SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SAW (STUDY KASUS : SD INPRES PAJINIAN NIMUN DANIBAO, ADONARA BARAT, FLORES TIMUR)

SOVIA SHINTA SELOI DULI

Authors

  • Sovia Shinta Seloi Duli UNIVERSITAS MERCUUANA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7197

Abstract Views: 41 File Views: 42

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa SD Inpres Pajinian, Simple Additive Weighting, Penerimaan beasiswa.

Abstract

Pendidikan berkualitas sangat penting untuk pengembangan sumber daya manusia, terutama di daerah terpencil seperti Desa Nimun Danibao. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan untuk penerimaan beasiswa di SD Inpres Pajinian menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Sistem ini meningkatkan transparansi dan objektivitas dalam seleksi beasiswa di tengah tantangan akses pendidikan. Metode SAW dipilih karena kemampuannya mengolah data dari berbagai kriteria, seperti nilai akademik, kedisiplinan, pendapatan orang tua, dan jumlah tanggungan. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data calon penerima beasiswa dengan kriteria yang diberi bobot sesuai kepentingannya. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C# di Visual Studio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat memberikan rekomendasi yang adil dan akurat, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap program beasiswa. Diharapkan penerapan sistem ini membuat proses seleksi lebih efisien dan efektif, serta memberikan solusi praktis bagi sekolah dalam mengelola penerimaan beasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Kaunang, I. Abdul, A. Maruwae, F. Bumulo, and A. Bahsoan,

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Duli, S. S. S. (2025). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SAW (STUDY KASUS : SD INPRES PAJINIAN NIMUN DANIBAO, ADONARA BARAT, FLORES TIMUR): SOVIA SHINTA SELOI DULI. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7197

Issue

Section

Articles