PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SMART-BUILDINGPADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 1 PADARINCANG
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7304Abstract Views: 47 File Views: 36
Keywords:
ADDIE, Development, Learning Media, Smart-BuildingAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Branch, 2009) karena mempunyai prosedur yang terstruktur dan terdiri dari 5 tahapan utama yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluate. Penilaian tingkat kelayakan media dilakukan oleh 6 evaluator media dan materi pembelajaran serta penilaian tingkat efektivitas media dan jobsheet pembelajaran smart-building dilakukan dengan mengukur nilai pretest dan posttest pada peserta di SMKN 1 Padarincang dengan jumlah 20 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data observasi, wawancara, angket, dan tes. Tenik analisis data yang digunakan yaitu validitas product moment, reliabilitas KR 20, analisis kelayakan media, dan uji n-gain.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran trainer smart-building dengan memperhatikan penilai aspek (tampilan media, penggunaan, dan tujuan media) memperoleh skor 97,3 dan berada pada kategori “Sangat Layak” dengan interval skor . Hasil penilaian tingkat kevalidan jobsheet pembelajaran smart-building yang memperhatikan penilaian aspek (kualitas isi media dan kualitas pembelajaran) mendapatkan skor 72,6 dan berada pada kategori “Sangat Layak” dengan interval skor . Untuk respon pengguna media dan jobsheet pembelajaran smart-building memperoleh skor 117,7 dan berada pada kategori “Sangat Layak” dengan interval skor . Sedangkan hasil uji validitas instrument soal menunjukan hanya 18 butir soal yang valid untuk digunakan oleh peserta didik dengan skor reliabilitas 0,79 dan berada pada kategori “Reliabel”. Hasil efektivitas media dan jobsheet pembelajaran smart-building memperoleh skor 0,712 dengan interval skor yang berada pada kategori “Efektivitas Tinggi”.
Downloads
References
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Departemen Pendidikan & Kebudayaan, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 15, tentang Sekolah Menegah Kejuruan.,” Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan., 2003.
Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. (2023) Keadaan Ketenagakerjaan Banten Agustus 2023. Serang: Badan Pusat Statistika.
Nurfadhillah, Septy. (2021). Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan KedudukanMedia Pembelajaran. Sukabumi : Cv Jejak
Marpanaji, E. (2017). Trainer PID controller sebagai media pembelajaran praktik sistem kendali. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 27-40.
Aswardi, A., Mukhaiyar, R., Elfizon, E., & Nellitawati, N. (2019). Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri Kota Payakumbuh. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(1), 51-56.
Nurdiansyah, A., Isdar, D. A., Sutrisno, M., & Septiyanto, D. (2016). Penerapan Konsep Smart Building Pada Sistem Penerangan Dan Rooftop Tower A Apartemen Parahyangan Residence–Bandung. Bangun Rekaprima, 2(1), 7-20.
Mannan, K. A., & Muchlis, A. F. (2012). Penerapan Teknologi Smart Building pada perancangan Smart masjid. Journal of Islamic Architecture, 2(2).
Hidayati, N., Rijanto, T., Widyartono, M., & Fransisca, Y. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif software articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran instalasi penerangan listrik SMKN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 127-135.
Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science, Business Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Oktiningrum, W., & Rahayu, L. I. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas II SDN 3 Kademangan. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 1(1).
Aryani, W., & Mansur, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 55-78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.