DESAIN DOUBLE MARKER AUGMENTED REALITY INTERAKTIF PENGENALAN KLASIFIKASI JENIS MAKANAN HEWAN

Authors

  • Yazki Muzakki Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
  • Arrahmah Aprilia Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
  • Muhamad Ridwan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6793

Abstract Views: 44 File Views: 37

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Augmented Reality, Double Marker

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran tradisional seperti buku teks yang bersifat pasif masih sering dijumpai di lingkungan sekolah, sehingga menyebabkan keterbatasan dalam penyampaian materi secara visual dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Augmented Reality (AR) dengan sistem double marker yang memungkinkan siswa melihat representasi hewan dan jenis makanan dalam bentuk tiga dimensi, dilengkapi fitur rotasi dan efek suara 3D. Pemilihan topik ini didasarkan pada potensi AR dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, sesuai dengan pendekatan teori insentif salience merupakan proses kognitif dalam memberikan daya tarik dan motivasi terhadap rangsangan yang dianggap sebagai hadiah, dalam hal ini berupa informasi. Dalam pengembangan aplikasi ini, digunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC yang meliputi enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian black box terhadap media pembelajaran ini menunjukkan bahwa seluruh fitur yang dirancang pada perangkat Android berfungsi dengan baik dan telah divalidasi. Media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality ini diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan rasa ingin tahu serta motivasi siswa terhadap materi klasifikasi hewan, melalui penyajian yang menarik dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yazki Muzakki, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Yazki Muzakki merupakan mahasiswa Teknologi Rekayasa Multimedia di Polimedia Negeri Media Kreatif Jakarta

Arrahmah Aprilia, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Arrahmah Aprilia, MT. merupakan seorang Dosen Ergonomis Study di Polimedia Negeri Media Kreatif Jakarta

Muhamad Ridwan, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Muhamad ridwan, S.Ikom., MM. merupakan seorang dosen praktik kewirausahaan di Polimedia Negeri Media Kreatif Jakarta

References

D. Darwis, V. H. Saputra, and S. Ahdan, “Peran Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA) Sebagai Solusi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK YPI Tanjung Bintang,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 0, pp. 36–45, 2020.

A. S. Nugroho and S. Sukirman, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Melatih Kemampuan Critical Thinking,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 8, no. 2, p. 331, 2023, doi: 10.35314/isi.v8i2.3495.

G. N. A. D. Putra and I. N. T. A. Putra, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Tata Surya Berbasis Augmented Reality Marker Based,” JITET (Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., 2025.

L. FitzGibbon, J. K. L. Lau, and K. Murayama, “The seductive lure of curiosity: information as a motivationally salient reward,” Curr. Opin. Behav. Sci., vol. 35, pp. 21–27, 2020, doi: 10.1016/j.cobeha.2020.05.014.

N. Widyaningsih and M. D. Komalasari, Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan. Yogyakarta: UPY Press, 2020.

D. Surpriatna, Media Pembelajaran Interaktif Multimedia. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2017.

N. Jalinus and A. R. Riyanda, “Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Produktivitas Siswa,” Pros. Semin. Nas. FKIP UNILA, 2019.

M. Hamidah, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Teknol., 2019.

I. M. Efendy Warmanto, A. Lahinta, and M. S. Tuloli, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking,” Diffus. J. Syst. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 13–23, 2021.

S. Siltanen, S. (2012). Theory and applications of marker-based augmented reality. Espoo 2012. VTT Science Series 3. Retrieved from http://www.vtt.fi/publications/index.jsptanen, Theory and applications of marker-based augmented reality. 2012. [Online]. Available: http://www.vtt.fi/publications/index.jsp

A. Harahap, A. Sucipto, and J. Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 20–25, 2020, doi: 10.33365/jiiti.v1i1.266.

M. F. A. Muri, H. S. Utomo, and R. Sayyidati, “Search Engine Get Application Programming Interface,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 88–97, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.175.

Unity, “Transform.Rotate,” https:// docs.unity3d.com/ , 2023. https://docs.unity3d. com/ScriptReference/Transform.Rotate.html (diakses Mei. 1, 2025).

S. Maulana and T. Suryana, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Simulasi Produk Ubin Kepada Konsumen Toko Bahan Bangunan Berbasis Android,” JUPITER J. Penelit. Mhs. Tek. Dan Ilmu Komputer. , vol. 3, no. 1, pp. 20–27, 2023.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Muzakki, Y., Aprilia, A. ., & Ridwan, M. . (2025). DESAIN DOUBLE MARKER AUGMENTED REALITY INTERAKTIF PENGENALAN KLASIFIKASI JENIS MAKANAN HEWAN. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6793

Issue

Section

Articles