APLIKASI PEMBELAJARAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI SMK BINA PUTERA NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7944Abstract Views: 39 File Views: 36
Keywords:
Augmented Reality (AR) Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Media Pembelajaran MDLC Skala LikertAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA) berbasis teknologi Augmented Reality (AR) serta menganalisis pengaruh penggunaannya terhadap hasil belajar siswa di SMK Bina Putera Nusantara. Pembelajaran dimana TOGA di sekolah masih disampaikan secara konvensional melalui lembar informasi dan praktik laboratorium sehingga kurang interaktif. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode MDLC yang terdiri dari enam tahap yaitu, Konsep ( Concept ), Perancangan ( Design ), Pengumpulan Bahan (Material Collecting ), Pembuatan ( Assembly ), Pengujian ( Testing ) dan Distribusi ( Distribution ) dengan menggunakan perangkat lunak Unity 3D . Fitur pada aplikasi ini terdiri dari 3D tanaman obat, audio penjelasan, teks materi, serta kuis interaktif. Uji coba dilakukan pada 32 siswa kelas XII Farmasi melalui pre-test, post-test, serta kuesioner aplikasi dengan Skala Likert . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dengan rata-rata nilai pre-test 74,72 dan post-test 90,13 sehingga memiliki peningkatan sebesar 15,88, sedangkan respon pengguna terhadap aplikasi memperoleh skor 94% yang termasuk kategori Sangat Baik. Oleh karena itu, aplikasi pembelajaran TOGA berbasis AR dapat dijadikan sebegai alternatif media pembelajaran yang efektif, interaktif, dan mendukung pemahaman siswa terhadap materi Farmakognosi.
Downloads
References
S. H. Futri Ananda, H. Attamimi, and M. Fajar, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN PLANET-PLANET TATA SURYA PADA SEKOLAH MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU,” 2025.
A. Paliling, M. Nurtanzis Sutoyo, S. Ilmu Komputer, F. USN Kolaka, and S. Tenggara, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Android Utilization of Augmented Reality Technology as an Android-Based Interactive Learning Media for Solar System Systems,” 2024.
K. Nistrina, “PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN,” 2021.
S. Mindarti, Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, Balai Jawa Barat, 2015.
A. Latifah, D. Tresnawati, and H. Sanjaya, “Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Tanaman Daun Herbal,” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
T. Abdulghani and B. P. Sati, “Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran,” Media Jurnal Informatika, vol. 11, no. 1, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika
S. Rizal and Y. Yermiandhoko, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA KELAS V SEKOLAH DASAR,” 2018.
D. Firman Sidik and Y. Aditia Gerhana, “Rancangan Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah SMA-IT Maroko,” 2023.
R. Hamdani and M. Sondang Sumbawati, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH SISTEM DIGITAL DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNESA,” 2020.
R. Robianto, H. Andrianof, and E. Salim, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA PERANCANGAN EBROUCHURE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID,” 2022.
R. Firdanu, S. Achmadi, and S. A. Wibowo, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI PERALATAN KONSTRUKSI DALAM DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS ANDROID,” 2020.
I. Puspitasari, G. Nurfiana, F. Sari, and A. Indrayati, “Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Alternatif Pengobatan Mandiri Article Info,” Jurnal Warta LPM, vol. 24, no. 3, pp. 456–465, 2021, [Online]. Available: http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” Journal on Education, vol. 05, no. 02, pp. 3928–3936, 2023.
A. Rahmatika, A. A. Manurung, and F. Ramadhani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle),” sudo Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 3, pp. 122–130, Sep. 2023, doi: 10.56211/sudo.v2i3.330.
D. S. Farhani, Y. Sumaryana, and T. Mufizar, “PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



