ANALISIS KEBUTUHAN DAN STRATEGI PEMELIHARAAN SERVER DALAM MENINGKATKAN KINERJA ADMINISTRASI DAN PEMBELAJARAN DI SMAN 1 PAITON
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7914Abstract Views: 38 File Views: 29
Keywords:
Analisis dan Pemeliharaan; Server;SMAN 1 Paiton.Abstract
Abstrak. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan server yang sebenarnya dan membuat rencana perawatan agar kegiatan administrasi dan belajar digital di SMAN 1 Paiton berjalan lancar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan studi kasus sebagai strategi utama. Data dikumpulkan dengan mengamati perangkat, mewawancarai pihak sekolah, dan mempelajari dokumen.
Hasilnya menunjukkan bahwa kapasitas penyimpanan dan keamanan data masih terbatas, serta belum ada prosedur perawatan yang rutin. Server sekolah punya kapasitas 1,4 TB dengan sisa ruang sekitar 481 GB, yang dipakai untuk Dapodik, e-Raport, website sekolah, media sosial, dan sistem ujian komputer. Perawatan yang ada masih bersifat perbaikan setelah kejadian dan belum punya jadwal yang pasti.
Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk membuat jadwal perawatan pencegahan, meningkatkan kemampuan pengelola, dan menggunakan layanan *cloud computing* agar sistem informasi sekolah lebih aman dan hemat.
Abstract. This study aims to determine the actual server requirements and develop a maintenance plan to ensure the smooth running of administrative and digital learning activities at SMAN 1 Paiton. The approach used in this research combines qualitative and quantitative methods, with a case study as the primary strategy. Data was collected through device observations, interviews with school officials, and document review.
The results indicate that data storage and security capacity are still limited, and there is no routine maintenance procedure. The school server has a capacity of 1.4 TB with approximately 481 GB of remaining space, used for Dapodik (Disaster Data Collection), e-Reports (Report Cards), the school website, social media, and the computerized exam system. Existing maintenance is still post-event repair and lacks a fixed schedule.
To address this issue, it is recommended to create a preventative maintenance schedule, improve management capabilities, and utilize cloud computing services to make the school information system more secure and efficient.
Downloads
References
Z. Zhang et al., “Entanglement-based quantum information technology: a tutorial,” Adv. Opt. Photonics, vol. 16, no. 1, pp. 60–162, 2024.
H. Legi, Y. Van Hoten, and E. Sihombing, “Strategi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital,” Verit. Educ. J. Teol. dan Pendidik. Kristiani, vol. 1, no. 1, pp. 19–34, 2025.
D. Purwanto, R. E. Putri, Y. Fadly, and D. C. Pratiwi, Perancangan Sistem Informasi Absensi Online Berbasis GPS. Serasi Media Teknologi, 2024.
A. Y. R. Ifadhila et al., “Pemasaran Digital Di Era Society 5.0,” 2024, Issue March.
A. T. Farahdiva, S. L. Mulyana, and T. P. Asri, “Implementasi Cyber Security Pada Sistem Transaksi Keuangan Digital,” J. Ilm. Ekon. MANAJEMEN, BISNIS DAN Akunt., vol. 2, no. 4, pp. 276–289, 2025.
Y. P. Widyastuti and A. A. Setiyanti, “Perancangan Private Cloud Storage Menggunakan Nextcloud Untuk Meningkatkan Kinerja Administrasi di Sekolah,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 10, no. 15, pp. 697–709, 2024.
H. Kim, Y. Kim, and S. Kim, “A study on the security requirements analysis to build a zero trust-based remote work environment,” arXiv Prepr. arXiv2401.03675, 2024.
J. Singh, S. B. Goyal, R. K. Kaushal, N. Kumar, and S. S. Sehra, Applied Data Science and Smart Systems. Taylor & Francis Group, 2024.
S. F. Sulaiman and A. H. Priambodo, “Downtime Data Center: Memahami Penyebab, Dampak, dan Solusi Efektif,” Sanskara Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 02, pp. 67–78, 2024.
P. Setiyono, T. Haryati, and E. Wuryandini, “Strategi Digitalisasi Sekolah dan Kualitas Pembelajaran di Era 4.0,” Indones. Res. J. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 458–464, 2025.
M. C. Mawardi, R. Sutanto, and S. Purwanto, “Strategy to Improve the Calibration Capability of Depohar 20 to Ensure the Quality of Maintenance Results in Supporting the Readiness of the Air Force’s Defense System,” Formosa J. Appl. Sci., vol. 4, no. 7, pp. 2165–2178, 2025.
M. Jasri, A. Karim, and M. Nabil, “Aplikasi Sistem Manajemen Gudang Sparepart Truk Dengan Teknologi Ocr Menggunakan Framework Laravel,” SENTRI J. Ris. Ilm., vol. 2, no. 11, pp. 4988–4996, 2023.
L. Raflika, K. Husna, M. A. Fahrezi, S. Andini, S. R. Annisa, and T. Darmansah, “Optimalisasi Keamanan Informasi melalui Sistem Pengelolaan Surat yang Aman di Lingkungan Kerja,” RISOMA J. Ris. Sos. Hum. dan Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 254–266, 2025.
C. Hastasari, B. Setiawan, and S. Aw, “Students’ communication patterns of islamic boarding schools: the case of Students in Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta,” Heliyon, vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e08824.
I. N. Ziliwu, “Analisis Hierarki Memori Pada Organisasi Arsitektur Komputer,” J. Ilmu Ekon. Pendidik. dan Tek., vol. 2, no. 1, pp. 166–174, 2025.
A. Harrison and A. Mutua, “A Multi-Agent Monitoring System for Computer Networks”.
F. Fahri, B. Harahap, and S. Suliawati, “Analisis Efektivitas Preventive Maintenance dengan Metode Periodic Inspection untuk Meningkatkan Kinerja pada Unit WA800-3,” Blend Sains J. Tek., vol. 3, no. 3, pp. 246–267, 2025.
A. Wafda, “Aspect-Based Sentiment Analysis terhadap Cuitan Platform X tentang Kurikulum Merdeka Menggunakan IndoBERT,” 2025, Universitas Islam Indonesia.
M. C. Samudera, “Implementasi Reliability Centered Maintenance (RCM) dan Age Replacement dalam Penentuan Preventive Maintenance pada Mesin Beacocks II (Studi Kasus: PT. ABC),” 2025, Universitas Islam Indonesia.
R. Yadav, “Making India a Knowledge Superpower Through Digitalization,” in Digitalization of Higher Education, Apple Academic Press, 2024, pp. 75–94.
D. Darwish, “Emerging trends in cloud computing analytics, scalability, and service models,” 2024.
M. Astuti, H. Herlina, I. Ibrahim, M. Rahma, S. Salbiah, and I. J. Soleha, “Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam,” Concept J. Soc. Humanit. Educ., vol. 2, no. 3, pp. 28–40, 2023.
P. Simanjuntak, A. Jayadi, and D. C. Lase, “Web-Based Final Assignment Monitoring Information System Design,” Tsabit J. Comput., vol. 2, no. 1, pp. 17–24, 2025, doi: 10.56211/tsabit45.
F. Al Khozaini and A. Mundiri, “Mewujudkan Transformasi Digital Berbasis Kearifan Lokal; Strategi Cerdas Menuju Sistem Tata Kelola Unggul,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 383–392, 2024.
M. Jasri, A. Z. Rahman, S. Bahri, and A. Mukhalik, “Penggunaan Teknologi HP Secara Produktif dan Aman Bagi Santri TPQ Di Bawah Binaan Biro Pengembangan PP. Nurul Jadid,” Babakti J. Community Engangement, vol. 1, no. 2, pp. 42–48, 2024.
U. H. Salsabila, I. I. T. Spando, W. D. Astuti, N. A. Rahmadia, and D. W. Nugroho, “Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan islam,” J. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 172–177, 2023.
U. Fadhilah, “Kebijakan Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Sistem Administrasi Sekolah Di Era Digital,” UNISAN J., vol. 3, no. 11, pp. 53–61, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



