firman Yudianto. 2023. “Implementasi Black Box Testing dan Usability Testing pada Website Sekolah MI Miftahul Ulum Warugunung Surabaya.” Journal of Computer Science and Visual Communication Design 8 (1): 234–42. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.897.

Abdillah, Rahman. 2021. “Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta.” Jurnal Fasilkom 11 (2): 79–86. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2673.

Ade Sofyan, dan Amin Hidayat. 2023. “Dampak Perkembangan Teknologi Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Satya Informatika 7 (02): 16–24. https://doi.org/10.59134/jsk.v7i02.163.

Aprilinda, Yuthsi, Robby Yuli Endra, Freddy Nur Afandi, Fenty Ariani, Ahmad Cucus, dan Dewi Setya Lusi. 2020. “Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama.” Explore:Jurnal Sistem informasi dan telematika 11 (2): 124. https://doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1591.

Arief, Syifa Fauziyah, dan Yuni Sugiarti. 2022. “Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 8 (2): 87–93. https://doi.org/10.35329/jiik.v8i2.229.

Ayu, Fitri, Des Suryani, Muhammad Muhammad, dan Sinta Maria. 2022. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Desain Grafis.” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 5 (1): 123–31. https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i1.3865.

Caesharah, Shabrina, Aulia 1, Ani Rusilowati, dan Agus Wahyudin. 2020. “Development of Unity 3D Learning Media to Increase Students’ Learning Outcomes and ICT Literacy Article Info.” Journal of Primary Education 9 (3): 307–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/33224.

Cahyaningsih, Yuli. 2020. “Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android.” Journal of Computer Science and Engineering (JCSE) 1 (2): 90–115. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i2.60.

Clara Isabella Menayang, Jenisa Felisa. 2019. “Admin-Vol-18-No-2-03-Clara--Jenisa-Shooting-Game” 18 (2): 75–91.

Febriza, Moch. Aditya, Qadhli Jafar Adrian, dan Adi Sucipto. 2021. “Penerapan Ar Dalam Media Pembelajaran Klasifikasi Bakteri.” Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi 11 (1): 10–18. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12076.

Fitriyani Umar, Herdiyanti, Wastiani Astuti, DKK. 2023. “Implementasi Aplikasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Flora di SD Inpres Desa Marinding Toraja” 4 (1): 22–26.

Hidayat, Fitria, dan Muhamad Nizar. 2021. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1 (1): 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.

Londjo, Muammar Farhan. 2021. “Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login.” Jurnal Siliwaangi 7 (2): 35–40.

M Teguh Saefuddin1, Tia Norma Wulan2, Savira3 dan Dase Erwin Juansah4, dan 4Universitas Sultan Ageung Tirtayasa 1, 2, 3. 2023. “1 . تفت نغد .لاله لوسر يهيساغم بدا تنيءاكرب غي يلقن ليلد وتاس خابمم .2 نيراه نفوديهك لماد لاله لوسر يهيساغم بدا 3 يسلاوميس نكنوكلام . لوتب نغد زيءوك نلاءوس 4 باوجنم.” Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian 2 (6): 784–808.

Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, Iis Susilawati, dan Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 3 (2): 312–25. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Masrura, Ayyu Faridhatul, dan Yeni Anistyasari. 2022. “Implementasi Augmented Reality Marker Based Tracking pada Aplikasi Interaktif Pengenalan Alat Musik Tradisional Bonang Jawa Berbasis Android.” Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 3 (03): 287–99. https://doi.org/10.26740/jinacs.v3n03.p287-299.

Mellita Alfiani, Djamaludin, dan Mahmudin. 2021. “Penerapan Metode Marker Based Tracking Augmented Realitysebagai Media Pembelajaran Pengenalan Tokoh Pahlawan.” Jimtek Vol.2 (Vol. 2 No. 2 (2021): Juli-Oktober 2021): 1–8.

Mizanul Mashar, Ahmad Ali Hakam Dani, Muhlis Muhallim. 2022. “Augmented Reality Application for Solar System Learning.” 2022 2nd International Conference on Intelligent Cybernetics Technology and Applications, ICICyTA 2022 7 (2): 41–46. https://doi.org/10.1109/ICICyTA57421.2022.10037839.

Muhammad Fauzan Sidik, Vivianti. 2021. “Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 10 No. 1, Juni 2021 25.” Jurnal TEMATIK 10 (1): 25–34.

Nurwicaksono, Ahmad Soni, dan Galandaru Swalaganata. 2023. “Analisis dan perancangan aplikasi Augmented Reality anatomi tubuh manusia berbasis Android.” Journal of Information System and Application Development 1 (1): 47–57. https://doi.org/10.26905/jisad.v1i1.9866.

Qorimah, Esti Nur, dan Sutama Sutama. 2022. “Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif.” Jurnal Basicedu 6 (2): 2055–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348.

Rafli, Helmi, Raychan Zen, Ilyas Nuryasin, Prodi Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang, Jl Raya, Tlogomas No, Kecamatan 246, dan Kota Malang Lowokwaru. 2024. “Penerapan Whitebox Testing Pada Pengujian Sistem Menggunakan Teknik Basis PATH.” Journal Of Information Systems And Informatics Engineering 8 (1): 101–11. https://doi.org/10.35145/joisie.v8i1.4229.

Rahma, Aziza, Ashari, dan Muhammad Habib. 2021. “Android Dan Masa Depan : Analisis Dampak Terhadap Pengguna.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 1 (1): 1–10.

Samsiyanawati, Umi, Dinda Rizky Ikebayu, Sandra Ayu R, dan Murwani Dewi Wijayanti. 2023. “The Influence of Augmented Reality (AR) Based Learning Media on Elementary School Students’ Learning Interest in Human Digestive System Material.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 6 (3): 292–96. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82352.

Sidik, D F, dan Y A Gerhana. 2023. “Rancangan Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah ….” Jurnal Abdimas Peradaban 4 (1): 71–90. http://jurnal.abdimas.id/index.php/peradaban/article/view/49%0Ahttp://jurnal.abdimas.id/index.php/peradaban/article/download/49/42.

Sulistyanto, Hernawan, dan Nugroho Agung. 2021. “Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) 2015 Yogyakarta, 1–35.

Surahman, Ence, Adri Satrio, dan Heminarto Sofyan. 2020. “Kajian Teori Penelitian.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3 (1): 49–58. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1880.

Vitono, Heru, Helfi Nasution, dan Anra & Hengky. 2016. “Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Kalimantan Barat).” Jurnal UNTAN: Universitas Tanjungpura Pontianak 2 (4): 239–45. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/13430.

A. Agfary, M. Muhallim, dan S. Paembonan, “Augmented Reality Media Pembelajaran Reproduksi Tumbuhan Pada Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Smp Negeri 8 Kota Palopo,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 13, no. 1, hal. 1424–1434, 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5951.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Aditya, F. D. (2025). PENERAPAN MEDIA AJAR SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI SDN 37 MAWA. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8108

Issue

Section

Articles