PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE TOP UP DIAMOND GAME ONLINE GCELL MENGGUNAKAN FIGMA DENGAN METODE PROTOTYPING

Authors

  • Ilman Nurohman Yusuf Universitas Teknologi Digital

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7528

Abstract Views: 67 File Views: 29

Keywords:

UI/UX, Figma, Prototyping, Desain Aplikasi, Top-Up Diamond, Mobile

Abstract

Perkembangan game online meningkatkan kebutuhan akan platform top-up diamond yang cepat dan mudah digunakan. Namun, masih banyak aplikasi dengan UI/UX yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan merancang desain UI/UX aplikasi mobile untuk top-up diamond di Gcell menggunakan Figma dan metode prototyping.

Proses perancangan dilakukan secara iteratif melalui pembuatan prototipe, pengujian pengguna, dan perbaikan berdasarkan umpan balik. Hasilnya adalah desain aplikasi yang lebih intuitif, mudah dinavigasi, dan responsif. Desain ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan aplikasi top-up yang lebih user-friendly.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. R. Firdaus, A. P. Kurniawan, and F. Prasetyanto, “PERANCANGAN UI/UX UNTUK MENCARI SUMBER DAYA DAN TOP-UP PADA RANZEINSTORE”.

S. Setiaji dan A. Annisa, “Analysis of UI/UX design in digital wallet applications using the heuristic evaluation method,” *Jurnal Scientia*, vol. 13, no. 1, 2023. DOI: 10.58471/scientia.v13i01.2274

Y. Yogiswara dan C. Indah Ratnasari, “Perancangan dan Analisa UI/UX Aplikasi Mobile BankHijau Menggunakan User-Centered Design dan User Experience Questionnaire,” *Journal of Information System Research (JOSH)*, vol. 5, no. 4, pp. 1018‑1028, Jul. 2024.

R. Widjaya, H. Pribadi Fitrian, and N. Anggraini, “PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA (UI/UX) UNTUK APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL SMK PASUNDAN RANCAEKEK,” JATI J. Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 6, pp. 11701–11707, Nov. 2024, doi: 10.36040/jati.v8i6.11605.

T. K. Thaha, N. Arifuddin, and M. Hardiyanti, “Rancangan Pengalaman dan Antarmuka Pengguna Aplikasi Media Pembelajaran Siswa Tunagrahita dengan Pendekatan Lean UX,” J. Internet Softw. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 112–120, Nov. 2024, doi: 10.22146/jise.v5i2.10222.

A. S. Nugroho dan R. F. Pratama, “Implementasi Metode Prototyping dalam Perancangan UI/UX Aplikasi UMKM Berbasis Flutter,” J. Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITeT), vol. 13, no. 1, pp. 45–54, Jan. 2024.

E. W. Fridayanthie, H. Haryanto, and T. Tsabitah, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web,” Paradig. - J. Komput. Dan Inform., vol. 23, no. 2, Sep. 2021, doi: 10.31294/p.v23i2.10998.

P. S. Rosiana, A. Voutama, dan A. A. Ridha, “Perancangan UI/UX Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking,” *Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITeT)*, vol. 11, no. 3, pp. 246–253, Agustus 2023.

M. Suparman et al., “MENGENAL APLIKASI FIGMA UNTUK MEMBUAT CONTENT MENJADI LEBIH INTERAKTIF DI ERA SOCIETY 5.0,” vol. 1, no. 6, 2023.

M. A. Senubekti, G. L. Dajoreyta, & N. Anggraini, “Pembuatan Desain UI/UX dengan Metode Prototyping pada Aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung menggunakan Figma,” *Jurnal Informatika Terpadu (JITeT)*, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, Maret 2024.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, Aug. 2017, doi: 10.37438/jimp.v2i2.67.

A. Zalukhu, S. Purba, and D. Darma, “PERANGKAT LUNAK APLIKASI PEMBELAJARAN FLOWCHART,” vol. 4, no. 1, 2023.

C. A. Ayu Binangkit, A. Voutama, and N. Heryana, “PEMANFAATAN UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DALAM PERENCANAAN SISTEM PENGELOLAAN SEWA ALAT MUSIK BERBASIS WEBSITE,” JATI J. Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1429–1436, Sep. 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6858.

R. P. Sutanto, “Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra,” Nirmana, vol. 22, no. 1, pp. 41–51, Jun. 2022, doi: 10.9744/nirmana.22.1.41-51.

A, F. F., Senubekti, M. A., & Anggraini, N. (2025). Pengembangan Aplikasi e- Bale Sunda untuk Digitalisasi Peminjaman Arsip di Pengadilan Negeri Bale Bandung Kelas 1A Menggunakan CodeIgniter 4. TEKNO : Jurnal Penelitian Teknologi dan Peradilan, 3(1), 61–74.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Yusuf, I. N. (2025). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE TOP UP DIAMOND GAME ONLINE GCELL MENGGUNAKAN FIGMA DENGAN METODE PROTOTYPING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7528

Issue

Section

Articles