IMPLEMENTASI SISTEM CHARACTER PLAYER PADA GAME RPG 2D MENGGUNAKAN GAME ENGINE GODOT

Authors

  • Arifqi Kartadinata Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Mutaqin Akbar Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7163

Abstract Views: 74 File Views: 63

Keywords:

Character Player, Game RPG 2D, Godot Engine, Character Controller, Combat System

Abstract

Perkembangan industri game mendorong kebutuhan akan sistem kendali karakter dan pertarungan yang responsif dalam genre Action RPG 2D. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem character player yang mencakup character controller dan combat system menggunakan Godot Engine. Character controller dirancang untuk memberikan kendali yang halus terhadap pergerakan karakter seperti bergerak, berlari, dan melompat, sedangkan combat system difokuskan pada mekanisme attack, deteksi musuh, upgrade stats, dan pengurangan damage musuh. Metode yang digunakan adalah rekayasa perangkat lunak dengan tahapan analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Sistem kendali karakter dikembangkan menggunakan Hierarchical Finite State Machine (HFSM) agar modular dan mudah dikembangkan, sedangkan sistem pertarungan memanfaatkan area dan animasi yang sinkron. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman bermain yang responsif dan stabil. Implementasi ini penting sebagai acuan pengembangan game Action RPG 2D berbasis open-source.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwifa Yuda Pradana, Anik Vega Vitianingsih, Dwi Cahyono, Anggit Wikaningrum, Seftin Fitri Ana Wati, “Pengembangan Aplikasi Game Pengenalan Jenis-Jenis Virus Berbasis RPG,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 10, no. 2, hlm. 78, 2024.

Ibzani Ilham Shagianto, Giri Wahyu Wriasto, Djul Fikry Budiman, Misbahuddin, Ni Made Seniari, “Aplikasi Game berbasis Android 2D dengan Logika Fuzzy pada NPC (Non-Player Character),” JEITECH, vol. 1, no. 1, hlm. 42, 2023.

Bagus Tri Sasongko, “Pengembangan Game Escape From Basement dengan AI Berbasis Finite State Machine di Godot Engine Menggunakan Metode GDLC,” Prosiding KONSTELASI, vol. 2, no. 1, hlm. 96, 2025.

S. Y. Cheung dan K. Y. Ng, “Application of the Educational Game to Enhance Student Learning,” Front. Educ., vol. 6, hlm. 623793, Mar 2021, doi: 10.3389/feduc.2021.623793.

G. Mingyu, M. Md Yunus, dan K. R. M. Rafiq, “Educational Games and Game-based Approaches in Higher Education: A Systematic Review (2014-2023),” IJARPED, vol. 13, no. 1, hlm. Pages 899-919, Jan 2024, doi: 10.6007/IJARPED/v13-i1/20555.

Muhammad Fikriansyah, Giri Wahyu Wiriasto, A. Sjamsjiar Rachman, “Rancang Bangun Prilaku Buatan pada Non-Player Character dalam Game Pemadam Kebakaran menggunakan Finite State Machine dan Godot Script,” Dielektrika, vol. 10, no. 1, hlm. 1, 2023.

Leonard Winata, Muhammad Akbar Maulana, Joko Susilo, “Studi Perbandingan Pengembangan Game dalam GDScript dengan Godot dan C# dengan Unity,” Bit-Tech, vol. 7, no. 3, hlm. 716, 2025.

Zakiey Cahya Ardi Wahana, Suryo Adi Wibowo, Abdul Wahid, “Game Adventure Horror ‘Let’s Escape’ dengan Unity Engine Berbasis Desktop Menggunakan Metode Finite State Machine,” JATI, vol. 4, no. 2, hlm. 306, 2020.

Nopi Ramsari, Gilang Ramadhan, “Pembuatan Game Side Scrolling 2D The Naila’s Survival Berbasis Android,” FIKI, vol. VIII, no. 2, hlm. 70, 2018.

M. F. Arrazzaq, A. P. Sasmito, dan H. Z. Zahro’, “PERANCANGAN GAME 2D PLATFORMER ‘ADVENTURE QUEST’ DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE BERBASIS ANDROID,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 4, Art. no. 4, Des 2023, doi: 10.36040/jati.v7i4.7537.

S. Octodinata, J. Pragantha, dan D. A. Haris, “PEMBUATAN GAME 2D PLATFORMER ‘SAVE THE FOXY’ PADA WEBSITE,” JSSTK, vol. 1, no. 2, hlm. 431–442, Okt 2023, doi: 10.24912/jsstk.v1i2.31034.

Ferdi, Sasa Ani Arnomo, “Perancangan Game Platformer Pemburu Koin Menggunakan Godot Engine,” Jurnal Comasie, vol. 6, no. 4, hlm. 112, 2022.

Kevin Asgaryansyah, Giri Wahyu Wiriasto, “Rancangan Game 2D RPG Berbasis Android Dengan Metode Extreme Programming Menggunakan Godot Script,” Dielektrika, vol. 10, no. 2, hlm. 76, 2023.

Ricky, Mesri Silalahi, “Rancang Bangun Game Platformer Bintang Kecil Menggunakan Godot Engine,” Jurnal Comasie, vol. 5, no. 2, hlm. 128, 2021.

Vanessa Metayani, Robby Tan, “V-Fighter: Game Platformer 2D Protokol Kesehatan Dengan Menggunakan Godot (Strategi),” Jurnal Strategi, vol. 5, no. 1, hlm. 33, 2023.

Made Agus Panji Sujaya, I Gede Mahendra Darmawuguna, Made Windu Antara Kesiman, “Pengembangan Game Rpg 2D Legenda Desa Trunyan,” INSERT, vol. 2, no. 2, hlm. 88, 2021.

E. N. F. Dewi, A. N. Rachman, dan R. H. Z. Hartadji, “Implementation of Hierarchical Finite State Machine for Controlling 2D Character Animation in Action Video Game,” dalam 2023 Eighth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), Manado, Indonesia: IEEE, Des 2023, hlm. 1–6. doi: 10.1109/ICIC60109.2023.10381978.

M. Umar Yanto, Hani Zulfia Zahro, Renaldi Primaswara Prasetya, “The Legend of The Knight 2D Menggunakan Metode Hierarchical Finite State Machine (HFSM) Berbasis Android,” JATI, vol. 8, no. 6, hlm. 12409, 2024.

Diva Putri Kynta, Muhammad Rizky Pribadi, “Implementation of Fuzzy Logic in Educational Game on Manners and Morals for Kids Using Godot Engine,” Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering, vol. 5, no. 1, hlm. 344, 2025.

Gina Rahma Fitriyani Asiqin, Yusuf Sumaryana, Cepi Rahmat Hidayat, “Game Edukasi Pembelajaran Budaya Flores Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC),” JITET, vol. 13, no. 1, hlm. 1324, 2025.

Riza Ainun Jariyah, Moch. Lutfi, “Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional 3D Untuk Anak Usia Dini,” JITET, vol. 12, no. 3S1, hlm. 4173, 2024.

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Kartadinata, A., & Akbar, M. (2025). IMPLEMENTASI SISTEM CHARACTER PLAYER PADA GAME RPG 2D MENGGUNAKAN GAME ENGINE GODOT. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7163

Issue

Section

Articles