TINJAUAN PENGAJUAN RAW DATA NOTAM DI PELAYANAN INFORMASI AERONAUTIKA WILAYAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7692Abstract Views: 27 File Views: 15
Keywords:
NOTAM, Data Mentah, EfisiensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengajuan data mentah (raw data) NOTAM di Pelayanan Informasi Aeronautika (PIA) Wilayah Jakarta, yang saat ini masih dilakukan secara manual dengan penggunaan media komunikasi melalui aplikasi WhatsApp. Meskipun WhatsApp memfasilitasi komunikasi yang cepat dan mudah, proses manual ini rentan terhadap kesalahan manusia (human error) yang dapat memengaruhi akurasi informasi penerbangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait. Penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah perbaikan, termasuk standarisasi formulir pengajuan dengan instruksi yang lebih jelas, peningkatan pelatihan bagi personel, serta pengembangan sistem digital yang dapat mengotomatisasi proses pengajuan dan validasi data. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan dapat mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan keselamatan penerbangan.
Downloads
References
Airnav Indonesia. (2025). Registrasi Dan Verifikasi Permohonan Perubahan / Penambahan Informasi Aeronautika General Manager.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA,CV.
N. S. A. Rafles and N. M. I. P. Nasution, “Peran penting pengolahan data dalam transformasi bisnis melalui analisis,” Jurnal Rimba Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 341–348, Dec. 2023, doi: 10.61132/rimba.v2i1.562.
N. Kristanto and S. M. S. Winarsih, “PERANAN SISTEM INFORMASI TOKO MANIS (SI MANIS) UNTUK ANALISA DATA PENJUALAN DI BIDANG BISNIS RITEL,” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5711.
Kementrian Perhubungan. (2023). PM 09 tahun 2023 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 175 tentang Penyelenggara Pelayanan Informasi Aeronautika. 1–17
ICAO. (2022). Doc 8126 Aeronautical Information Services Manual.
Ariani, S. (2023). Analisis Keberhasilan Implementasi Rekam Medis Elektronik Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Mutu Pelayanan. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 2(2), 7–14. https://doi.org/10.56127/jukeke.v2i2.720
Anggraini, N. A., Nasrah, N. R., & Yeni, N. A. (2023). Pengaruh Efisiensi Kerja Pegawai Dan Standar Operasional Prosedur (Sop) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(3),220–236. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i3.2025
Mawaddah, R., & Elisa Harahap, N. (2021). Media Komunikasi. Journal Ability : : Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 0–9.
Akbar, S. (2021). Media Komunikasi Dalam Mendukung Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2(1). https://202.89.117.136/index.php/mkm/article/view/4099
Novansyah, F., Muhdori, M., Aryaguna, R., Abdillah, H., Wibisono Putra, A. Y.,. (2022). Trend Penerapan Otomasi Pada Bidang Layanan Publik Dan Kearsipan [Paper]. Vocational Education National Seminar (VENS), 87–89.
O. Dwi, N. Andreyan, S. Erliyando, Y. Aulia Vivi. (2024) Transformasi Digital 4.0 : Inovasi yang Menggerakkan Perubahan Global. CENDEKIA: Jurnal Hukum, Sosial & Humaniora, 661-672.
Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
Airnav Indonesia. (2024). Petunjuk Teknis Verifikasi Data.
Airnav Indonesia. (2024). Nota Kesepahaman Operasional Dan Koordinasi Angkasapura II Perum LPPNPI Cabang Halim.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



