RANCANG BANGUN MEDIA INFORMASI LABORATORIUM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5648Abstract Views: 193 File Views: 120
Abstract
Masih banyak laboratorium yang menggunakan metode konvensional dalam menyediakan informasi, seperti papan pengumuman yang sering kali sulit untuk diperbarui secara cepat dan efisien. Selain itu, kurangnya interaksi dan pengalaman personalisasi dalam penyampaian informasi juga dapat mengurangi efektivitas pemahaman materi dan kesadaran tentang keselamatan serta etika laboratorium. Teknologi Near Field Communication (NFC) adalah salah satu solusi modern yang menarik perhatian untuk mengatasi kendala ini. NFC adalah metode komunikasi nirkabel yang memungkinkan berbagi data antara dua perangkat yang berdekatan. Pengguna hanya perlu mendekatkan perangkat Android mereka ke tag NFC yang telah dipasang untuk mendapatkan informasi tersebut. Selain itu, informasi juga dapat lebih mudah diperbarui melalui perangkat smartphone. Sistem ini dibagi menjadi dua berdasarkan penggunanya, yaitu pengunjung dan admin. Untuk pengunjung, sistem melakukan pengambilan Unique Identifier (UID) melalui identifikasi tag NFC dan menampilkan informasi laboratorium jika UID sesuai dengan yang ada di web service. Pengguna admin memiliki akses untuk pengelolaan data seperti tambah, edit, dan hapus data. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa sistem berfungsi dengan baik dalam berbagai kondisi dan skenario penggunaan. Aplikasi ini mendeteksi tag NFC secara akurat pada jarak maksimal 1,5 cm, dan waktu respon yang cepat, yaitu sekitar 0,256 detik untuk memproses dan menampilkan informasi setelah tag NFC dipindai. Hasil validasi menunjukkan bahwa sistem ini dapat diandalkan serta memenuhi kebutuhan informasi laboratorium dengan efisien, memberikan pengalaman yang lebih personal dan interaktif dalam penyampaian informasi.Downloads
References
R. Aisuwarya, M. H. Hersyah, R. E. Putri, R. Ferdian, and F. Fatimah, “Implementasi Teknologi NFC untuk Recording Data Sapi Perah Kelompok Tani Lembu Alam Serambi Kota Padang Panjang,” Journal of Approriate Technology for Community Services, vol. 1, no. 2, pp. 74–81, Jun. 2020, doi: 10.20885/jattec.vol1.iss2.art3.
Muhamad Hamzah Mushaddiq, Rendy Munadi, and Arif Indra Irawan, “Implementasi Near Field Communication (NFC) pada Smartphone Untuk Pengamanan Ruangan Server,” e-Proceeding of Engineering, vol. 6, no. 2, pp. 4054–4061, Aug. 2019.
M. Krisnanda, “Penggunaan Teknologi Near Field Communication pada Telepon Seluler untuk Makro Payment dan Loyalty Management,” Jurnal Informatika, vol. 7, pp. 27–37, 2011.
R. Dian Anggraeni and R. Kustijono, “Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android,” Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), vol. 3, no. 1, p. 11, Jun. 2013, doi: 10.26740/jpfa.v3n1.p11-18.
T. H. F. Harumy and M. L. Julham Sitorus, “Sistem Informasi Absensi Pada Pt. Cospar Sentosa Jaya Menggunakan Bahasa Pemprograman Java,” Jurnal Teknik Informartika, vol. 5, no. 1, pp. 63–70, 2018.
T. M. Zakaria, “Implementasi Arsitektur Multitier dengan Web Service pada Sistem Penilaian Rapor di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bumijawa,” 2013.
M. F. A. Muri, H. S. Utomo, and R. Sayyidati, “Search Engine Get Application Programming Interface,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 88–97, 2019.
A. Kananta and R. P. Kristianto, “Pengujian Website Steam Menggunakan Blackbox Testing dan Selenium IDE Berbasis Manual dan Automation Testing,” 2024.
R. Gunawan, “Blackbox Testing on Virtual Reality Gamelan Saron Using Equivalence Partition Method,” Jurnal Buana Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 11–19, 2023.
Abdul Rahman and Eka Puji Widyanto, “Implementasi NFC Tag Sebagai Identifikasi Id Sapi Berbasis Android untuk Perekaman Data Pertumbuhan Ternak Sapi Potong,” Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), pp. 146–152, Mar. 2021.
V. Yesmaya and D. Darmawan, “Implementasi NFC sebagai media untuk transaksi pembayaran berbasis mobile,” Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 7, pp. 280–286, 2013.
M. (Muhammad) Rifqi and N. K. (Nia) Wardhani, “Aplikasi Peran dan Kegunaan Teknologi Near Field Communication (Nfc) terhadap Kegiatan Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi,” Jurnal Ilmu Teknik Dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2017, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/237558
R. Ramaita, A. Armaita, and P. Vandelis, “Hubungan Ketergantungan Smartphone Dengan Kecemasan (Nomophobia),” Jurnal Kesehatan, vol. 10, no. 2, p. 89, 2019, doi: 10.35730/jk.v10i2.399.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 2, pp. 208–219, 2020.
A. Fahrezi, F. N. Salam, G. M. Ibrahim, R. R. Syaiful, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Inventori Barang Berbasis Web di PT. AINO Indonesia,” Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2022.
I. Neforawati, M. I. Fareza, and V. Juniarti, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Absensi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Menggunakan Teknologi NFC pada Android,” Jurnal Poli-Teknologi, vol. 14, no. 2, Jan. 2016, doi: 10.32722/pt.v14i2.740.
Herniyanti, M. A. F. Hafidin, E. Prasetya, Shabrina, R. Dewi, and V. Z. Kamila, “Analisis Perilaku Desainer dalam Memanfaatkan Software Figma untuk Mendesain,” Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI), vol. 1, no. 2, pp. 100–108, Nov. 2022, doi: 10.30872/atasi.v1i2.374.
Fatih Naufal Avila Hakim, “NFC Enabled Device Potential Threat as E-payment (Potensi Ancaman Keamanan pada Perangkat NFC),” 2022.