ANALISIS UI/UX TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN ONLINE DI SKILL ACADEMY MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6599Abstract Views: 80 File Views: 75
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada platform pembelajaran daring Skill Academy menggunakan metode Heuristic Evaluation. Skill Academy merupakan salah satu platform e-learning di Indonesia yang menyediakan pelatihan berbagai keterampilan. Meskipun materi pelatihan yang ditawarkan cukup variatif, efektivitas pembelajaran juga sangat dipengaruhi oleh kenyamanan dan kemudahan penggunaan antarmuka aplikasi. Dengan menggunakan sepuluh prinsip heuristik yang dikembangkan oleh Jakob Nielsen, penelitian ini mengidentifikasi kelemahan pada tampilan dan fungsionalitas sistem yang dapat mengganggu efektivitas proses belajar. Hasil evaluasi menunjukkan adanya beberapa aspek UI/UX yang masih perlu ditingkatkan, seperti Error Prevention, Recognition Rather than Recall, Flexibility and Efficiency of Use, Help and Documentation.Temuan ini memberikan rekomendasi bagi pengembang untuk memperbaiki desain antarmuka demi meningkatkan pengalaman belajar pengguna secara keseluruhan.Downloads
References
M. Mohzana, “Penerapan Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19,” Journal of Education and Instruction (JOEAI), vol. 6, no. 1, pp. 223–232, Jun. 2023, doi: 10.31539/joeai.v6i1.6069.
“Tentang Kami | Skill Academy by Ruangguru.” Accessed: May 04, 2025. [Online]. Available: https://skillacademy.com/info/about
A. Riyanto, R. Marlianita, and A. Julfah, “ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN TALLY COUNT PADA APLIKASI JAVA SUPPORT DI DEPARTEMEN WAREHOUSE CV. JAVA (JATI VISION RAYA) CIREBON DENGAN SISTEM HCI,” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, vol. 1, no. 2, pp. 40–45, Dec. 2023, doi: 10.38204/ekobima.v1i2.1612.
C. B. Romansya, H. Muslimah Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Ruang Guru dengan Metode Heuristic Evaluation,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
F. Nur Muhammad and A. Dwi Herlambang, “Evaluasi Desain Antarmuka Aplikasi Mobile BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Heuristic Evaluation,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
M. A. Hamid, N. I. Ifawati, M. A. Charis, and N. Qomari, “Penggunaan Aplikasi E-Learning ‘HATI’ dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri,” Arabi : Journal of Arabic Studies, vol. 8, no. 1, pp. 108–122, Jul. 2023, doi: 10.24865/ajas.v8i1.595.
D. Yulianto and A. S. Nugraheni, “Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 33–42, Mar. 2021, doi: 10.51454/decode.v1i1.5.
P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, Jul. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.
A. Karimullah, A. Rizal, and A. S. Y. Irawan, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI TRANSPORTASI PUBLIK BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4855.
A. Rachman, Y. A. D. Saputra, M. Hafidz, Z. A. I. Sugiman, and Y. Sahria, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI INTEGRASI TEKNOLOGI FINANSIAL ‘FIHUB’ MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3884.
J. Fernandes Andry, M. Clara, W. Chandra, M. Antonio, and D. Yurisca Bernanda, “User Interface Analysis of PeduliLindungi Application to Improve User Experience with The Heuristic Evaluation Method,” Journal Research and Development (ITJRD), vol. 8, no. 2, 2024, doi: 10.25299/itjrd.2024.12295.
A. Defrian, S. 1✉, and L. Rahmawati, “Implementasi SEO On-Page pada Artikel Website Skill Academy untuk Menempati Halaman 1 Google,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 5, pp. 2957–2968, 2025, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.