ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI ABSENSI PEGAWAI PEMPROV BALI (HADIR) MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Authors

  • Anak Agung Gede Wisnu Bawatanaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi
  • Putu Yudia Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8099

Abstract Views: 61 File Views: 32

Keywords:

Analisis, EUCS, Kepuasan Pengguna, Aplikasi Absensi Pegawai Pemprov Bali (HADIR)

Abstract

Perkembangan teknologi pada era globalisasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pemerintahan. Pemerintah Provinsi Bali mengimplementasikan aplikasi Absensi Pegawai (HADIR) di seluruh instansi sebagai upaya meningkatkan efisiensi pencatatan kehadiran pegawai. Namun, tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut belum diketahui secara menyeluruh. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, aplikasi HADIR belum berfungsi secara optimal sehingga menimbulkan ketidakpuasan pada sebagian pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi HADIR dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jumlah sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata kepuasan yaitu 4,26 pada variabel isi (content), 4,14 pada akurasi (accuracy), 4,04 pada tampilan (format), 4,21 pada kemudahan penggunaan (ease of use), dan 4,08 pada ketepatan waktu (timeliness). Selanjutnya, variabel accuracy, format, ease of use, dan timeliness terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan variabel content tidak berpengaruh signifikan. Denagn demikian, metode EUCS terbukti efektif dalam mengukur kepuasan pengguna aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. L. M. Suryanto, M. N. Triantono, and A. Faroqi, “Kepuasan Pengguna pada Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo,” 2021.

M. H. Baqi, R. Setyadi, and M. E. Purbaya, “Analisis Kepuasan Sistem Informasi Desa Sidomoro di Kabupaten Kebumen Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 2, p. 211, Apr. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3984.

R. Setyadi, M. A. Hamzah, and M. Hamzah Baqi, “Analysis Of The Use Of The Bebunge Application Using End-User Computing Satisfaction Model,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 14, no. 2, 2021, doi: 10.24036/tip.v14i1.

M. A. H. Arkhan, “ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE SMKN 1 PURWASARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 3, Jul. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i3.6914.

T. S. nugraha, “Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Absensi Siabon Di Dinas Koperasi Dan Ukm Provinsi Jambi Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” Repository Universitas Jambi, 2023.

A. Yudistira and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) User Satisfaction Analysis of Digital Archive Applications Using Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” 2022.

D. Novita and F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” 2021.

I. Kurniasih and D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181–198, Mar. 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.

J. A. Pratiwi and A. D. Indriyanti, “Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan,” 2022.

N. P. E. Fridayanti, G. R. Dantes, and G. A. J. Saskara, “Evaluasi Kepuasan Aplikasi Pelayanan Rakyat Online Denpasar+ Menggunakan End User Computing Satisfaction,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 1, May 2024, doi: 10.28932/jutisi.v10i1.6936.

L. P. Pratama, D. Pratama, and R. Teguh, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Absen Di Institusi XYZ Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JTSI, vol. 4, no. 1, pp. 63–74, 2023.

K. Hanafi and A. H. Hasugian, “Perancangan Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web pada Perusahaan PDAM Tirtanadi Sumatera Utara,” 2025.

Z. Gustiana and A. H. Elyas, “Penerapan Deep Learning Pada Face Recognition (Literature Review),” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, 2024, doi: 10.46576/djtechno.

M. N. El Ghiffary, “Analisis Komponen Desain Layout, Warna, Dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride),” 2018.

I. D. Pranowo, Sistem dan Manajemen Pemeliharaan(Maintenance: System and Management). Yogyakarta: Deepublish, 2022.

H. Fredianto, “Optimalisasi Perangkat Lunak Menggunakan Metode Refactoring,” Jurnal Syntax Admiration, vol. 2, no. 10, pp. 1885–1902, Oct. 2021, doi: 10.46799/jsa.v2i10.326.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Bawatanaya, A. A. G. W., Diatri Indradewi, I. G. A. A. ., & Pratiwi, P. Y. (2025). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI ABSENSI PEGAWAI PEMPROV BALI (HADIR) MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8099

Issue

Section

Articles