MEDIA PEMBELAJARAN ILMU FIQIH MATERI POKOK THAHARAH DAN KEWANITAAN BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7945Abstract Views: 70 File Views: 44
Keywords:
Media Pembelajaran, Android, Ilmu Fiqih, Thaharah, KewanitaanAbstract
Abstrak penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran ilmu fiqih berbasis Android dengan fokus pada materi pokok taharah dan kewanitaan untuk siswa kelas VII SMP. Pengembangan media dilakukan menggunakan model ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Aplikasi dirancang menggunakan Adobe Animate dan diuji melalui observasi, wawancara, serta uji coba pada 23 siswa di SMP Al-Ahyar. Hasil pretest menunjukkan rata-rata skor sebesar 44,78, yang kemudian meningkat menjadi 70,87 pada posttest. Uji statistik dengan tingkat signifikansi 0,05 menghasilkan nilai t hitung sebesar 8,90, yang lebih besar daripada t tabel (±2,074), menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Validasi dari ahli materi dan media menyatakan aplikasi layak digunakan, sedangkan uji pengguna memperoleh tingkat kepuasan sebesar 89,2%. Dengan demikian, media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi fiqih terkait taharah dan kewanitaan, serta dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang kreatif dalam pendidikan agama Islam di era digital.
Downloads
References
M. Rahmah, A. Azis, and I. Palangka Raya, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MULTIMEDIA KELAS VII MTS ISLAMIYAH PALANGKARAYA,” 2024.
R. Ramadani and L. Efriyanti, “HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK KELAS XI IPS DI MAN 1 PASAMAN”.
O. Veza, “Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab Berbasis Web Dan Multimedia Interaktif (Studi Kasus Taman Kanak-Kanak Al-Mi’raj Batam),” vol. 5, no. ISSN, pp. 2614–7602, 2021, doi: 10.36352/jr.v5i1.186.
Abdul Rozak Ali Maftuhin and Romelah Romelah, “Implementasi Pembelajaran Materi Thaharah di SMP Muhammadiyah 2 Blitar,” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, vol. 3, no. 2, pp. 65–75, Jan. 2025, doi: 10.61132/jmpai.v3i2.965.
M. Farid Nasrulloh et al., “Workshop Kajian Fiqih Kewanitaan Guna meningkatkan Pemahaman tentang Haid Dan Istihadhah Menurut Syariat Islam,” 2023.
R. Davi Aulia and G. Efendi, “AN ANDROID-BASED INTRODUCTION TO THE BASICS OF WOMEN’S FIQIH APPLICATION APLIKASI PENGENALAN DASAR DASAR FIQIH WANITA BERBASIS ANDROID,” Journal of Scientech Research and Development, vol. 5, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://idm.or.id/JSCR/in
D. C. Amatullah, J. Sutrisno, S. Pgri, and B. Lampung, “Joko Sutrisno AB Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Bangun Ruang… Lentera,” 2022.
Muhamad Riyan, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI”.
A. Shaifudin, S. Tinggi, A. Islam, and N. Ulama’ Madiun, “FIQIH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU: Hakikat dan Objek Ilmu Fiqih,” Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, no. 2, pp. 197–206, 2019.
A. Nolla, A. Sekolah, T. Agama, and I. Yogyakarta, “PENTINGNYA MEMAHAMI & PENERAPAN THAHARAH BAGI PESERTA DIDIK SDN SEMANU III,” 2023.
F. N. S. Y. Zulfikar, “2387-Article Text-7140-1-10-20220205,” Kontribusi Kajian Wanita untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih pada Masyarakat di Desa Pulorejo, vol. 2 No. 3, pp. 168–173, 2021.
S. R. Aulia, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate Cc Pada Materi Sistem Gera.”
R. Y. Ariyana, Erma Susanti, and Prita Haryani, “Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif,” INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 1, no. 3, pp. 321–331, Jun. 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i3.375.
R. F. Adri, “PENGARUH PRE-TEST TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU POLITIK PADA MATA KULIAH ILMU ALAMIAH DASAR”.
A. Zalukhu et al., “PERANGKAT LUNAK APLIKASI PEMBELAJARAN FLOWCHART,” Jurnal Teknologi Informasi dan Industri, vol. 4, no. 1, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



