ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE PADA APLIKASI CINEPOLIS CINEMAS INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND

Authors

  • RakaIrfansabil Efendi Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7004

Abstract Views: 121 File Views: 47

Keywords:

User Interface, User Experience, System Usability Scale (SUS), Double Diamond, Cinepolis Cinemas Indonesia App

Abstract

Penelitian ini menganalisis dan meredesain UI/UX aplikasi Cinepolis Cinemas Indonesia akibat usability yang rendah (skor SUS awal 21, 'Worst Imaginable'). Menggunakan metode Double Diamond, redesain dilakukan dan divalidasi. Hasilnya, skor SUS pasca-redesain meningkat signifikan menjadi 78 ('Good'), yaitu peningkatan 57 poin. Ini membuktikan efektivitas redesain dalam meningkatkan kepuasan pengguna. Kontribusi riset ini terletak pada peningkatan desain aplikasi pemesanan tiket, berpotensi meningkatkan loyalitas pengguna dan citra merek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Simamora, “GPBSI Proyeksikan Pertumbuhan Bisnis Bioskop Meningkat 20% pada Tahun Depan,” kontan.co.id. Accessed: May 15, 2025. [Online]. Available: https://industri.kontan.co.id/news/gpbsi-proyeksikan-pertumbuhan-bisnis-bioskop-meningkat-20-pada-tahun-depan

S. Ayudiana, “Pengamat: Potensi penonton bioskop Indonesia bisa tembus 80 juta orang - ANTARA News,” antaranews.com. Accessed: May 15, 2025. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/3956727/pengamat-potensi-penonton-bioskop-indonesia-bisa-tembus-80-juta-orang

H. A. Prameswari, Y. T. Mursityo, and H. Muslimah Az-Zahra, “Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan User Interface pada Aplikasi Mobile Cinepolis Indonesia menggunakan Metode Usability Testing,” JPTIIK, vol. 4, no. 12, pp. 4329–4338, Dec. 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

R. Alamsyah, I. Maruf Nugroho, and S. Alam, “REDESIGN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI WASTU MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana 123,” 2022.

A. Ayuningtyas, E. F. Rahmawati, and T. Sagirani, “Penerapan Metode Double Diamond pada Desain User Interface Website,” Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 11–22, Jan. 2023, doi: 10.31504/komunika.v11i1.4991.

W. Buana and B. Nurina Sari, “Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course,” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, vol. 5, no. Vol. 5 No. 2 (2022): Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital, pp. 91–97, Feb. 2022, doi: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v5i2.11669.

A. Rachman, Y. A. D. Saputra, M. Hafidz, Z. A. I. Sugiman, and Y. Sahria, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI INTEGRASI TEKNOLOGI FINANSIAL ‘FIHUB’ MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3884.

H. A. Risky, D. Irmayanti, and M. H. Totohendarto, “REDESIGN UI/UX APLIKASI MOBILE MY PERTAMINA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD),” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. Vol. 7 No. 3 (2023): JATI Vol. 7 No. 3, pp. 1823–1829, Nov. 2023, doi: https://doi.org/10.36040/jati.v7i3.6965.

M. Randika, N. Tri, and A. Putra, “Evaluasi Usability Aplikasi CapCut Mobile Menggunakan Metode Nielsen’s Usability Attributes (NAU),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), vol. 8, no. 2, 2025.

A. Rizma Reyhana Putri and A. Dwi Indriyanti, “Evaluasi Usability User Interface dan User Experience pada Aplikasi M.Tix dengan Metode Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS),” JEISBI, 2023.

G. Ilham Septiawan, M. Arifin, and T. Sagirani, “Pendekatan Double Diamond Untuk Meningkatkan Ketertarikan Pengguna Pada Portal Akademik,” JATISI, vol. 10, no. 2, pp. 228–240, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id

S. N. Islami and M. Dody Firmansyah, “EVALUASI UI/UX DARI APLIKASI IKMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN PENGUJIAN PENGGUNA,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 9, no. 1, pp. 29–38, Dec. 2023, doi: 10.36341/rabit.v9i1.4116.

N. Dwi Amalina and E. P. Rachmawati, “JIP (Jurnal Informatika Polinema) PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN ULANG UI&UX APLIKASI IPUSNAS,” JIP, pp. 317–326, May 2025.

Y. Saputri, A. Putra Kharisma, and M. A. Akbar, “Perancangan User Experience Aplikasi Adopsi Kucing dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Pecinta Kucing di Malang),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 12, pp. 5967–5976, Dec. 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. A. Nabila and R. Andrian, “Redesign User Interface dan User Experience SATUPERSEN.NET dengan Metode Design Thinking,” Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, vol. 13, no. 3, Jul. 2024, doi: 10.30591/smartcomp.v13i3.6998.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Efendi, R. (2025). ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE PADA APLIKASI CINEPOLIS CINEMAS INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7004

Issue

Section

Articles