RANCANG BANGUN QUADCOPTER MODULAR SEBAGAI WAHANA PEMBAWA BANNER
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5751Abstract Views: 152 File Views: 103 File Views: 0
Abstract
Quadcopter memiliki potensi besar dalam periklanan luar ruangan , tetapi membawa banner sebagai beban dinamis menghadirkan tantangan yang signifikan, termasuk gangguan stabilitas, efisiensi operasional, dan keterhubungan aerodinamika. Desain quadcopter konvensional belum optimal untuk menangani karakteristik banner yang besar dan dinamis, sehingga diperlukan solusi modular yang fleksibel untuk meningkatkan kinerja penerbangan dalam berbagai kondisi beban. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap: desain modular quadcopter yang fokus pada sinkronisasi dan aerodinamika , perakitan dengan komponen seperti Pixhawk 2.4.8 dan motor T-Motor MN3510, serta pengujian kestabilan penerbangan menggunakan data giroskop dalam tiga skenario. Analisis data meliputi mean, standar deviasi, dan jangkauan untuk menyalakan kestabilan penerbangan.Hasil menunjukkan bahwa tanpa banner, quadcopter memiliki kestabilan optimal dengan standar deviasi terkecil. Penggunaan banner satu tali meningkatkan variabilitas, sementara konfigurasi dua tali menunjukkan kestabilan yang lebih baik, dengan nilai rata-rata giroskop mendekati nol pada semua sumbu. Desain modular memungkinkan quadcopter membawa banner secara stabil dalam berbagai kondisi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa desain modular memungkinkan ketinggian dan kestabilan optimal untuk membawa banner, terutama pada konfigurasi dua tali. Diperlukan kontrol yang lebih ketat untuk mengurangi penyimpangan pada sumbu tertentu. Solusi ini menawarkan peluang baru dalam aplikasi periklanan outdoor menggunakan teknologi quadcopter secara efisien.Downloads
References
F. Ahmed, J. C. Mohanta, A. Keshari, and P. S. Yadav, “Recent Advances in Unmanned Aerial Vehicles: A Review,” Arab. J. Sci. Eng., vol. 47, no. 7, pp. 7963–7984, 2022, doi: 10.1007/s13369-022-06738-0.
F. T. Hartadi, B. A. Wicaksana, H. Saputro, and A. S. Priambodo, “Sistem Kendali Fuzzy Untuk Robot Mobile: Studi Kasus Pelacakan Objek Bergerak Menggunakan Simulasi Webots,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, pp. 2050–2060, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4608.
F. Akasheh et al., “Additive Manufacturing-Enabled Modular Drone Design Development by Multidisciplinary Engineering Student Team,” ASEE Annu. Conf. Expo. Conf. Proc., no. December, 2022, doi: 10.18260/1-2--42122.
I. Mandaya, “( Unmanned Aerial Vehicle ) Untuk Identifikasi Dan Klasifikasi Jenis - Jenis Kerusakan Jalan,” vol. 14, no. 3, pp. 162–172, 2020.
S. Saffanah, K. Wijayanto, and A. R. Al Tahtawi, “Prosiding SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan) Sistem Kendali Kestabilan Quadcopter dengan Navigasi Manual Berbasis Pengendali PID,” Semnastera, pp. 93–98, 2020.
K. Y. Us, A. Cevher, M. Sever, and A. Kirli, “On the Effect of Slung Load on Quadrotor Performance,” Procedia Comput. Sci., vol. 158, pp. 346–354, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.09.061.
N. Mohamed, J. Al-Jaroodi, I. Jawhar, A. Idries, and F. Mohammed, “Unmanned aerial vehicles applications in future smart cities,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 153, no. February, pp. 0–1, 2020, doi: 10.1016/j.techfore.2018.05.004.
M. A. da Silva Ferreira, M. F. T. Begazo, G. C. Lopes, A. F. de Oliveira, E. L. Colombini, and A. da Silva Simões, “Drone Reconfigurable Architecture (DRA): a Multipurpose Modular Architecture for Unmanned Aerial Vehicles (UAVs),” J. Intell. Robot. Syst. Theory Appl., vol. 99, no. 3–4, pp. 517–534, 2020, doi: 10.1007/s10846-019-01129-4.
D. W. Santoso and W. E. Saputra, “Analisis statik kekuatan struktur pesawat UAV vertical take off-landing VX-2,” Conf. Senat. STT Adisutjipto Yogyakarta, vol. 6, pp. 5–18, 2020, doi: 10.28989/senatik.v6i0.422.
M. R. Prasanta, M. Y. Pranata, M. A. Firnanda, and S. Sendari, “Rancang Bangun Quadcopter Drone Untuk Deteksi Api Menggunakan YOLOv4,” Cyclotron, vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.30651/cl.v5i1.10013.
A. Bin Junaid, A. D. D. C. Sanchez, J. B. Bosch, N. Vitzilaios, and Y. Zweiri, “Design and implementation of a dual-axis tilting quadcopter,” Robotics, vol. 7, no. 4, pp. 1–20, 2018, doi: 10.3390/robotics7040065.
S. Bari, S. S. Zehra Hamdani, H. U. Khan, M. U. Rehman, and H. Khan, “Artificial neural network based self-tuned PID controller for flight control of quadcopter,” 2019 Int. Conf. Eng. Emerg. Technol. ICEET 2019, no. August, pp. 1–5, 2019, doi: 10.1109/CEET1.2019.8711864.
D. Ho, J. Linder, G. Hendeby, and M. Enqvist, “Mass estimation of a quadcopter using IMU data,” 2017 Int. Conf. Unmanned Aircr. Syst. ICUAS 2017, pp. 1260–1266, 2017, doi: 10.1109/ICUAS.2017.7991417.
M. Marzband, S. S. Ghazimirsaeid, H. Uppal, and T. Fernando, “A real-time evaluation of energy management systems for smart hybrid home Microgrids,” Electr. Power Syst. Res., vol. 143, no. 0, pp. 624–633, 2017, doi: 10.1016/j.epsr.2016.10.054.
R. Hadidi, B. Asgari, S. Jijina, A. Amyette, N. Shoghi, and H. Kim, “Quantifying the design-space tradeoffs in autonomous drones,” Int. Conf. Archit. Support Program. Lang. Oper. Syst. - ASPLOS, pp. 661–673, 2021, doi: 10.1145/3445814.3446721.
V. Sindhwani, H. Sidahmed, K. Choromanski, and B. Jones, “Unsupervised Anomaly Detection for Self-flying Delivery Drones,” Proc. - IEEE Int. Conf. Robot. Autom., pp. 186–192, 2020,