PERANCANGAN UI BERBASIS WEBSITE PADA SEKOLAH AL HIKMAH INDONESIA DENGAN METODE FIVE PLANES
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5555Abstract Views: 170 File Views: 149
Abstract
Sekolah Al Hikmah Indonesia hanya menggunakan media sosial sebagai tempat berbagi informasi dan belum menggunakan website. Penelitian ini bertujuan membantu Sekolah Al Hikmah Indonesia membangun website yang representatif dan fungsional. Metode yang digunakan adalah metodologi Five Planes, yang mencakup lima tahapan: strategy, scope, structure, skeleton, dan surface. Pendekatan ini membantu memahami dan mengatur elemen-elemen penting dalam pengembangan website. Selain itu, metode User Experince Questionnaire (UEQ) diterapkan untuk mengukur persepsi pengguna terhadap kegunaan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metodologi Five Planes efektif dalam merancang website yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penulis melakukan pengujian terhadap 30 responden melalui usability testing. Setelah dilakukannya usability testing, responden akan diberikan penilaian usability dengan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menilai tingkat kepuasan pengguna. Dari hasil Penilaian tersebut memperoleh bahwa nilai rata-rata semua aspek pada UEQ mengalami peningkatan dan berada dalam kategori sangat baik (excellent), dapat disimpulkan bahwa perancangan desain website memperoleh penilaian positif dan memuaskan dari pengguna.Downloads
References
D. Prajarini, “Perancangan Prototype Web Profile Desa Wisata Dan Kerajinan Gamplong Sleman Dengan Metode Desain User Experience,” Aksa J. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 1, pp. 249–259, 2020, doi: 10.37505/aksa.v2i1.19.
N. R. Wiwesa, “User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, pp. 17–31, 2021.
J. J. Garrett, “Meet the Elements,” Elem. user Exp. user-centred Des. web, pp. 20–36, 2010.
G. N. Rafi, N. Heryana, and T. Ridwan, “KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika IMPLEMENTASI METODE FIVE PLANES DALAM PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA WEBSITE DESA SINDANGKARYA KARAWANG KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika,” vol. xx, no. x.
R. F. Dewa, T. Suratno, P. Eko, and P. Utomo, “Analisis Dan Perancangan Ui / Ux Sistem Recall Dengan Metode Design Thinking Dan Remote Usability Testing Analysis and Design Ui / Ux Recall System Using Design Thinking and Remote Usability Testing,” vol. 12, no. 2, pp. 277–286, 2024, doi: 10.26418/justin.v12i2.74013.
R. Zakia, T. Nabarian, and B. Amalia, “Rancang Bangun Antarmuka berbasis Website Design Method (WDM) untuk Toko Baju Online,” J. Inform. Terpadu, vol. 9, no. 1, pp. 24–33, 2023, doi: 10.54914/jit.v9i1.620.
D. Zilbryan, I. Haris, and D. Fatrianto, “Perancangan User Interface / User Experience Aplikasi Dongeng Nusantara Berbasis Web Mengguakan Metode Five Planes Designing the User Interface / User Experience for the Web-Based Archipelago Fairy Tale Application Using the Five Planes Method,” vol. 12, no. 1, pp. 47–60, 2024.
N. Kadek Risma Juniantari and I. N. Tri Anindia Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.
M. A. Kushendriawan, H. B. Santoso, P. O. H. Putra, and M. Schrepp, “Evaluating User Experience of a Mobile Health Application ‘Halodoc’using User Experience Questionnaire and Usability Testing,” J. Sist. Inf., vol. 17, no. 1, pp. 58–71, 2021.
W. D. P. Rahayu, A. A. Hendriadi, and T. Ridwan, “Perancangan Ui Ux Aplikasi Website Sistem Informasi Menggunakan Metode User Centered Dsign (Studi Kasus Desa Losari Kidul),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, pp. 2952–2964, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4994.
Y. Sridhar Reddy, M. Suman Reddy, V. Aleena, and S. Arun Kumar, “Human-Centered Software Development:Integrating User Experience (UX) Designand Agile Methodologies for EnhancedProduct Quality,” Asian J. Humanit. Art Lit., vol. 6, no. 2, pp. 203–218, 2019.
I. K. Setiawan and A. A. I. I. Paramitha, “Prototype Mobile Application Menggunakan Metode Five Planes Pada Startup Mainheal,” JTKSI (Jurnal Teknol. Komput. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 3, pp. 272–283, 2023.
Mohamad Gifari Fachridwan and Mery Citra Sondari, “Pengembangan User Interface Dan User Experience Dengan Metode Five Planes (Studi Kasus Pada Website Taxsam.co Learning Center),” J. Ekuilnomi, vol. 5, no. 2, pp. 474–486, 2023, doi: 10.36985/ekuilnomi.v5i2.762.