ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMBERITAAN HASIL REKAPITULASI PEMILU PRESIDEN 2024 PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER

Authors

  • M Riswan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aji Primajaya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Susilo Yuda Irawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5559

Abstract Views: 487 File Views: 326

Abstract

Media sosial Instagram, dengan lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia yang didominasi kelompok usia produktif, telah menjadi platform utama dalam penyebaran informasi dan pembentukan opini publik terkait hasil rekapitulasi pemilu presiden 2024. Tantangan muncul terkait penyebaran informasi yang belum terverifikasi dan polarisasi pendapat yang dapat mempengaruhi stabilitas politik pasca pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkategorikan sentimen masyarakat terhadap hasil rekapitulasi pemilu presiden 2024 di Instagram serta menerapkan metode naive bayes untuk klasifikasi sentimen. Metodologi Knowledge Discovery in Database (KDD) diterapkan melalui tahapan data Selection, preprocessing, transformation, data mining dengan naive bayes classifier, dan evaluation. Data diambil sekitar 2000 komentar pada unggahan berita terkait hasil rekapitulasi pemilu di akun media massa terpercaya seperti kompastv, metrotv, dan tvonenews menggunakan tools scraping phantombuster. Hasil evaluasi menunjukkan algoritma naive bayes classifier memiliki rata-rata accuracy 75%, precision 75%, recall 74%, dan F1-score 74%, dengan skenario pembagian data 90:10 memberikan performa terbaik (accuracy 76%, precision 77%, recall 75%, F1-score 75%). Analisis sentimen mengungkapkan dominasi sentimen negatif sebesar 54,4% dalam komentar terkait hasil Pemilu 2024. Temuan ini bermanfaat untuk evaluasi respons masyarakat dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat oleh pemerintah dan lembaga terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Statista, "Share of Instagram Users by Age Indonesia," 2023. [Online]. Available: https://www.statista.com/statistics/1078350/share-of-instagram-users-by-age-indonesia/.

S. N. J. Fitriyyah, N. Safriadi, and E. E. Pratama, "Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 dari Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes," JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), vol. 5, no. 3, pp. 279–285, 2019.

A. L. Fairuz, R. D. Ramadhani, and N. A. F. Tanjung, "Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap COVID-19 Pada Media Sosial Twitter," *Journal of Dinda: Data Science, Information Technology, and Data Analytics*, vol. 1, no. 1, pp. 42–51, 2021.

T. D. Putra, E. Utami, and M. P. Kurniawan, "Analisis Sentimen Pemilu 2024 Dengan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO)," *Explore*, vol. 13, no. 1, pp. 1–5, 2023.

S. A. Rismawan, "Implementasi website berita online menggunakan metode crawling data dengan bahasa pemrograman Python," *JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 10, no. 3, pp. 167–178, 2023.

L. Nursinggah, R. Ruuhwan, and T. Mufizar, "Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi X Terhadap Program Makan Siang Gratis dengan Metode Naïve Bayes Classifier," *Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan*, 2024.

T. I. Hermanto and M. A. Sunandar, "Analisis Data Sebaran Penyakit Menggunakan Algoritma Density Based Spatial Clustering of Applications with Noise," *Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi*, vol. 3, no. 1, pp. 104–110, 2020.

P. S. M. Suryani, L. Linawati, and K. O. Saputra, "Penggunaan Metode Naïve Bayes Classifier pada Analisis Sentimen Facebook Berbahasa Indonesia," *Maj. Ilm. Teknol. Elektro*, vol. 18, no. 1, p. 145, 2019.

R. Rasenda, H. Lubis, and R. Ridwan, "Implementasi K-NN Dalam Analisa Sentimen Riba Pada Bunga Bank Berdasarkan Data Twitter," *Jurnal Media Informatika Budidarma*, vol. 4, no. 2, pp. 369–376, 2020.

F. H. Rachman, "Twitter sentiment analysis of Covid-19 using term weighting TF-IDF and logistic regression," in *2020 6th Information Technology International Seminar (ITIS)*, pp. 238–242, 2020.

H. Permana, Y. H. Chrisnanto, and H. Ashaury, "Analisis Sentimen terhadap Bakal Calon Presiden 2024 dengan Algoritma Multinomial Naïve Bayes dan Oversampling SMOTE," *JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 5, pp. 3257–3264, 2023.

R. Yunita and M. Kamayani, "Perbandingan Algoritma SVM dan Naïve Bayes Pada Analisis Sentimen Penghapusan Kewajiban Skripsi," *Indonesian Journal of Computer Science*, vol. 12, no. 5, 2023.

A. M. Khalimi, "Perhitungan Confusion Matrix Multi-Class Classification 3x3," *pengalaman-edukasi*, 2020. [Online]. Available: https://www.pengalaman-edukasi.com/2020/11/menghitung-confusion-matrix-3-kelas.html#google_vignette.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Riswan, M., Primajaya, A., & Yuda Irawan, A. S. (2025). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMBERITAAN HASIL REKAPITULASI PEMILU PRESIDEN 2024 PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5559

Issue

Section

Articles