PERANCANGAN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI BARBERXPRIENCE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINK

Authors

  • Setyo Dwiki Prastomo Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6890

Abstract Views: 40 File Views: 37

Keywords:

UI/UX, Design Thinking, BarberXprience, SUS, UEQ, prototype, usability.

Abstract

Abstrak, Perkembangan teknologi digital yang pesat telah membawa dampak signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan, salah satunya adalah industri layanan barbershop. Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan efisiensi dan kenyamanan dalam mengakses layanan, sistem reservasi daring menjadi solusi yang relevan dan dibutuhkan. BarberXprience merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk mempermudah proses pemesanan layanan barbershop secara online, sehingga pelanggan dapat melakukan reservasi tanpa harus datang langsung ke lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) aplikasi BarberXprience dengan pendekatan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kegunaan aplikasi, serta User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menilai aspek pengalaman pengguna. Hasil pengujian terhadap 100 responden menunjukkan bahwa skor rata-rata SUS sebesar 50,198 tergolong dalam kategori marginal namun dapat diterima. Selain itu, hasil UEQ menunjukkan penilaian positif pada seluruh aspek yang diukur, yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Aspek Attractiveness memperoleh skor tertinggi sebesar 1,92, sementara Novelty mencatatkan skor terendah sebesar 1,34. Uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kuesioner menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,812, yang menunjukkan tingkat konsistensi internal yang tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa prototype BarberXprience memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi aplikasi digital yang efektif, responsif, dan berorientasi pada kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, Jul. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.

T. Bustami and S. Alam, “SEIKO : Journal of Management & Business Penerapan Teknologi Informasi dalam Manajemen Operasional Analisis Implementasi di PT. Unilever Tbk,” SEIKO : Journal of Management & Business, vol. 7, no. 1, pp. 1321–1329, 2024.

S. Arif and F. Putra, “JIPM+Arif+Wardana1,Sofia+Novind+Saputri2,Gilang+Fernandes3,Putra+Najmal+Ath-Thaariq4,Faradika5,” 2024.

A. F. Dewantara, E. Esterina, L. Alri, J. Hutahaean, and I. Thamrin, “Prosiding The 12 th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung,” 2021.

Reza Agustian and Cuhenda, “UI/UX Design of Online Barber Application with Design Thinking Approach,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 91–96, Dec. 2024.

M. S. Khairy and G. G. Firmansyah, “JIP (Jurnal Informatika Polinema) PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX MARKETPLACE SISTEM RANTAI PASOK ‘PANEN-PANEN,’” May 2022.

Dwipa, “BAB I PENDAHULUAN,” 2021.

A. G. Pramesti, Q. J. Adrian, and Y. Fernando, “PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI PEMESANAN BUKET MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: BOUQUET LAMPUNG),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 3, no. 2, pp. 179–184, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Nigel Putra Christover Sitorus and Y. M. Irsan Jaelani, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI PENJUALAN FURNITURE INTERIOR & BUILD PADA TOKO STEPLINE MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN (GDD),” Jul. 2023.

A. R. Himamunanto, D. A. F. Waruwu, and G. C. Setyawan, “Image Tracking Berbasis AR Untuk Peningkatan Pembelajaran Buah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 6, no. 2, pp. 381–389, Jul. 2023, doi: 10.29408/jit.v6i2.16830.

Ngurah Rangga Wiwesa, “USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,” 2021.

S. Fajri, F. S. Fujiawati, and A. T. Permanasari, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE APPS BERBASIS ANDROID B’TRACE MERANGKAI GERAK TARI TRADISIONAL,” Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), vol. 6, no. 1, 2021.

R. Adytia, I. Rahman, R. Kartika Dewi, and H. Muslimah Az-Zahra, “Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Digital Marketing Youtube untuk UMKM menggunakan Metode Human-Centered Design,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. K. Nadhif, D. Taufiq W, M. F. Hussein, and I. S. Widiati, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking,” Jurnal IT CIDA, vol. 7, no. 1, 2021.

M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 43–52, Aug. 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Prastomo, S. D. (2025). PERANCANGAN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI BARBERXPRIENCE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINK. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6890

Issue

Section

Articles