PERANCANGAN APLIKASI BUKU LAGU PERAYAAN EKARISTI MINGGUAN PADA GEREJA KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS KAMBANIRU

Authors

  • Patrik Umbu Lapu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Rambu Yetti Kalaway Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Raynesta Mikaela Indri Malo Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6610

Abstract Views: 20 File Views: 12

Abstract

Pada era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, termasuk dalam bidang keagamaan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah perangkat berbasis Android yang menawarkan berbagai kemudahan, termasuk dalam menyediakan layanan lagu-lagu pujian untuk perayaan Ekaristi. Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius Kambaniru menghadapi tantangan dalam meningkatkan partisipasi jemaat dalam menyanyikan lagu pujian, terutama karena keterbatasan kepemilikan dan penggunaan buku lagu secara fisik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi buku lagu digital berbasis Android, yang menyajikan lirik dan audio dari 50 lagu yang diadopsi dari Madah Bakti. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan jemaat dalam mengakses lagu-lagu pujian sehingga dapat menunjang perayaan Ekaristi mingguan, khususnya dalam pelayanan lagu pujian di Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius Kambaniru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain dan perancangan sistem, implementasi, pengujian menggunakan black-box testing, serta evaluasi dengan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini telah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat menjadi inovasi baru dalam meningkatkan partisipasi jemaat dalam perayaan Ekaristi . 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, A.K.D.(2021). Media Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah Dan Budaya Berbasis Android Android-Based Media for Learning Regional Songs and Culture. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(1), 80–87.

Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies. The Physio logist, 49(3), 171–173.

Badrul, M. (2021). Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), 57–52. https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i2.3852

Hasibuan, L.H., & Maruf, K. (2020). Mobile Aplikasi Berbasis Android Untuk Sistem Usulan Publik Operasional Dan Pemiliharaan Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi, 14(1), 64–70.

Mekel, weliam jonatan, Sompie, S.R.., & Sugiarso, B. A. (2019). Jm _Informatika. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 455–464.

Rehiara, A.B. (2020). Perancangan Aplikasi Kidung Pujian Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer,9(3), 213–220.

Sipayung, S.R. (2017). Pelestarian Lagu-Lagu Gaya Etnik Sumatera Utara Melalui Buku Madah Bakti Di Gereja Santo Fransiskus Assisi Medan. https://digilib. unim ed.ac.id/id/e print/ 27791/

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategi Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048

Juhara, Z.P (2016). Panduan Lengkap Pemrograman Android : penerbit ANDI Yogyakarta

Lukas, A.A. (2024). Aplikasi Buku Mazmur dan 40 Nyanyian Rohani Berbasis Android Studi Kasus Gereja Bebas Sumba Timur.skripsi.Tidak diterbitkan. Fakultas Sains(FST). Universitas Kristen Wira wacana Sumba.

Multazam, M., Paputungan, I. V, & Susanto, B. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan Pendekatan User Centered Design.Universitas Islam Indonesia, 1, 1–8. https: //journal. uii.ac.id/ Automata/article/view/15528/10233

Nasution, A. A. (2023). Rancangan Media Pembelajaran Berupa Aplikasi “Augm ented Reality” Berbasis Android. Phys., 13(1), 104–116.

Paramudita, J. M., & Yasin, V. (2019). Perancangan Aplikasi Sistem Penyewaan Alat Berat (Studi Kasus: PT. Jaya Alam Sarana Jakarta). JISAMAR Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(1), 23–29.

Ridwan, M., Wiguna, D., & Rusmardiana, A. (2021). Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenalan Lagu Daerah di Indonesia Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 2(04), 604–611. https://doi. org/ 10.30998/jrami.v2i04.1693

Ronal, Yunita, & Yuliana. (2022). Desain Unified Modeling Language (UML) Dalam Perancangan Aplikasi Hauling Trip Di Industri Tambang Batubara. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informas, 9(4), 3038–3050. http://jurnal.mdp.ac.id

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Lapu, P. U., Kalaway, R. Y., & Indri Malo, R. M. (2025). PERANCANGAN APLIKASI BUKU LAGU PERAYAAN EKARISTI MINGGUAN PADA GEREJA KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS KAMBANIRU. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6610

Issue

Section

Articles