PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE EDUKAMI (PLATFORM PEMBELAJARAN IT). MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6350Abstract Views: 370 File Views: 215
Abstract
Revolusi Industri 4.0 menmantik transformasi digital di sektor pendidikan, tetapi banyak platform pembelajaran IT masih mengalami kendala dalam navigasi, umpan balik, dan keterlibatan pengguna. Penelitian ini merancang tampilan UI/UX aplikasi Edukami mengimplementasikan metode Design Thinking dengan maksud meningkatkan pengalaman belajar. Melalui lima tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, penelitian ini mengidentifikasi masalah utama pengguna dan mengembangkan solusi dengan desain intuitif, sistem umpan balik real-time, serta elemen gamifikasi. Pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor 80,1 (Excellent), menunjukkan bahwa desain yang diterapkan meningkatkan kenyamanan dan efektivitas pengguna. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan Design Thinking dalam UI/UX dapat meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pengguna dalam platform pembelajaran IT
The Industrial Revolution 4.0 has driven digital transformation in education, yet many IT learning platforms struggle with navigation, feedback, and engagement. This study designs the UI/UX of Edukami using the Design Thinking method to enhance the learning experience. Through five stages—Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test—this study identifies key user issues and develops solutions with an intuitive design, real-time feedback, and gamification. Testing using the System Usability Scale (SUS) scored 80.1 (Excellent), indicating improved usability and effectiveness. The findings confirm that applying Design Thinking to UI/UX enhances user satisfaction and engagement in IT learning platform.
Downloads
References
A. Alimuddin, J. Niaga Siman Juntak, R. Ayu Erni Jusnita, I. Murniawaty, and H. Yunita Wono, “Nipa-Nipa Lama Antang No. 23 Makassar, Sulawesi Selatan 2 Universitas Kristen Teknologi Solo,” Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, vol. 05, no. 04, pp. 36–38, 2023.
A. P. Sari and M. Munir, “Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas,” Digital Transformation Technology, vol. 4, no. 2, pp. 977–983, Dec. 2024, doi: 10.47709/digitech.v4i2.5127.
Daffarizqy Prastowiyono, Muhammad Adzka, R. Bramaditya Ario Wirawisesa, and Wien Kuntari, “Perancangan dan Pengembangan Platform Kursus Coding Berbasis Digital untuk Mendukung Pembelajaran Teknologi,” Jupiter: Publikasi Ilmu Keteknikan Industri, Teknik Elektro dan Informatika, vol. 2, no. 6, pp. 164–175, Dec. 2024, doi: 10.61132/jupiter.v2i6.639.
P. W. Fu’adah and A. C. Padmasari, “Perancangan Desain UI (User Interface) pada Aplikasi Tailon,” J. Tanra, vol. 10, no. 1, pp. 45–52, 2023.
M. O. Nugroho and A. B. Cahyono, “PERANCANGAN UI/UX DIGITAL SIGNAGE UNTUK PENINGKATAN AKSES INFORMASI DI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UII,” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, vol. 11, no. 2, pp. 445–462, Oct. 2023, doi: 10.47668/edusaintek.v11i2.1037.
M. Aliffigo Yogatura, A. Voutama Sistem Informasi, U. H. Singaperbangsa Karawang Jl Ronggo Wahluyo, and K. Telukjambe Timur, “PERANCANGAN UI/UX UNTUK PLATFORM E-LEARNING KELAS FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FIGMA,” 2024.
I. A. Maosul, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENCARIAN PEKERJAAN DIDAMEL.ID MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4159.
S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, Jul. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
S. Aulia and Y. Syahidin, “Perancangan UI/UX dengan Metode Design Thinking Pada Shoekuna Shoe Laundry Berbasis Mobile,” 2023.
M. A. Prastiyo and J. Sundari, “Analisis dan Rancangan UI/UX pada PT. Sherindo Cargo dengan Metode Design Thinking dan SUS,” Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 14, no. 2, pp. 131–145, 2023.
P. Harumsari and H. Nawwar Fikri, “RANCANG INTERFACE UI / UX E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS SDN PASIR KAMUNING II),” 2024.
S. P. P. Dika and U. Chotijah, “Perancangan desain ui/ux aplikasi digital checksheet pada PT.Petrokimia Gresik menggunakan metode design thinking,” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, vol. 11, no. 2, pp. 119–134, Dec. 2022, doi: 10.31571/saintek.v11i2.4627.
M. I. Sain, M. A. Rizkiawan, M. A. M. Rahmat, and M. Sidik, “OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA: REDESIGN UI/UX WEBSITE SIMAKIP UHAMKA DENGAN METODE DESIGN THINKING.,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, 2025.
Y. Mulyani and M. Arif Muda, “Seminar Nasional Ilmu Teknik dan Aplikasi Industri (SINTA) Perancangan UI/UX Gamifikasi Aplikasi RP Jual-Beli Sampah Menggunakan Metoda Design Sprint,” 2022.
I. K. Wardani, P. Utomo, A. Budiman, and D. N. Amadi, “Pemanfaatan Metode Design Thinking dan Pengujian SUS untuk UI/UX Aplikasi Home Care Madiun Berbasis Android,” Journal of Computer and Information Systems Ampera, vol. 4, no. 2, 2023, doi: 10.51519/journalcisa.v4i2.399.