PERANCANGAN APLIKASI MOBILE LOST AND FOUND DI LINGKUNGAN KAMPUS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Gede Gilang Chandra Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra
  • Made Nia Naryantika

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6585

Abstract Views: 104 File Views: 99

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, masalah kehilangan barang di lingkungan kampus menjadi isu yang sering dihadapi. Kehilangan barang berharga seringkali menyebabkan keresahan dan kesulitan bagi pemiliknya untuk melacak kembali barang yang hilang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Lost and Found berbasis mobile yang dapat memfasilitasi pengguna dalam melaporkan dan menemukan barang hilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang mampu mengintegrasikan berbagai fitur penting, seperti pelaporan barang hilang/temuan, pencarian berdasarkan kata kunci dan lokasi, serta komunikasi langsung antara penemu dan pemilik barang. Pengujian fungsional juga menunjukkan bahwa semua fitur aplikasi berfungsi dengan baik. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dalam menangani masalah kehilangan barang di kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Dina Marwah Alfirahmi and D. S. Kania, “Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Dadang Yusup INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, pp. 219–233, 2023.

K. Dwi Utama, I. Made Ardwi Pradnyana, P. Yudia Pratiwi, J. Teknik Informatika, and K. Kunci, “Perancangan Aplikasi Go on Vacation Berbasis Mobile Dengan Metode User Centered Design Mobile-Based Go on Vacation Application Design Using User-Centered Design Method,” Aug. 2024.

L. Jurnal, I. Nyoman Tri Anindia Putra, and K. Sepdyana Kartini, “Rancang Bangun Sistem Informasi Eksekutif pada STMIK STIKOM Indonesia,” International Journal of Natural Sciences and Engineering, vol. 3, no. 3, pp. 122–129, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJNSE

P. Risma, E. Pande, N. Tri, A. Putra, N. Wayan, and S. Putri, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAJUAN KREDIT PADA BUM DESA BERSAMA SANTHI SEDANA,” Oct. 2020.

K. S. Kartini, N. Tri, and A. Putra, “RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID,” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 4, pp. 12–19, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

N. P. Anisa Marta and P. Yudia Pratiwi, “Perbaikan Pengalaman Pengguna Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha Menggunakan Metode Design Thinking,” 2023, Accessed: Apr. 09, 2023. [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Kk7AYpsPcoMC&citation_for_view=Kk7AYpsPcoMC:_FxGoFyzp5QC

K. W. Cahyadi, I. G. A. A. D. Indradewi, and P. Y. Pratiwi, “UI/UX Design for Mobile-based Sports Instructor Search Application ‘Befind’ using Design Thinking,” SISTEMASI, vol. 12, no. 3, p. 835, Sep. 2023, doi: 10.32520/stmsi.v12i3.2986.

A. Tristiaratri, A. Hendra Brata, and L. Fanani, “Perbandingan User Interface Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pesawat Online dengan Design Thinking,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Rachman and J. Sutopo, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PENGEMBANGAN UI/UX: TINJAUAN LITERATUR,” SemanTIK : Teknik Informasi, vol. 9, no. 2, p. 139, Dec. 2023, doi: 10.55679/semantik.v9i2.45878.

I. P. T. S. Pradipta and I. N. T. A. Putra, “IMPLEMENTASI DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI HARMONY BLOOD,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 2, Apr. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i2.6425.

S. Handayani, A. Prasetio, and R. R. Putra, “Desain UI/UX Aplikasi E-Commerce Kopi Berbasis Android Dengan Pendekatan Design Thinking,” 2024. [Online]. Available: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/7

A. Fauzan, “Rancang Bangun Aplikasi Penemuan dan Kehilangan Barang Berbasis Android,” 2023, Accessed: Apr. 27, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jamastika/article/view/2421/2017

N. Z. Haideal, A. Putra Kharisma, and F. Al Huda, “Pengembangan Sistem Informasi Barang Hilang Markas Komando Keamanan Universitas Brawijaya berbasis Progressive Web App,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

S. Milda Puspita and N. Apriyanti, “The UI/UX Design with Design Thinking Method for The University Complaint Website,” 2023.

L. Setiyani and E. Tjandra, “UI / UX Design Model for Student Complaint Handling Application Using Design Thinking Method (Case Study: STMIK Rosma Karawang),” May 2022. [Online]. Available: http://ijstm.inarah.co.id

I. P. T. S. Pradipta and I. N. T. A. Putra, “IMPLEMENTASI DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI HARMONY BLOOD,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 2, Apr. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i2.6425.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Gilang Chandra Wijaya, G., Tri Anindia Putra, I. N., & Nia Naryantika, M. (2025). PERANCANGAN APLIKASI MOBILE LOST AND FOUND DI LINGKUNGAN KAMPUS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6585

Issue

Section

Articles