MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI PADA PERANCANGAN WEBSITE SAFEPAWS UNTUK KESEJAHTERAAN DAN KESEHATAN HEWAN
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7153Abstract Views: 102 File Views: 79
Keywords:
Animal adoption, Veterinarian, WebsiteAbstract
Kesejahteraan dan layanan kesehatan hewan di Indonesia masih sering terabaikan, terlihat dari maraknya kasus penelantaran dan penyiksaan hewan, serta terbatasnya akses terhadap dokter hewan, terutama di pedesaan. Kurangnya sistem adopsi yang terstruktur dan minimnya informasi perawatan hewan turut memperparah kondisi ini. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dikembangkanlah SafePaws+, sebuah platform website yang bertujuan memfasilitasi adopsi hewan secara bertanggung jawab, menyediakan akses informasi dokter hewan terdekat, serta menyajikan konten edukatif bagi masyarakat. Sistem ini dibangun menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall melalui lima tahap: analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan evaluasi. Website menyediakan dua jenis akses: admin dan user. Admin dapat mengelola data dokter hewan, hewan adopsi, artikel, dan pesan pengguna. Sementara itu, user bisa melihat daftar hewan adopsi, mencari dokter berdasarkan lokasi, mengisi formulir adopsi, membaca artikel, dan mengirim pesan. Proyek ini juga mencakup perencanaan ruang lingkup, estimasi waktu dan biaya, Work Breakdown Structure (WBS), serta Gantt chart. Hasilnya, SafePaws+ terbukti memenuhi kebutuhan pengguna dan berpotensi menjadi solusi digital yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan hewan di Indonesia.
Downloads
References
F. R. Sholeh, H. Ayu, and F. S. Faried, “Analisis Kejahatan Terhadap Hewan di Indonesia,” J. Bevind., vol. 01, no. 11, pp. 14–23, 2024.
Y. M. Geasela, E. Ariawan, F. S. Lee, J. F. Andry, and V. Tanjaya, "Rancang bangun aplikasi adopsi hewan peliharaan berbasis mobile," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 9, no. 1, pp. 1634–1642, 2025.
E. I. Cristina, U. Apsiswanto, and U. Saprudin, "Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Hewan Pada Pusat Kesehatan Hewan Kota Metro," International Research on Big-Data and Computer Technology: I-Robot, vol. 6, no. 1, pp. 32–35, 2022.
E. Kurniadi, S. Rahmah, E. Suseno, and D. Nugraha, "Manajemen Proyek Sistem Informasi pada Sistem Pengelolaan Data Reseller PT. Replay," Logika: Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, vol. 15, no. 01.2024, pp. 85–92, 2024.
K. Syahidah, S. Esabella, and E. Mardinata, "Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Hewan Pada Klinik Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa Berbasis Web," Management of Information System Journal, vol. 2, no. 3, pp. 43–48, 2024.
M. Mawaddah and J. Devitra, "Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi pada CV. Lumbung Agroendo," Manajemen Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 520–529, Sep. 2023.
A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, Oct. 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/346397070
M. Syarif and E. B. Pratama, "Analisis metode pengujian perangkat lunak blackbox testing dan pemodelan diagram UML pada aplikasi Veterinary Services yang dikembangkan dengan model Waterfall," JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), vol. 5, no. 2, pp. 253–258, 2021.
N. Rizkita, E. Rosely, and H. Nugroho, "Aplikasi Pendaftaran dan Transaksi Pasien Klinik Hewan di Bandung Berbasis Web" EProceedings of Applied Science, vol. 4, no. 3, pp. 1512–1520, 2018.
P. Sukmasetya and E. M. Widodo, "Design Thinking dalam Inovasi Layanan Hewan Peliharaan: Studi Pengembangan Aplikasi UnityPet," TeIKa, vol. 14, no. 2, pp. 159–172, 2024.
S. A. Azaliarahma, E. I. Martyan, A. Rahmadani, and R. T. Dirgahayu, "Pengembangan Aplikasi Konsultasi Online dan Janji Temu Dokter Hewan Berbasis Android," Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 33–41, 2022.
M. A. A. Pradnyadevi, O. K. Sudana, and G. A. A. Putri, "Sistem Informasi Vertical Marketplace Adopsi Hewan Peliharaan Kesayangan Berbasis Website," Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 2, no. 3, pp. 637–652, 2021.
Nurhidayat, A. R., Nugraha, B., & Hendriadi, A. A. (2025). Perancangan Aplikasi Point of Sales (POS) Berbasis Android dengan QRIS Payment (Studi Kasus: Warung Seblak Tonjong). Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6323journal.eng.unila.ac.id+2journal.eng.unila.ac.id+2journal.eng.unila.ac.id+2
Adiwinata, K., Nugraha, B., & Ridwan, T. (2024). Penerapan Metode User Centered Design dalam Perancangan Desain UI/UX Website SMAN 5 Karawang. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4591journal.eng.unila.ac.id
A. Purnama, “Perancangan Sistem Informasi Permintaan Barang dengan Prosedur Lelang pada UNDIRA Menggunakan UML,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), vol. 12, no. 3, pp. 227–235, 2024. [Online]. Available: https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet/article/view/4162
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.