PENGARUH EVALUASI KEBERGUNAAN WEBSITE RESMI PEMERINTAH KOTA TOMOHON (tomohon.go.id): PENDEKATAN USABILITY TESTING UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6658Abstract Views: 49 File Views: 52
Abstract
Abstrak. Pemerintah menyediakan layanan publik berbasis digital yang efektif dan efisien. Berupa website resmi pemerintah daerah yang berfungsi sebagai media informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh usability terhadap kemudahan penggunaan website Pemerintah Kota Tomohon (tomohon.go.id) menggunakan lima indikator Jakob Nielsen: learnability, efficiency, memorability, error, dan satisfaction. Melalui pendekatan kuantitatif dengan sampel 100 responden, hasil menunjukkan usability berpengaruh signifikan terhadap kemudahan penggunaan dengan korelasi sangat kuat (73,9%). Seluruh indikator usability berada pada kategori baik, dengan learnability dan memorability memperoleh nilai tertinggi (4,47 dan 4,40 dari skala 5). Namun masih terdapat kekurangan seperti kecepatan akses lambat dan halaman yang tidak dapat diakses. Disarankan agar Diskominfo Kota Tomohon meningkatkan pengelolaan website, memperbaiki desain antarmuka, dan menambah fitur interaktif untuk meningkatkan kepuasan pengguna serta mendukung keterbukaan informasi publik dan pelayanan berbasis elektronik.
Abstract. The government provides efficient and effective digital-based public services, including official local government websites that function as information media. This research aims to analyze the influence of usability on ease of use of the Tomohon City Government website (tomohon.go.id) using Jakob Nielsen's five indicators: learnability, efficiency, memorability, error, and satisfaction. Through a quantitative approach with a sample of 100 respondents, results show that usability significantly affects ease of use with a very strong correlation (73.9%). All usability indicators fall into the good category, with learnability and memorability obtaining the highest scores (4.47 and 4.40 on a scale of 5). However, shortcomings remain, such as slow access speeds and inaccessible pages. It is recommended that the Communication and Information Department of Tomohon City improve website management, enhance interface design, and add interactive features to increase user satisfaction and support public information disclosure and electronic-based services.
Downloads
References
C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi /ICT Dalam Berbagai Bidang,” Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, vol. 2, no. 2, pp. 2746–1209, 2021.
M. K. Nurbaiti and Muhammad Faisal Alfarisyi, “Sejarah Internet di Indonesia,” 2023.
G. T. Piran, “Pengaruh Faktor Usability terhadap Kepuasan Pengguna pada Website UNIPA,” 2022. [Online]. Available: https://nusanipa.ac.id.
N. Nurlaila, N. Nurhasanah, and S. Bima, “Transformasi Digital Pelayanan Publik: Tantangan dan Prospek dalam Implementasi E-Government di Kabupaten Bima Zuriatin Zuriatin STKIP Taman Siswa Bima,” 2024.
F. Agustian and A. Yuliana, “APLIKASI CHATBOT PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS SEKRETARIAT DPRD KOTA CIMAHI),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5202.
D. R. T. L. Mandala and M. R. Fahlevvi, “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial di Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada,” Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, vol. 6, no. 1, pp. 147–173, Sep. 2024, doi: 10.33701/jtkp.v6i1.4514.
L. L. Chairunnisa, F. Habibi, R. Berthanila, B. Indonesia, F. Habibi2, and R. Berthanila3, “Analisis Penerapan Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Kota Serang,” JURNAL ILMU ADMINISTRSI NEGARA (AsIAN), vol. 11, 2023, doi: 10.47828/jianaasian.v11i1.158.
Bagus Rizky Prasetyo, Izzah Tazkiyah, Ainun Rizkyani Fadillah, Ruben Coda Sofiq Indonesiawan, and Muhammad Alroy, “EVALUASI APLIKASI E-TICKETING TIX ID DENGAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 80–89, Sep. 2022, doi: 10.33005/sitasi.v2i1.271.
W. Handiwidjojo and L. Ernawati, “Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit),” JUISI, vol. 02, no. 01, 2016.
B. Maula Sulthon, “Analisa Usability Testing Website Antara Information System Pada LKBN Antara,” RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi , vol. 4, no. 4, pp. 367–376, 2024, [Online]. Available: https://djournals.com/resolusi
Nielsen Jacob, Usability Engineering. 1993.
H. A. Yuana Putra and B. Waspodo, “EVALUASI USABILITY WEBSITE MATAJARI MENGGUNAKAN COGNITIVE WALKTHROUGH,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.4920.
R. Likert, “A Technique for the Measurement of Attitudes,” 1932.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.