PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID “GURUGPT” PENDUKUNG TOPIK DISKUSI PEMBELAJARAN GURU SMP MENGGUNAKAN ALGORITMA CHAIN OF THOUGHT (COT) PROMPTING
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6137Abstract Views: 89 File Views: 85
Abstract
Seiring dengan berkembangnya teknologi, potensi untuk mencari sumber pembelajaran tidak lagi hanya berfokus kepada guru dan buku, tetapi dapat menggunakan media agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Kondisi ini menjadikan teknologi sebagai suatu kunci untuk dipelajari baik oleh guru maupun peserta didik sebagai persiapan menghadapi pembelajaran masa ini. Salah satu alat yang dapat membantu kegiatan belajar dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan dari hadirnya ChatGPT, sebuah robot atau chatbot yang memanfaatkan kecerdasan buatan yang mampu melakukan interaksi dan membantu manusia dalam mengerjakan berbagai tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang seberapa ampuh topik diskusi yang digunakan saat kegiatan belajar mengajar dan nantinya topik tersebut akan dibuat oleh ChatGPT terhadap kegiatan diskusi antara guru dan peserta didik SMP, serta penggunaan prompt mana yang dapat membuat guru mendapatkan topik diskusi pembelajaran tersebut. Dalam hal ini, penggunaan algoritma Chain of Thought diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap respon ChatGPT agar lebih mudah dimengerti oleh pengguna aplikasi. Hasil dari survei kelayakan sistem menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan penilaian skala likert pada guru SMP Al-Fattah menunjukkan nilai rata-rata 83,4%, sehingga aplikasi ini dapat dikategorikan Sangat Layak.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-04-10
How to Cite
Ibadurrahim, D. R., Atmaja, P. W., & Sugiarto, S. (2025). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID “GURUGPT” PENDUKUNG TOPIK DISKUSI PEMBELAJARAN GURU SMP MENGGUNAKAN ALGORITMA CHAIN OF THOUGHT (COT) PROMPTING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6137
Issue
Section
Articles