PENERAPAN PROTOTYPE PATTERN UNTUK OPTIMASI PROSES DUPLIKASI KOMPONEN PADA APLIKASI DESAIN GRAFIS DIGITAL

Authors

  • Nabilla Pasha Marcellina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6975

Abstract Views: 43 File Views: 24

Keywords:

Prototype Pattern, Creational Design Pattern, Component Duplication, System Performance, Memory Usage

Abstract

Aplikasi desain grafis seperti Figma dan Canva memungkinkan pengguna untuk menduplikasi komponen visual secara cepat. Namun, proses duplikasi yang dilakukan secara berulang dapat menyebabkan penurunan performa sistem jika tidak diatur secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi proses duplikasi komponen dengan menerapkan Prototype Pattern, salah satu pola desain dalam kategori creational pattern. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan membandingkan dua versi sistem: versi konvensional yang menggunakan instansiasi objek secara manual, dan versi Prototype Pattern yang menggunakan metode cloning. Implementasi dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan pengujian difokuskan pada waktu eksekusi serta penggunaan memori dalam proses duplikasi objek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa versi dengan Prototype Pattern mampu mengurangi waktu eksekusi hingga 60% dan menurunkan penggunaan memori dibandingkan versi konvensional. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan Prototype Pattern efektif dalam meningkatkan kinerja sistem desain grafis berbasis komponen. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan perangkat lunak desain yang lebih efisien dan responsif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. N. Rafi Taqiyuddin and B. Indryanti, “Perancangan Aplikasi Laundry Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4266.

W. Prasetiyawan, I. Hartami Santi, and F. Febrinita, “Rancang Bangun Augmented Reality Bentuk Paruh Unggas Berdasarkan Makanannya Sebagai Media Pembelajaran IPA,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 842–848, 2022, doi: 10.36040/jati.v6i2.5753.

A. A. Alkodri, Fitriyani, and B. Isnanto, “Pengaplikasian Standar ISO 9126 di Aplikasi Layanan Instalasi Software Perkuliahan Mahasiswa Berbasis Android,” vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2024, doi: DOI: https://doi.org/10.30645/brahmana.v6i1.525.g520.

M. A. Rizkhullah and A. Voutama, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Untuk Pembelajaran Adaptif Public Speaking Dengan Metode User Centered Design,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4204.

M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “Perancangan UI/UX Semarang Virtual Tourism dengan Figma,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 43–52, 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.

M. A. Lestari, A. M. B. M. Kamil, N. A. B. Rofiee, W. Akbar, A. Zidan, and F. Z. Putri, “Pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan keterampilan desain grafis,” J. Pembelajaran Pemberdaya. Masy., vol. 5, no. 4, pp. 825–836, 2024, doi: 10.33474/jp2m.v5i4.22363.

A. Riyanti, T. T, G. P. Dirgantoro, and I. M. A. O. Gunawan, “Development of Rental Application using Prototyping Method,” TECHNOVATE J. Inf. Technol. Strateg. Innov. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 69–80, 2024, doi: 10.52432/technovate.1.2.2024.69-80.

A. Firmansyah, A. Suyadi, A. A. Khalish, and A. Zulhanudin, “Prototipe lampu lalu lintas menggunakan PLC dan SCADA berbasis computer vision dengan raspberry pi 4B,” vol. 23, no. 1, pp. 32–45, 2025, doi: 10.33795/eltek.v23i1.6380.

D. Prajarini, “Perancangan Prototype Web Profile Desa Wisata Dan Kerajinan Gamplong Sleman Dengan Metode Desain User Experience,” Aksa J. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 1, pp. 249–259, 2020, doi: 10.37505/aksa.v2i1.19.

S. Informasi, F. I. Komputer, and U. S. Karawang, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI ” ON STUDY ” UNTUK,” vol. 5, pp. 153–164, 1820. https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v5i2.1820

Y. Ma, Y. Liu, Y. He, S. Qiao, and H. Sun, “Design of multipass cell with dense spot patterns and its performance in a light-induced thermoelastic spectroscopy-based methane sensor,” Light Adv. Manuf., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2025, doi: 10.37188/lam.2025.001

.

I. Usman, “Komunikasi Visual Dalam Branding : Peran Desain Grafis Dalam Membangun Identitas Merek,” vol. 1, pp. 14–25, 2025. https://doi.org/10.69623/j-dikumsi.v1i1.44

R. Rahmatullah, I. Inanna, and A. T. Ampa, “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 12, no. 2, pp. 317–327, 2020. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

I. M. Sianturi, “Perancangan Aplikasi Kompresi File Gambar Dengan Menggunakan Algoritma Stout Code,” J. Pelita Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 19–29, 2024, doi: 10.69688/jpip.v2i1.57. https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.57

T. Akhir, “Deteksi Duplikasi Data pada Sistem Monitoring Kualitas Udara Berbasis IoT Deteksi Duplikasi Data pada Sistem Monitoring Kualitas Udara Berbasis IoT,” vol. 14, pp. 138–144, 2023, doi: 10.22146/jnteti.v14i2.16272.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Pasha Marcellina, N. (2025). PENERAPAN PROTOTYPE PATTERN UNTUK OPTIMASI PROSES DUPLIKASI KOMPONEN PADA APLIKASI DESAIN GRAFIS DIGITAL. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6975

Issue

Section

Articles