OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA: REDESIGN UI/UX WEBSITE SIMAKIP UHAMKA DENGAN METODE DESIGN THINKING.
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5479Abstract Views: 492 File Views: 454
Abstract
Saat ini, Teknologi Informasi mengalami kemajuan yang sangat signifikan, terutama dalam bidang sistem informasi. Beragam sistem informasi yang dikembangkan semakin mempermudah manusia dalam menyelesaikan berbagai tugas. Seiring dengan bertambahnya jumlah pengajar di perguruan tinggi, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengelola serta mengatur data terkait penelitian, pengabdian, dan publikasi para dosen. Penelitian ini secara mendalam mengkaji website SIMAKIP UHAMKA berdasarkan pengalaman pengguna dengan pendekatan design thinking yang berfokus pada user untuk menciptakan User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang mampu mengatasi semua kebutuhan user. Prototype yang dihasilkan diuji menggunakan metode SEQ (Single Ease Question) dan SUS (System Usability Scale), dengan SEQ mendapatkan nilai 7 dan SUS mendapatkan nilai 79. Berdasarkan hasil pengujian dengan kedua metode tersebut, disimpulkan bahwa prototype redesign dalam penelitian ini mudah digunakan dan dapat diterima oleh user.Downloads
References
M. A. Rizkiawan, H. Ramza, and E. S. Alim, “SISTEM INFORMASI PENCATATAN ASET DAN PEMINJAMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN AGILE PADA BPTI UHAMKA,” Journal of Scientech Research and Development, vol. 5, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://idm.or.id/JSCR/in
B. Kurniawan and M. Romzi, “Perancangan UI/UX aplikasi manajemen penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menggunakan aplikasi figma,” JSIM: Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2022.
I. Dharmawan, “Sistem Informasi Manajemen Penelitian, Pengabdian dan Publikasi berbasis Web untuk Universitas,” 2013, Merpati.
R. Alamsyah, I. M. Nugroho, and S. Alam, “Redesign User Interface Dan User Experience Aplikasi Wastu Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” JURNAL ILMIAH BETRIK: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 13, no. 2, pp. 152–159, 2022.
P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, 2023.
M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023.
R. N. Fadilah and D. Sweetania, “Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023.
N. K. Ningrum, I. U. wahyu Mulyono, and Z. Umami, “Rancang Bangun Design UI/UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Elkom: Jurnal Elektronika dan Komputer, vol. 15, no. 2, pp. 422–433, 2022.
S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023.
Y. Febriyanto, P. Sukmasetya, and M. Maimunah, “Implementasi Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Rumah Sampah Digital Banjarejo,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 3, pp. 936–947, 2023.
S. Adam and Y. Pernando, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Usability dan Aksesibilitas Desain UI/UX Aplikasi HIMAKOM Universitas Universal Menggunakan System Usability Scale,” Media Online, vol. 4, no. 5, pp. 2389–2397, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i5.1479.
A. Munawar, U. Hayati, and R. Danar Dana, “ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI KEHADIRAN PEGAWAI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE,” 2023.
K. T. Mukti, R. E. Febrita, and I. W. Suardinata, “Perancangan UI/UX Pada Website Ruang Rindu Dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 495–403, Jul. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i3.1375.