TRAINER PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA BERBASIS IOT PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6217Abstract Views: 160 File Views: 155
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu media yang efisien untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan serta efektivitas media pembelajaran dan jobsheet instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT di SMK Negeri 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Produk akhir yang dihasilkan berupa media trainer dan jobsheet pembelajaran instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT yang diuji tingkat kelayakannya oleh lima ahli media dan ahli materi, serta produk diuji coba kepada 24 peserta didik kelas XI TITL 2 sebagai pengguna. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes pengetahuan awal peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media trainer dan jobsheet pembelajaran instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT dinilai sangat layak digunakan. Hasil penilaian yang didapatkan dari ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,3, dengan rentang skor x ≥ 78, pada kategori "Sangat Layak". Hasil tingkat kelayakan jobsheet pembelajaran oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 101, dengan rentang skor x ≥ 84, pada kategori "Sangat Layak". Penilaian dari peserta didik didapatkan hasil nilai rata-rata keseluruhan 90,45 untuk media trainer dan jobsheet pembelajaran, dengan rentang skor x ≥ 81, dengan kategori "Sangat Layak". Tingkat efektivitas media trainer dan jobsheet diuji menggunakan metode n-gain. Hasil tingkat efektivitas media dan jobsheet memperoleh nilai sebesar 0,7073, yang berada pada interval n-gain > 0,70, atau tergolong dalam kategori "Efektivitas Tinggi".
Downloads
References
Departemen Pendidikan & Kebudayaan, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 15, tentang Sekolah Menegah Kejuruan.,” Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan., 2003.
L. H. Saputra and Ta’ali, “Pengembangan Trainer Smart Building Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 04, no. 02, pp. 487–496, 2023.
M. R. Firdaus, Joko, Munoto, and W. Aribowo, “PENGEMBANGAN TRAINER PENGENDALI PENGASUTAN DAN PENGEREMAN DINAMIK MOTOR LISTRIK AC 3 FASA BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) MENGGUNAKAN ESP32 DENGAN INTERFACE APLIKASI BLYNK DI KELAS XI TITL SMKN 1 DRIYOREJO,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 11, no. 01, pp. 11–21, 2022.
A. Banjardana, M. Aulia, and M. Putra, “Trainer mikroprosesor berbasis internet of things sebagai media pembelajaran di Universitas Teknologi Sumbawa,” Renewable Energy Technologies Journal (REnTECHS), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.uts.ac.id/index.php/rentechs.
KEPMENAKER, “Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 300 Tahun 2020 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja nasional Indonesia kategori informasi dan komunikasi golongan pokok telekkomunikasi bidang Internet OF Things,”,” Kepmenaker, 2020.
R. Harimurti, A. B. Santosa, N. Kholis, and L. N. Ifani, “PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER ARDUINO UNO BERBASIS IOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK DI SMKN 1 JETIS,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 10, no. 03, pp. 357–365, 2021.
A. A. Pangestu, Joko, T. Rijanto, and E. Ismayati, “PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 3 FASA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK SISWA SMK KELAS XI TITL DI SMK NEGERI 3 SURABAYA,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 12, no. 01, pp. 69–77, 2023.
T. Hidayat, “Rancang Bangun Smart Meter Berbasis IoT Untuk Aplikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Microgrid,” Jurnal Teknik Elektro ITP, vol. 8, no. 2, pp. 87–92, Jul. 2019, doi: 10.21063/jte.2019.3133816.
H. B. Nurjaman and T. Purnama, “Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sebagai Solusi Energi Terbarukan Rumah Tangga,” Jurnal Edukasi Elektro, vol. 6, no. 2, pp. 136–142, 2022, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jee.
R. Nandika and P. Gunoto, “PEMANFAATAN SEL SURYA 50 Wp PADA LAMPU PENERANGAN RUMAH TANGGA DI DAERAH HINTERLAND,” Sigma Teknika, vol. 1, no. 2, pp. 185–195, 2018.
T. Nurrita, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA,” MISYKAT, vol. 03, no. 01, pp. 171–187, 2018.
I. Magdalena, TULISAN BERSAMA TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN SD. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI, 2021.
G. F. Wiridiansyah et al., “Evaluasi Keamanan Kunci Elektronik dalam Aplikasi Pengamanan Rumah,” Jurnal Angka, vol. 1, no. 1, pp. 17–31, 2024, [Online]. Available: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/angka.
A. R. Azhar, D. A. Setiawan, N. A. A. Yasmin, T. A. Putri, and G. F. Nama, “SISTEM MONITORING KAPASITAS AIR DAN PENGISIAN OTOMATIS BERBASIS IOT MENGGUNAKAN MODUL ESP8266,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3966.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kalitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2017.
Hanafi, “KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN,” Jurnal Kajian Keislaman, vol. 4, no. 2, pp. 129–150, 2017, [Online]. Available: http://www.aftanalisis.com.
R. M. Branch, Instructional design: The ADDIE approach. Springer US, 2009. doi: 10.1007/978-0-387-09506-6.
Hanafi, “KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN,” Jurnal Kajian Keislaman, vol. 4, no. 2, pp. 129–150, 2017, [Online]. Available: http://www.aftanalisis.com.
E. W. Winarni, TEORI DAN PRAKTIK PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF PENELITIAN TIDAKAN KELAS (PTK) RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D), 1st ed., vol. 1. Jakarta: PERPUSTAKAAN NASIONAL:BUMI AKSARA, 2021.
W. Oktiningrum and L. I. Rahayu, “Pengembangan Instrumen Soal HOTS pada Materi Operasi Hitung Bilangan ulat Positif untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas II SDN 3 Kademangan,” Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022, [Online]Available: https://ejournals.itda .ac.id/index. php/cakrawala/
D. Mardapi, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan, 2nd ed. Yogyakarta: Parama Publishing, 2017.
D. E. Meltzer, “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a possible ‘hidden variable’ in diagnostic pretest scores,” Am J Phys, vol. 70, no. 12, pp. 1259-1268., 2002.
S. Indriyanto, E. Permata, and M. Fatkhurrokhman, “Pengembangan media pembelajaran trainer instalasi listrik mata pelajaran instalasi penerangan listrik,” TAMAN VOKASI, vol. 8, no. 1, p. 96, Jun. 2020, doi: 10.30738/jtv.v8i1.6844.
T. Nurseto, “MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK,” Jurnal Ekonomi & Pendidikan, vol. 08, no. 01, pp. 19–35, 2011.
A. Bachtiar and A. Warman, “Perancangan Trainer Instalasi Penerangan Sebagai Media Pengembangan Instalasi Listrik,” JURNAL TEKNIK ELEKTRO ITP, vol. 8, no. 2, pp. 116–121, 2019, doi: 10.21063/JTE.2018.3133820.
A. Arianto, P. Putra, T. Wrahatnolo, and W. Aribowo, “PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 3 FASA GEDUNG BERTINGKAT BERBASIS ‘SMART BUILDING’ PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMKN 1 DRIYOREJO,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 10, no. 03, pp. 347–356, 2021.
R. B. Cahyadi, “PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK PROGRAM KETERAMPILAN ELEKTRONIKA DI MAN KENDAL,” Edu Elektrika, vol. 3, no. 2, pp. 8–15, 2014, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduel
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.