APLIKASI KOMPLAIN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TARAKAN JAKARTA

Authors

  • Heri Purnomo Universitas Nusa Mandiri
  • Fitra Septia Nugraha Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6296

Abstract Views: 146 File Views: 154

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi salah satu indikator penting dalam menilai kinerja Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta. Saat ini, sistem pengelolaan keluhan masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan keterlambatan dalam penanganan serta kurangnya transparansi dan akuntabilitas dalam penyelesaian keluhan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Aplikasi Komplain Online sebagai solusi digital yang memungkinkan pasien atau keluarga pasien melaporkan keluhan dengan lebih mudah dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan prototyping, dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan evaluasi sistem. Aplikasi ini dikembangkan berbasis web dan mencakup fitur pelaporan keluhan, pemantauan status keluhan secara real-time, serta eskalasi ke pihak terkait. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat meningkatkan efisiensi dalam menangani keluhan pasien, mempercepat waktu respon, dan meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan RSUD Tarakan Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi,” Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, no. 879, p. 60, 2022.

A. Aghivirwiati , Gusti Ayu Juliawati, Poniah Lumbanraja, Thorman Qosim, Nanang Sofyanty, Devy Dewiningrat, Ayu Indira Kismanto, Joko Munim, Abdul Noviana and D. F. E. R. . Liow, MANAJEMEN KUALITAS. Cendikia Mulia Mandiri, 2022.

Y. L. Putri and H. Utomo, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa),” vol. 10, pp. 70–90, 2017, [Online]. Available:https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/147/137

F. Tjiptono, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

H. Sukri, A. David, F. Adiputra, and A. Bardadi, Pengembangan Aplikasi Berbasis WEB. Malang: Media Nusa Creative, 2023. [Online]. Available:https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Aplikasi_Berbasis_Web/7rruEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=framework+adalah&pg=PA19&printsec=frontcover

D. Arifin, Pengenalan Web GIS Menggunakan Geoserver, Pertama. Bandung: CV Cendekia Press, 2019. [Online]. Available:https://www.google.co.id/books/edition/Pengenalan_WEB_GIS_Menggunak an_Geoserver/bt8MEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=definisi+web+server&pg=PA20&printsec=frontcover

Suhendri and D. Susanti, Desain User Interface (UI)/User Experience (UX) Menggunakan Figma. PT. Adab Indonesia, 2024. [Online].

Available:https://www.google.co.id/books/edition/Desain_User_Interface_UI_User_Experience/y6c4EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=user+interface+adalah&pg=PA97&printsec=frontcover

I. P. Sari, Buku Ajar Pemrograman Internet Dasar (Pemrograman WEB). Medan: UMSU PRESS, 2022. [Online].

Available:https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Pemrograman_Internet_Dasar_Pem/ruM3EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=PHP+(Hypertext+Preprocessor)+adalah&pg=PA161&printsec=frontcover

Jubilee, Mengenal PHP Menggunakan Framework Laravel. PT. Elex Media Komputindo, 2016. [Online].

Available:https://www.google.co.id/books/edition/Mengenal_PHP_Menggunakan_Framework_Laravel/-4lKDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Diki Candra Permana Yuda, Agung Susilo Yuda Irawan and E.Haodudin Nurkifli, 2024. Rancang Bangun Sistem Point Of Sales Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel Pada Percetakan Radjawali Digital Printing. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(3).

S. Mulyani, Metode Analisis dan Perencanaan Sistem, Kedua. Bandung: Abdi Sistematika, 2016. [Online].

Available:https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Analisis_dan_Perancangan_Sistem/SbrPDgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+prototyping+analisis+kebutuhan,+desain+cepat,+membangun+prototype,+evaluasi+pengguna+dan+perbaikan+prototype&printsec=frontcover

K. Ario Tri Wibowo and N. Rochman Naafian, “Perancangan Sistem Informasi Penananganan Komplain Mahasiswa Di Universitas Sebelas Maret Surakarta,” Indones. J. Inf. Technol. Comput., vol. 3, no. 1, pp. 2798–9216, 2023, [Online].

Available:https://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Purnomo, H., & Nugraha, F. S. (2025). APLIKASI KOMPLAIN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TARAKAN JAKARTA. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6296

Issue

Section

Articles