PROTOTYPE APLIKASI IDENTIFIKASI PENYAKIT PADA DAUN JAGUNG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SCRUM
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7688Abstract Views: 45 File Views: 30
Keywords:
prototype, daun jagung, Scrum, pertanian digitalAbstract
Jagung merupakan tanaman pangan yang penting dan menjadi komoditas strategis di sejumlah negara termasuk Indonesia, menempati posisi ketiga sebagai sumber karbohidrat setelah padi dan gandum. Produktivitas jagung dapat terpengaruh oleh berbagai faktor, salah satunya adalah serangan penyakit pada daun jagung yang menjadi hambatan serius dalam produksi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototype aplikasi Android untuk identifikasi penyakit pada daun jagung dengan pendekatan metode Scrum. Permasalahan utama yang diangkat adalah keterbatasan petani dalam mengenali penyakit tanaman secara dini. Metode Scrum diterapkan dalam proses pengembangan perangkat lunak secara iteratif melalui sprint-sprint terstruktur. Prototype aplikasi dibangun menggunakan Figma. Hasil dari pengembangan menunjukkan bahwa pendekatan Scrum efektif dalam membangun prototype yang dapat digunakan untuk proses identifikasi awal penyakit daun jagung secara mandiri oleh petani. Implementasi sistem ini menunjukkan potensi besar dalam mendukung transformasi digital di sektor pertanian. Aplikasi menunjukkan kinerja yang baik dalam pengujian awal, dengan waktu proses yang singkat dan antarmuka yang dapat dipahami oleh pengguna. Prototype ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut menuju aplikasi yang siap pakai di lingkungan pertanian.
Downloads
References
P. P. Produksi, J. D. I. Indonesia, N. S. Nguru, P. S. Agribisnis, F. Pertanian, and U. T. Tunggadewi, “Prospek peningkatan produksi jagung di indonesia,” 2024.
I. P. Putra and D. Alamsyah, “Klasifikasi Penyakit Daun Jagung Menggunakan Metode Convolutional Neural Network,” vol. 2, no. 2, pp. 102–112, 2022.
I. Wirabowo, I. Susilawati, T. Informasi, U. Mercu, and B. Yogyakarta, “Implementasi Convolution Neural Network ( CNN ) untuk Deteksi Penyakit pada Daun Jagung Berbasis Citra Digital,” vol. 5, no. 1, pp. 233–241, 2025.
P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 11, no. 3, pp. 246–253, 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.
Y. Ardilla et al., “Pengembangan Aplikasi Mobile Dengan Menggunakan Scrum Model Untuk Deteksi Dini Stunting,” vol. 18, no. x, pp. 623–636, 2023.
F. Aditya, A. D. Putra, and A. Surahman, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: PADA TOKO MURAH JAYA ALUMUNIUM),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 316–329, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2037.
M. A. Setyawan, U. Nusantara, P. Guru, and R. Indonesia, “RUANG WARNA HSV DAN FITUR TEKSTUR DENGAN ALGORITMA K-NN,” 2022.
R. Gutama, “Implementasi Scrum Pada Manajemen Proyek Pengembangan Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan ( SMEP ),” 2020.
K. Schwaber and J. Sutherland, “Panduan Scrum,” Diakses tanggal, vol. 2, 2020.
B. K. Fajar, M. Lulu, L. Usman, P. Kidul, and K. Banyumas, “BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE,” vol. 12, no. 3, 2024.
D. Iswantoro and D. Handayani UN, “Klasifikasi Penyakit Tanaman Jagung Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN),” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 2, p. 900, 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i2.2065.
D. Y. Sylfania, F. P. Juniawan, and I. Zaliman, “Implementasi Aplikasi Perpustakaan SMAN 1 Koba Dengan Metode Scrum Berbasis Android,” vol. 8, no. 1, pp. 69–77, 2024.
R. A. Kusyanto, N. A. Prasetyo, P. Kidul, and K. Banyumas, “MITRA OBRE-JEK BERBASIS ANDROID,” vol. 12, no. 3, pp. 1907–1918, 2024.
H. Prasetyo, N. Radita, and A. Tirtana, “Aplikasi Manajemen Pendakian Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum Hiking Management Application Based on Android Using Scrum Method,” vol. 11, no. November, pp. 180–189, 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i3.514.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



