MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE SAM (SUCCESSIVE APPROXIMATION MODEL)

Authors

  • Siska Wulan Dari Wulan Dari Institut Teknologi Padang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7854

Abstract Views: 62 File Views: 28

Keywords:

Multimedia Pembelajaran; Bahasa Inggris; SAM; Scratch; Usability Testing.

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris sejak pendidikan dasar merupakan fondasi penting dalam menghadapi tuntutan global, namun keterbatasan media pembelajaran interaktif masih menjadi kendala di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran bahasa Inggris berbasis interaktif dengan pendekatan Successive Approximation Model (SAM) yang dinilai lebih fleksibel dibanding model tradisional. Proses pengembangan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, desain iteratif, dan pengembangan iteratif, dengan Scratch sebagai platform utama. Materi yang disajikan mencakup pengenalan kosakata dasar pada tiga kategori, yaitu nama buah, hewan, dan anggota keluarga. Evaluasi aplikasi dilakukan melalui black box testing untuk menguji fungsionalitas serta usability testing guna menilai kemudahan penggunaan dan tingkat penerimaan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi dengan baik dan penilaian kelayakan memperoleh kategori “sangat baik”. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan metode SAM dalam pengembangan multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata dasar, sekaligus mendorong motivasi belajar siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Sul and N. W. Ashari, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Pada Sekolah Dasar,” Venn J. Sustain. Innov. Educ. Math. Nat. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.53696/2964-867x.75.

L. Jafnihirda, Suparmi, Ambiyar, F. Rizal, and K. E. Pratiwi, “Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 1, pp. 227–239, 2023, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2734

A. Bulan and M. Nur Imansyah, “Persepsi Guru Bahasa Inggris Terhadap Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Pembelajaran Terdiferensiasi,” BULLET J. Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 1, pp. 233–238, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet

I. Kadek Andy Asmarajaya and G. Surya Mahendra, “Konservasi Wayang Kamasan dengan Permainan Jigsaw Puzzle pada Smartphone Android Menggunakan Successive Approximation Model CONSERVATION OF WAYANG KAMASAN WITH JIGSAW PUZZLE GAME ON ANDROID SMARTPHONE USING SUCCESSIVE APPROXIMATION MODEL,” Teknomatika, vol. 13, no. 02, pp. 17–27, 2023, [Online]. Available: https://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/627

S. W. Anggraeni, Y. Alpian, D. Prihamdani, and E. Winarsih, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development of Video-Based Interactive Learning Multimedia to Increase Learning Interest of Elementary School Students],” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5313–5327, 2021.

S. R. I. Ningsih, “Implementasi Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Sekolah SMP Muhammadiyah 02 Medan,” Tsaqila J. Pendidik. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 64–71, 2022, doi: 10.30596/tjpt.v2i2.351.

L. Indriani, “Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris,” J. Ilm. Pendidik Indones., vol. 1, no. 1, pp. 15–22, 2022, doi: 10.56916/jipi.v1i1.116.

H. Sulistiani, A. Dwi Putra, Y. Rahmanto, and E. Bagus Fahrizqi, “Pendampingan dan Pelatihan pengembangan Media pembelajaran Interaktif Dan Video Editing Di SMKN 7 Bandar Lampung,” J. Technol. Soc. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 160–166, 2021, [Online]. Available: https://lampung.rilis.id/tim-pkm-uti-universitas-terbaik-di-lampung-sampaikan-4-materi-untuk-guru-smkn-

Aranissa Mentari Darmawan, Amelia Kurniawati, and Rayinda Pramuditya, “Perancangan Konten E-Learning untuk Kegiatan Pelatihan Karyawan Baru pada Ghaisaniyara Wedding dengan Menggunakan Metode SECI dan SAM Designing E-Learning Content for New Employee Training Activities In Ghaisaniyara Wedding Using SECI and SAM Methods,” vol. 10, no. 2355–9365, p. 2506, 2023.

C. Wolverton and B. Guidry Hollier, “Guidelines for Incorporating Active Learning Into the Design of Online Management Courses Utilizing the Successive Approximation Model (SAM),” Int. J. Educ. Dev. using Inf. Commun. Technol., vol. 18, no. 1, pp. 264–274, 2022.

I. Agustian, S. Putra, and A. Saifudin, “OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Perancangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android,” vol. 2, no. 6, pp. 1788–1803, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

M. D. Pembelajaran et al., “Cendikia pendidikan,” vol. 3, no. 4, 2024.

I. A. Azimi and D. Rinjani, “Pengujian Black Box Testing Pada Multimedia Interaktif Berbasis Website Techedu,” J. Educ. Dev., vol. 12, no. 1, pp. 43–45, 2024, [Online]. Available: https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/4775%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/4775/3117

K. J. Atmajaya, R. D. P. Tulle, and P. G. S. C. Nugraha, “MULTIMEDIA INTERAKTIF EDUKASI PENYEBAB KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN BAGI MASYARAKAT UMUM BERBASIS ANDROID,” J. Inov. Digit. Sekt. Pemerintah., vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2024, [Online]. Available: https://indepth.klungkungkab.go.id

M. Firmansyah, M. Masrun, and I. D. K. Yudha S, “Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif,” Elastisitas - J. Ekon. Pembang., vol. 3, no. 2, pp. 156–159, 2021, doi: 10.29303/e-jep.v3i2.46.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Wulan Dari, S. W. D. (2025). MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE SAM (SUCCESSIVE APPROXIMATION MODEL). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7854

Issue

Section

Articles