USER-CENTERED DESIGN UNTUK PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSA
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8022Abstract Views: 43 File Views: 26
Keywords:
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL); Heuristic Evaluation; UI/UX; User-Centered Design (UCD); User Experience Questionnaire (UEQAbstract
Sistem Informasi Pengelolaan Capaian Pembelajaran Lulusan (SIP-CPL) dirancang sebagai sebuah solusi yang dapat membantu dosen, pemantau, serta admin program studi dalam melakukan pengelolaan dan evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) secara lebih terstruktur dan efisien. Penelitian ini berfokus pada proses perancangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) berbasis web dengan pendekatan User-Centered Design (UCD) yang menekankan pada kebutuhan nyata pengguna. Perancangan dilakukan dengan memanfaatkan Figma sebagai alat prototyping, mencakup empat peran utama pengguna, serta menghasilkan total 114 halaman antarmuka. Untuk menjamin kualitas rancangan, dilakukan evaluasi melalui Heuristic Evaluation yang berhasil mengidentifikasi dua masalah minor terkait konsistensi, dan permasalahan tersebut telah diperbaiki pada tahap berikutnya. Selain itu, pengujian lebih lanjut dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap 13 responden menunjukkan hasil yang sangat baik, di mana seluruh aspek memperoleh kategori excellent. Skor tertinggi terdapat pada aspek kejelasan dan ketepatan, sementara aspek kebaruan memperoleh skor terendah namun tetap berada pada kategori positif. Temuan ini menegaskan bahwa prototipe SIP-CPL memiliki tingkat kegunaan yang tinggi, ramah pengguna, serta dapat dijadikan landasan kuat dalam tahap implementasi sistem di masa mendatang.
Downloads
References
F. Abdillah, “Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Indonesia,” Educazione, Vol. 1, No. 1, Pp. 13–24, Aug. 2024, Doi: Https://Doi.Org/10.37985/Educazione.V1i1.4.
[K. Hastuti, H. Susanti, And T. Erfando, “Evaluasi Kebijakan Program Mbkm Dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Lulusan Perguruan Tinggi,” Ed, Vol. 4, No. 6, Pp. 7445–7454, Nov. 2022, Doi: 10.31004/Edukatif.V4i6.4119.
A. Junaidi, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2020. [Online]. Available: Http://Repositori.Kemendikdasmen.Go.Id/Id/Eprint/22628
R. Rismawati And I. Tatang, “Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan,” Jt, Vol. 5, No. 7, Pp. 1099–1122, Oct. 2024, Doi: Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V5i7.618.
I. A. Riu, “Analisis Sistem Informasi Dalam Mengambil Keputusan Kebijakan Fasilitas Upaya Meningkatkan,” Vol. 1, No. 6, Pp. 133–140, 2024, Doi: Https://Doi.Org/10.59971/Jimbe.V1i6.213.
M. H. Hamdanuddinsyah, M. Hanafi, And P. Sukmasetya, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Buku Online Mizanstore Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design,” Josh, Vol. 4, No. 4, Pp. 1464–1475, Jul. 2023, Doi: 10.47065/Josh.V4i4.3850.
H. Himawan And M. Yanu F, Interface User Experience. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020. [Online]. Available: Http://Eprints.Upnyk.Ac.Id/Id/Eprint/26163
J. Kirakowski And N. Bevan, Handbook Of User-Centred Design. Inuse, 1998. [Online]. Available: Https://Uxp.Ie/Inuse_Handbook_Of_Ucd.Pdf
Rahmania Sri Untari And F. N. Hasanah, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Umsida Press, 2020. Doi: 10.21070/2020/978-623-6833-89-6.
I. Angelica And C. Nas, “Design Ui/Ux Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma,” Jurminsi, Vol. 01, No. 01, Pp. 22–26, 2022.
M. S. Hartawan, “Penerapan User Centered Design (Ucd) Pada Wireframe Desain User Interface Dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film,” Jeis, Vol. 2, No. 1, Pp. 43–47, Jan. 2022, Doi: 10.56486/Jeis.Vol2no1.161.
K. M. Ghufron, W. A. Kusuma, And F. Fauzan, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik,” Sintech Journal, Vol. 3, No. 2, Pp. 90–99, Oct. 2020, Doi: 10.31598/Sintechjournal.V3i2.587.
A. A. Damanik, N. S. Hanifah, A. Pauziah, And A. A. Ridha, “Analisis Ui/Ux Terhadap Efektivitas Pelatihan Online Di Skill Academy Menggunakan Heuristic Evaluation,” Jitet, Vol. 13, No. 3, Jul. 2025, Doi: 10.23960/Jitet.V13i3.6599.
M. Benaida, “Developing And Extending Usability Heuristics Evaluation For User Interface Design Via Ahp,” Soft Comput, Vol. 27, No. 14, Pp. 9693–9707, Jul. 2023, Doi: 10.1007/S00500-022-07803-4.
A. T. R. Rosaldy, H. M. Az-Zahra, And N. H. Wardani, “Perancangan User Experience Aplikasi Go Umkm By Bsi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design (Hcd),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 8, No. 2, Mar. 2024, [Online]. Available: Https://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/J-Ptiik/Article/View/13544
B. V. Angela, T. T. Wulansari, R. Riyayatsyah, Y. Fitrianto, And A. Rahim, “User Interface And User Experience Analysis Of Kejar Mimpi Mobile Application Using The User-Centered Design Method,” Ilk. J. Ilm., Vol. 15, No. 1, Pp. 1–10, Apr. 2023, Doi: 10.33096/Ilkom.V15i1.1455.1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



