PENDEKATAN DESIGN THINKING DALAM MERANCANG APLIKASI EDUKASI DAN TRANSAKSI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5838Abstract Views: 396 File Views: 356
Abstract
Masalah penumpukan sampah rumah tangga di Indonesia memerlukan solusi inovatif untuk mendukung pengelolaan yang lebih baik dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe aplikasi pengelolaan sampah rumah tangga, TONG HAUS, menggunakan metode design thinking. Tahapan penelitian meliputi empathize untuk memahami kebutuhan pengguna, define untuk merumuskan masalah utama, ideate untuk menghasilkan ide solusi, prototype untuk membuat antarmuka interaktif, dan test untuk mengevaluasi kegunaan aplikasi. Prototipe aplikasi dirancang dengan fitur utama, seperti edukasi pengelolaan sampah, transaksi penjualan sampah daur ulang, dan jadwal pengambilan sampah. Pengujian dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan skor rata-rata 74, yang menunjukkan tingkat kegunaan cukup tinggi. Hasil pengujian memberikan wawasan untuk perbaikan desain sebelum aplikasi dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan design thinking efektif dalam menciptakan solusi berbasis teknologi yang relevan dan berkelanjutan. Implikasi dari penelitian ini adalah menyediakan platform yang tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga mendukung masyarakat dalam praktik pengelolaan sampah yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
Downloads
References
A. Kartika, “PERAN GENERASI Z DALAM PENGUATAN LITERASI PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA MALANG,” KOMUNITAS, vol. 14, no. 1, pp. 83–99, Jun. 2023, doi: 10.20414/komunitas.v14i1.7238.
Tatik Muflihah, Nailul Authar, Muhammad Zarkasih Noer, Yusuf Muhammad, and Muhammad Safiudin, “Membangun Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Melalui Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Desa Weru Kabupaten Jombang,” SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2021, vol. 1, no. 1, pp. 1100–1106, Apr. 2022, doi: 10.33086/snpm.v1i1.926.
R. Riswan, H. R. Sunoko, and A. Hadiyarto, “PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KECAMATAN DAHA SELATAN,” Jurnal Ilmu Lingkungan, vol. 9, no. 1, p. 31, Feb. 2012, doi: 10.14710/jil.9.1.31-38.
R. N. Bustan, M. D. Irawan, N. F. R. Haryanto, and P. Syafitri, “Pengadaan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) Sebagai Upaya Mewujudkan Kampung Bersih,” Surya Abdimas, vol. 6, no. 4, pp. 709–717, Oct. 2022, doi: 10.37729/abdimas.v6i4.2326.
N. Puspitasari, N. Hidayat, and I. K. Setyawati, “Ecopreneurship Berbasis Pengelolaan Sampah dan Penciptaan Nilai Tambah Ekonomi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, Feb. 2022, doi: 10.54099/jpma.v1i1.67.
Y. Puspitawati and M. Rahdriawan, “Kajian Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kelurahan Larangan Kota Cirebon,” JURNAL PEMBANGUNAN WILAYAH & KOTA, vol. 8, no. 4, p. 349, Sep. 2012, doi: 10.14710/pwk.v8i4.6490.
M. A. Rasendriya, K. R. Fauzi, J. A. Puspita Sari, R. A. Sinaga, and R. D. Mandasari, “INTEGRASI GAMIFIKASI DALAM APLIKASI SAMPAH TUKAR: DESAIN UI/UX UNTUK PERTUKARAN SAMPAH DENGAN MATA UANG DIGITAL,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3877.
P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, Jul. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.
K. Sapanli, F. A. D. Putro, S. D. Arifin, A. H. Putra, H. A. Andamari, and U. Anggraini, “Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Circular Economy di Tingkat Desa: Pendekatan Sistem Dinamik,” Jurnal Wilayah dan Lingkungan, vol. 11, no. 2, pp. 141–155, Aug. 2023, doi: 10.14710/jwl.11.2.141-155.
S. I. Febrianti, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENGELOLAAN SAMPAH (BANGSA) BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 11, no. 2, pp. 183–189, Sep. 2024, doi: 10.30656/prosisko.v11i2.8373.
M. Fajar Nadillah and A. Voutama, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI DAUR ULANG SAMPAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 3, pp. 2663–2671, May 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9544.
T. Setiana Putra and Hadiansyah Ma’sum, “Perancangan UI UX Aplikasi Jemput Sampah Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” Informatech : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 77–84, May 2024, doi: 10.69533/6x7snk75.
A. Haidar Luthfi and I. Arfiani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Sampahocity Menggunakan Pendekatan UCD (User Centered Design),” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 7, no. 1, pp. 24–36, Jan. 2024, doi: 10.55338/jikomsi.v7i1.2175.
Y. Febriyanto, P. Sukmasetya, and M. Maimunah, “Implementasi Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Rumah Sampah Digital Banjarejo,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 3, pp. 936–947, Apr. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i3.3135.
R. Wulandari, F. Nurdiansyah, M. Hasbani, A. Y. Prasetya, and T. Desyani, “Pengujian pada Aplikasi ‘Kembaliin’ Berbasis Mobile Application/Android dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 2, p. 182, Jun. 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i2.5372.
D. Tresnawati and A. A. Budiman, “Game Edukatif Pengelolaan Sampah Menggunakan Digital Game Based Learning-Instructional Design,” Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, pp. 523–530, Mar. 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.18-2.834.
R. A. Grier, A. Bangor, P. Kortum, and S. C. Peres, “The System Usability Scale,” Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, vol. 57, no. 1, pp. 187–191, Sep. 2013, doi: 10.1177/1541931213571042.



