ANALISIS SENTIMEN ULASAN GROWTOPIA DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGGUNA

Authors

  • Rafli Putra Setiawan STMIK IKMI Cirebon
  • Bambang Irawan STMIK IKMI Cirebon
  • Willy Prihartono Prihartono STMIK IKMI Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6415

Abstract Views: 299 File Views: 262

Abstract

Analisis sentimen memainkan peran penting dalam memahami bagaimana pengguna menilai aplikasi digital, termasuk game. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis sentimen pengguna terhadap game Growtopia di Google Play Store dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Sebanyak 2.000 ulasan berbahasa Indonesia dikumpulkan melalui proses web scraping. Tahapan preprocessing mencakup beberapa langkah penting, yaitu pembersihan teks, tokenisasi, penghapusan stopwords, dan stemming. Setelah itu, algoritma Naïve Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan ulasan tersebut ke dalam dua kategori: sentimen positif dan negatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa algoritma ini mampu memberikan akurasi yang baik dengan mendeteksi 27 ulasan sebagai true positive dan 456 ulasan sebagai true negative. Ulasan dengan sentimen positif umumnya menyoroti aspek kreativitas gameplay dan interaksi komunitas, sedangkan ulasan negatif banyak membahas masalah seperti bug, kendala saat login, dan koneksi yang tidak stabil. Temuan ini menegaskan bahwa metode Naïve Bayes efektif dalam menganalisis sentimen sekaligus memberikan masukan berharga bagi pengembang untuk meningkatkan kualitas permainan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rafli Putra Setiawan, STMIK IKMI Cirebon

Teknik Informatika

References

P. Aditya, A. Azzahra, and A. Wijaya, “Analisis Sentimen Pemain Subway Surf Melalui Metode Naive Bayes Menurut Ulasan Play Store,” Jurnal Simasi : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 267–275, 2023.

M. A. Nugroho, M. A. Nurwahid, K. M. Fauzan, L. Nurrahman, and F. Nopriani, “Peran E-business dalam Ekonomi Virtual Game Growtopia,” vol. 3, no. 1, pp. 45–51, 2024, doi: 10.33379/jusifor.v3i1.4438.

Hariatih & Sukardi, “Transformasi Digital Dalam Perekonomian Modern,” Jurnal PenKoMi:kajian pendidikan & Ekonomi, vol. 5, no. 1, pp. 62–74, 2022.

A. Kumar, R. Khorwal, and S. Chaudhary, “A survey on sentiment analysis using swarm intelligence,” Indian J Sci Technol, vol. 9, no. 39, 2016, doi: 10.17485/ijst/2016/v9i39/100766.

Primandani Arsi, Pungkas Subarkah, and Bagus Adhi Kusuma, “Analisis Sentimen Game Genshin Impact pada Play Store Menggunakan Naïve Bayes Clasifier,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 161–170, 2023, doi: 10.51903/juritek.v3i1.1962.

T. Suci Pania and R. Hidayati, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Klasifikasi Kecanduan Bermain Game online Pada Remaja Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Website,” Media Online, vol. 4, no. 5, pp. 2518–2526, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i5.1782.

K. Khadijah, N. Sabilly, and F. A. Nugroho, “Sentiment Analysis of League of Legends: Wild Rift Reviews on Google Play Using NaãVe Bayes Classifier,” Jurnal Ilmiah Kursor, vol. 12, no. 1, pp. 23–30, 2023, doi: 10.21107/kursor.v12i01.328.

Cep Lukman Rohmat, R. Rosdiana Ningsih, A. Rizki Rinaldi, and F. Fatturohman, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Pengguna Aplikasi Canva Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 2, pp. 2297–2302, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i2.9139.

M. R. A. Surya, Martanto, and U. Hayati, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Threads pada Google Play Store Menggunakan Multinomial Naive Bayes dan Support Vector Machine,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 3, pp. 75–80, 2024.

R. A. Saputra et al., “Analisis Sentimen Aplikasi Tokocrypto Berdasarkan Ulasan Pada Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 4, pp. 2028–2036, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i4.1707.

M. Gamma, A. Hakim, and F. Irwiensyah, “Analisis Sentimen Terhadap Ulasan Pengguna Pada Aplikasi BCA Mobile Menggunakan Metode Naïve Bayes,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 5, no. 4, pp. 911–921, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i4.5343.

X. Lian et al., “SingPro : a kno wledg e base pro viding single-cell prot eomic data,” no. October 2023, pp. 552–561, 2024.

H. F. Putro, R. T. Vulandari, and W. L. Y. Saptomo, “Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Pelanggan,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i2.500.

Poliandres Febrian Lasamahu, “Analisis Sentimen Pengguna Game Online Mobile Legends dengan Naïve Bayes,” Universitas Kristen Satya Wacana, 2021.

F. A. Rohmansyah and E. Poerwandono, “1,2 1 , 2,” vol. 7, 2024.

B. Pratama, “TRANSFORMASI DATA MENJADI INSIGHT : TEKNIK,” vol. 4, no. 5, pp. 1–19, 2024.

H. F. Putro, R. T. Vulandari, and W. L. Y. Saptomo, “Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Pelanggan,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i2.500.

T. Agustiranti, A. K. Izzati Kurdiana, B. Al Ghiffari, E. Dwi Juniar, and D. Gita Purnama, “Penerapan Naive Bayes Terhadap Sentimen Analisis Media Sosial Twitter Pengguna Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh),” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 7, no. 1, pp. 297–305, 2024, doi: 10.55338/jikomsi.v7i1.2946.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Setiawan, R. P., Irawan, B., & Prihartono, W. P. (2025). ANALISIS SENTIMEN ULASAN GROWTOPIA DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGGUNA. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6415

Issue

Section

Articles