DESAIN DAN PENGEMBANGAN GIM EDUKASI DBD BERBASIS 2D PLATFORMER DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7298Abstract Views: 67 File Views: 80
Keywords:
Education Game, 2D Platformer, DHFAbstract
Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu ancaman kesehatan global, termasuk Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan kasus DBD yang tinggi. Kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya bagi anak-anak dan remaja, terkait pencegahan DBD menjadi salah satu faktor tingginya kasus penyakit ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangan gim edukasi "Dengue Defender" berbasis 2D platformer yang menyisipkan materi komik "Lawan Nyamuk, Lindungi Diri". Pengembangan "Dengue Defender" menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Pengujian gim dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman setelah memainkan “Dengue Defender” serta usability testing yang dianalisis dengan skala Likert kepada anak-anak. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai dari pre-test ke post-test pada sebagian besar pertanyaan, serta persentase kelayakan usability yang mengindikasikan bahwa gim ini “Layak” digunakan. Dengan demikian, “Dengue Defender” terbukti efektif sebagai media edukasi alternatif untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang pencegahan DBD.
Downloads
References
F. Kurniawan, I. Nurul Hasana, R. Rossalina Aljuwaeni, N. Sauria, and P. Utami, “Pengaruh Promosi Kesehatan Pada Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat,” J. Pelita Sains Kesehat., vol. xx, pp. 1–5, 2022.
T. S. Nadia, “Demam berdarah masih mengintai,” Mediakom, no. April, 2024.
M. A. Rohman and D. Kasoni, “Prototype Game Pencegahan Demam Berdarah Dengue Menggunakan Unity 2D,” J. Tek. Inform., vol. VI, no. 2, pp. 58–62, 2020.
A. Zahrotus, T. Salawati, and N. D. Larasaty, “MEDIA INFORMASI Produksi Media Komik Sebagai Media Promosi Kesehatan dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue Pada Siswa Sekolah Dasar,” vol. 20, pp. 103–114, 2024.
C. M. Hellyana, N. I. Fadlilah, R. Wijianto, and K. A. Ade Putra, “Game Edukasi ‘Perjalanan Si Koko’ Sebagai Media Pembelajaran,” Informatics Comput. Eng. J., vol. 3, no. 1, pp. 88–96, 2023, doi: 10.31294/icej.v3i1.1784.
V. Metayani and R. Tan, “V-Fighter: Game Platformer 2D Protokol Kesehatan Dengan Menggunakan Godot (STRATEGI),” J. Strateg., vol. 5, no. 1, pp. 32–46, 2023.
Sussi et al., “‘Tooth And Fairy’ Berbasis Android Menggunakan Unity Engine,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 287–292, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202294992.
H. Kurniawan, M. Devegi, V. Nofriza, P. Studi, and P. Informatika, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PLATFORMER 2D BERBASIS,” pp. 347–356, 2022.
R. T. Humaida and S. Suyadi, “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT,” Aulad J. Early Child., vol. 4, no. 2, pp. 78–87, 2021, doi: 10.31004/aulad.v4i2.98.
A. SUTRIYAWAN, “Pencegahan Demam Berdarah Dengue (Dbd) Melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk,” J. Nurs. Public Heal., vol. 9, no. 2, pp. 1–10, 2021, doi: 10.37676/jnph.v9i2.1788.
N. N. Annail and M. Syani, “Media Pembelajaran Buku Cerita Anak Bilingual Berbasis Mobile,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3S1, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3s1.5182.
A. S. Fadhillah1), M. D. Febrian1), M. R. , Muhammad Cahyo Prakoso1), S. D. Putri1), and M. T. 1 , Raden Siti Nurlaela, S.TP, “Sistem Pengambilan Contoh Dalam Metode Penelitian,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 6, pp. 7228–7237, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.