PEMBUATAN APLIKASI PEMESANAN PADA COFFEE SEDUH SPACE CIKARANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Authors

  • Anggriawan Sifa Wahyusesa Universitas Singaperbangsa Karawang, Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Informatika

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7601

Abstract Views: 33 File Views: 16

Keywords:

Aplikasi Android, Coffee Shop, Pemesanan Digital, UMKM, Firebase, QRIS, Waterfall

Abstract

Menurut laporan Momentum Works tahun 2023, nilai pasar kopi modern di Indonesia mencapai US$947 juta, tertinggi di Asia Tenggara. Sektor UMKM menyumbang lebih dari 60% PDB nasional dan menyerap 97% tenaga kerja. Pertumbuhan konsumsi kopi mendorong munculnya banyak coffee shop, termasuk Coffee Seduh Space Cikarang. Namun, sistem pemesanan manual yang digunakan menimbulkan antrean panjang dan keterlambatan transaksi, sehingga menghambat efisiensi layanan dan pengalaman pelanggan. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan aplikasi pemesanan berbasis Android untuk meningkatkan efisiensi operasional Coffee Seduh Space. Metode pengembangan yang digunakan adalah SDLC model Waterfall, melalui tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, deployment, dan pemeliharaan. Aplikasi menyediakan fitur pemesanan dine-in dan delivery, rekomendasi menu berbasis kuesioner, pembayaran digital melalui QRIS, serta sistem manajemen admin yang mengelola pesanan dan transaksi secara real-time menggunakan Firebase Realtime Database. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengurangi antrean dan mempercepat transaksi, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih praktis bagi pelanggan. Dengan demikian, solusi digital ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital UMKM dan meningkatkan daya saing di era industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Martanto, D. Nur Aisyah, and R. Indriawan, “Peluang Industri Pertanian Komoditas Kopi (Coffe) Di Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara Desa Sungai Sepeti,” J. Teknol. Pangan dan Ind. Perkeb., vol. 4, no. 2, pp. 60–67, 2024, doi: 10.58466/lipida.v4i2.1648.

J. Tampubolon, A. Ginting, H. L. Nainggolan, and J. R. Tarigan, “Indonesian Coffee Development Path: Production and International Trade,” Asian J. Agric. Extension, Econ. Sociol., vol. 41, no. 12, pp. 316–328, 2023, doi: 10.9734/ajaees/2023/v41i122335.

H. O. Napitupulu, A. A. Sa’diyah, and F. Mutiara, “Integration of Indonesian Coffee Markets with World Coffee Markets,” J. Agric. Socio-Economics, vol. 2, no. 1, p. 33, 2021, doi: 10.33474/jase.v2i1.6865.

A. Kartini and S. Hidayatulloh, “Aplikasi Sistem Pemesanan Menu Pada Kafe Nami Kopiminasi Dengan Menggunakan Metode Waterfall,” J. Infortech, vol. 5, no. 2, pp. 123–132, 2023, doi: 10.31294/infortech.v5i2.17238.

Y. Aziz, M. Alda, and K. D. Serdang, “MOBILE APPLICATION SYSTEM FOR POINT OF SALES IN COFFEE SALES AT LANGIT COFFEE SPACE APLIKASI MOBILE SYSTEM POINT OF SALES PENJUALAN,” pp. 916–926, 2024.

A. Rahman, S. Esabella, T. Andriani, M. Hidayatullah, and M. Haq, “Rancang Bangun Aplikasi Coffee Shop Di Wilayah Kota Sumbawa,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 88–94, 2020, doi: 10.51401/jinteks.v2i2.589.

P. M.Cs, “Aplikasi Pemesanan Makanan Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi Umkm Berbasis Android,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, p. 48, 2021, doi: 10.21927/ijubi.v3i2.1589.

A. C. Katagri and K. B. Balavalad, “Smart Restaurant Ordering: A Digital Transformation to Enhance Dining Experiences,” Int. J. Comput. Appl., vol. 186, no. 72, pp. 58–67, 2025, doi: 10.5120/ijca2025924580.

S. M. Prasetiyo, R. Gustiawan, Faarhat, and F. R. Albani, “Analisis Pertumbuhan Pengguna Internet Di Indonesia,” J. Bul. Ilm. Ilmu Komput. dan Multimed. , vol. 2, no. 1, pp. 65–71, 2024, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma

A. Jonathan, R. Saputra, C. Witta, P. Santoso, and T. Mustiadi, “Perancangan Aplikasi Android Untuk Pemesanan Makanan Di Cafe Fourture,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Dan Sains, vol. 2, pp. 247–254, 2023.

S. Santi and A. Wafiah, “Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Berbasis Android Dengan Fitur Reservation Pada Reza Cafe,” J. Sintaks Log., vol. 4, no. 1, pp. 36–41, 2024, doi: 10.31850/jsilog.v4i1.2785.

D. Anggara, N. L. G. Ambaradewi, and I. P. Y. Bawantara, “Aplikasi Pemesanan Menu Pada Edery Cafe Berbasis Android,” J. Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 13, no. 1, pp. 2087–5312, 2023, [Online]. Available: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jmti

Y. Prayoga and M. Malabay, “Aplikasi Pemesanan Minuman Berbasis Android Di Kedai Kopi (Studi Kasus : Kedai Kopi Ngopidulu),” IKRA-ITH Inform. J. Komput. dan Inform., vol. 8, no. 2, pp. 99–108, 2024, doi: 10.37817/ikraith-informatika.v8i2.2964.

R. Abdul et al., “The Waterfall Model-Software Engineering,” Int. J. Res. Publ. Rev. J. homepage www.ijrpr.com, vol. 5, no. 4, pp. 1–6, 2024, [Online]. Available: www.ijrpr.com

G. Gurung, R. Shah, and D. P. Jaiswal, “Software Development Life Cycle Models-A Comparative Study,” Int. J. Sci. Res. Comput. Sci. Eng. Inf. Technol., no. July, pp. 30–37, 2020, doi: 10.32628/cseit206410.

Ezenwobodo and S. Samuel, “International Journal of Research Publication and Reviews,” Int. J. Res. Publ. Rev., vol. 04, no. 01, pp. 1806–1812, 2022, doi: 10.55248/gengpi.2023.4149.

D. AryaRafa, E. Dyar Wahyuni, and A. Anjani Arifiyanti, “Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Darurat Donora Berbasis Android Dengan Konsep Gamifikasi Menggunakan Kotlin,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, pp. 3009–3020, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.5025.

A. Faqih, A. Voutama, and I. Saputra, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Pemesanan Tiket Wisata Berbasis Flutter,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 13, no. 2, 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i2.6333.

“Submit Paper 2,” J. Inform. dan Tekhnik Elektro Terap., 2024.

S. McIntosh, B. Adams, and A. E. Hassan, “The evolution of Java build systems,” Empir. Softw. Eng., vol. 17, no. 4–5, pp. 578–608, 2012, doi: 10.1007/s10664-011-9169-5.

H. Lin et al., “Virtual Device Farms for Mobile App Testing at Scale: A Pursuit for Fidelity, Efficiency, and Accessibility,” Proc. Annu. Int. Conf. Mob. Comput. Networking, MOBICOM, pp. 674–690, 2023, doi: 10.1145/3570361.3613259.

T. Kimia et al., “Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Safaa Coffee Space Berbasis Mobile Android,” 2024.

Ilham Tri Maulana, “Penerapan Metode Sdlc ( System Development Life Cycle ) Waterfall Pada E-Commerce Smartphone,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2022, doi: 10.55606/juisik.v2i2.162.

A. Saravanos and M. X. Curinga, “Simulating the Software Development Lifecycle: The Waterfall Model,” Appl. Syst. Innov., vol. 6, no. 6, 2023, doi: 10.3390/asi6060108.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Wahyusesa, A. S. (2025). PEMBUATAN APLIKASI PEMESANAN PADA COFFEE SEDUH SPACE CIKARANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7601

Issue

Section

Articles