ANALISIS PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN PADA SISTEM REKOMENDASI PRODUK DI TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE TAM

Authors

  • alifa_26 UPN "veteran" jawa timur

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6989

Abstract Views: 114 File Views: 93

Keywords:

Artificial intelligence, E-commerce, Artificial intelligence; E-commerce; Technology acceptance model

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah mendorong transformasi signifikan dalam dunia e-commerce, terutama melalui implementasi sistem rekomendasi produk. Tokopedia sebagai salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia telah memanfaatkan fitur rekomendasi berbasis AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akurasi rekomendasi, persepsi kemudahan penggunaan, serta pengalaman berbelanja terhadap sikap pengguna dan peningkatan pembelian, dengan menggunakan kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM). Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna aktif Tokopedia yang telah menggunakan fitur rekomendasi AI. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi rekomendasi, persepsi kemudahan penggunaan, dan pengalaman berbelanja berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan dan peningkatan pembelian. Namun, kemudahan penggunaan tidak berpengaruh langsung terhadap sikap penggunaan. Temuan ini memberikan wawasan bahwa keberhasilan sistem rekomendasi tidak hanya ditentukan oleh aspek teknis, tetapi juga oleh pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. A. Csaszar, H. Ketkar, and H. Kim, “Artificial Intelligence and Strategic Decision-Making: Evidence from Entrepreneurs and Investors,” Aug. 2024, doi: 10.1287/stsc.2024.0190.

R. A. Nadzila, M. R. Gaffar, P. S. Manajemen, and U. Terbuka, “Analisis Presepsi Konsumen terhadap Pemanfaatan Artificial Intelligent dalam Meningkatkan Customer Experience Marketplace Shopee,” vol. 2, no. 3, pp. 3495–3502.

K. Sadeghi R., D. Ojha, P. Kaur, R. V. Mahto, and A. Dhir, “Explainable artificial intelligence and agile decision-making in supply chain cyber resilience,” Decis. Support Syst., vol. 180, no. April, p. 114194, 2024, doi: 10.1016/j.dss.2024.114194.

I. Rasyid, M. R. A. Yudianto, M. Maimunah, and T. A. Purnomo, “Electronic Product Recommendation System Using the Cosine Similarity Algorithm and VGG-16,” Sinkron, vol. 8, no. 4, pp. 2120–2129, 2023, doi: 10.33395/sinkron.v8i4.12936.

Z. Zhang et al., “Scholarly recommendation systems: a literature survey,” Knowl. Inf. Syst., vol. 65, no. 11, pp. 4433–4478, 2023, doi: 10.1007/s10115-023-01901-x.

Mustafa Ayobami Raji, Hameedat Bukola Olodo, Timothy Tolulope Oke, Wilhelmina Afua Addy, Onyeka Chrisanctus Ofodile, and Adedoyin Tolulope Oyewole, “E-commerce and consumer behavior: A review of AI-powered personalization and market trends,” GSC Adv. Res. Rev., vol. 18, no. 3, pp. 066–077, 2024, [Online]. Available: https://gsconlinepress.com/journals/gscarr/content/e-commerce-and-consumer-behavior-review-ai-powered-personalization-and-market-trends

L. T. Khrais, “Role of artificial intelligence in shaping consumer demand in e-commerce,” Futur. Internet, vol. 12, no. 12, pp. 1–14, 2020, doi: 10.3390/fi12120226.

Didi Riswan, Heri Eko Rahmadi Putra, and Risfan Nazar Saputra, “Pengembangan Sistem Rekomendasi Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna Di Platform E-Commerce,” J. Komput. Teknol. Inf. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 572–580, 2024, doi: 10.62712/juktisi.v2i3.145.

A. Zikry, Muhammad Bitrayoga, Siska Yulia Defitri, Akhmad Dahlan, and Nina Dwi Putriani, “Analisis Penggunaan AI dalam Keberhasilan Customer Experience Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee,” Indo-Fintech Intellectuals J. Econ. Bus., vol. 4, no. 3, pp. 766–781, 2024, doi: 10.54373/ifijeb.v4i3.1387.

S. Na, S. Heo, S. Han, Y. Shin, and Y. Roh, “Acceptance Model of Artificial Intelligence (AI)-Based Technologies in Construction Firms: Applying the Technology Acceptance Model (TAM) in Combination with the Technology–Organisation–Environment (TOE) Framework,” Buildings, vol. 12, no. 2, 2022, doi: 10.3390/buildings12020090.

A. N. Rohman, M. Mukhsin, and G. Ganika, “Technology Acceptance Model in Analyzing Actual Use of E - Commerce Tokopedia Indonesia,” J. Ekon. Manaj. Akunt. Keuang. Bisnis Digit., vol. 2, no. 1, pp. 25–36, 2023.

E. M. Negm, “Consumers’ acceptance intentions regarding e-payments: a focus on the extended unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT2),” Manag. Sustain., vol. 3, no. 3, pp. 340–360, 2024, doi: 10.1108/MSAR-04-2023-0022.

N. Syaima Nida1, Alfi Nurhakim2, Jelita Miranda Noor Isiqamah3, “ANALISIS PERKEMBANGAN TOKO ONLINE (E-COMMERCE) DI INDONESIA Syaima,” J. Bisnis Digit., vol. 1, no. 1, pp. 44–54, 2023.

R. Oktora and W. Susanty, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Dengan Sistem Rekomendasi Item-Based Collaborative Filltering,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 1, 2013, doi: 10.36448/jmsit.v3i1.477.

R. Susy, “Technology Acceptance Model ( TAM ) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online,” J. Sist. Inf. Stmik Antar Bangsa, vol. 6, no. 2, p. Hal. 82, 2017.

Y. I. D. Koesmawati1*, A.-F. A. Aryaputra2, A. I. Rakasiwi3, and Dwi Septiajayanti4, “ANALISIS ADOPSI AI UNTUK REKOMENDASI BARANG PADA TOKOPEDIA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ANALYSIS OF AI ADOPTION FOR PRODUCT RECOMMENDATIONS ON,” SITASI, pp. 109–118, 2024.

F. Ricci, L. Rokach, and B. Shapira, Recommender Systems Handbook, no. October. 2011. doi: 10.1007/978-0-387-85820-3.

F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989, doi: 10.2307/249008.

A. Aryani, Ainun Khoir Rizki, and Hasnawati, “Analisis Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Aplikasi Ecommerce Menggunakan Tam Selama Pandemi Covid-19,” J. Ekon. Trisakti, vol. 2, no. 2, pp. 1605–1614, 2022, doi: 10.25105/jet.v2i2.14922.

V. Venkatesh and F. D. Davis, “Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies,” Manage. Sci., vol. 46, no. 2, pp. 186–204, 2000, doi: 10.1287/mnsc.46.2.186.11926.

A. F. G. F. L. Schmidt-Thieme, “Introduction to the IEEE Intelligent Systems Special Issue: Recommender Systems,” 12th Int. Conf. Learn. Represent. ICLR 2024, 2024, doi: 10.2139/ssrn.4767721.

Prakash Dangi, Divya Saini, Dakshita Choudhary, “AI for Personalization in E-commerce and Recommendation System,” Tuijin Jishu/Journal Propuls. Technol., vol. 44, no. 1, pp. 122–130, 2023, doi: 10.52783/tjjpt.v44.i1.2217.

P. G. Subhaktiyasa, “Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” vol. 9, pp. 2721–2731, 2024.

M. dan Wibowo, “Pengaruh Keamanan, Kemudaha n Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada (Studi Kasus Pada Masiswa Fakultas Ekonomi Ust),” J. Bina Bangsa Ekon., vol. 14, no. 02, pp. 337–345, 2021, [Online]. Available: https://jbbe.lppmbinabangsa.id/index.php/jbbe/article/view/87

M. Ghosh, “Meta-analytic review of online purchase intention: conceptualising the study variables,” Cogent Bus. Manag., vol. 11, no. 1, p., 2024, doi: 10.1080/23311975.2023.2296686.

F. J. Elvin Nury Khirdany*1, Wahyu Liana2, Faisol3, “ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) AS PRODUCT RECOMMENDATIONS ON THE E-COMMERCE PLATFORM SHOPEE Elvin,” pp. 1–23, 2016.

D. W. Aryanto Nur1, A. D. Solahuddin3, H. A. Wibowo4, and Habillah Hasbi Maulana5, “ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN (AI) DALAM INDUSTRI E-COMMERCE DI INDONESIA,” vol. 4, no. 11, pp. 1–16, 2024.

P. Pelanggan and D. A. N. T. Etika, “PENERAPAN KECERDASAN BUATAN DALAM E-COMMERCE : EFISIENSI,” vol. 9, no. 1, pp. 788–800, 2025.

K. Kwong-Kay, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS,” Mark. Bull., vol. 24, no. 1, pp. 1–32, 2013, [Online]. Available: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/39627062/2013_journal_10_PLS_MB-libre.pdf?1446527592=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPartial_Least_Squares_Structural_Equatio.pdf&Expires=1702011101&Signature=J7LCkmCyQWVT70I~-n01JnGhxu2Pn1AZIuQyulM

M. (2014). Hair, J. F. Jr., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, “A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM),” Eur. J. Tour. Res., vol. 6, no. 2, pp. 211–213, 2013, doi: 10.54055/ejtr.v6i2.134.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

alifa_26. (2025). ANALISIS PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN PADA SISTEM REKOMENDASI PRODUK DI TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE TAM. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6989

Issue

Section

Articles