PENERAPAN NAIVE BAYES UNTUK ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PELANGGAN DI LAZADA: STUDI KASUS TOKO MAWAR COLLECTION

Authors

  • Thariq Kemal Al Lutfani Stmik ikmi cirebon, JL.Perjuangan No.10 B Majasem Kec.Kesambi Kota Cirebon
  • Rini Astuti Stmik Likmi Bandung, JL. Ir H.Juanda No.96 Lebakgede, coblong, Bandung
  • Willy Prihartono Stmik ikmi cirebon, JL.Perjuangan No.10 B Majasem Kec.Kesambi Kota Cirebon
  • Ryan Hamonangan Stmik ikmi cirebon, JL.Perjuangan No.10 B Majasem Kec.Kesambi Kota Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6391

Abstract Views: 150 File Views: 139

Abstract

Penelitian ini memanfaatkan algoritma Naive Bayes untuk menganalisis sentimen ulasan pelanggan terhadap toko Baju Mawar Collection di platform Lazada.Hasil eksperimen menunjukkan bahwa model yang dikembangkan mencapai akurasi 94%, presisi 96%, recall 98%, dan F1-score 97%. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan Naive Bayes mampu secara efektif mengenali pola sentimen dalam ulasan data, meskipun terdapat kombinasi antara ulasan positif dan negatif. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Al Lutfani, T. K., Astuti, R., Prihartono, W., & Hamonangan, R. (2025). PENERAPAN NAIVE BAYES UNTUK ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PELANGGAN DI LAZADA: STUDI KASUS TOKO MAWAR COLLECTION. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6391

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>