IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI POLITEKNIK TEDC BANDUNG MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING

Authors

  • Hani Rahmawati Politeknik TEDC Bandung
  • Ari Sudrajat Politeknik TEDC Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5456

Abstract Views: 623 File Views: 644

Abstract

Chatbot adalah program komputer yang mampu melakukan percakapan seperti halnya manusia.  Model percakapan menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami pertanyaan pengguna dan memberikan respons yang sesuai dengan topik yang dibahas. Proses penerimaan mahasiswa baru memerlukan layanan informasi yang cepat dan efisien, website penerimaan mahasiswa baru di Politeknik TEDC Bandung masih sebatas berisi informasi umum. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi chatbot yang dapat menjawab pertanyaan dari calon mahasiswa seputar penerimaan mahasiswa baru di Politeknik TEDC Bandung. Aplikasi chatbot diimplementasikan menggunakan metode Natural Language Processing (NLP). Tahapan pada NLP terdiri dari pembuatan dataset, text preprocessing, bag of word (BoW), dan model neural network. pelatihan pada model dilakukan sebanyak 450 epoch dan mendapatkan hasil dengan final loss 36,85% dan accuracy sebesar 90,77%. Hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) pada Aplikasi Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru di Politeknik TEDC Bandung terbukti dapat diterima dengan baik oleh pengguna, dengan nilai persentase mencapai 89,78%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. A. Zuraiyah, D. K. Utami, and D. Herlambang, “Implementasi Chatbot Pada Pendaftaran Mahasiswa Baru Menggunakan Recurrent Neural Network,” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 24, no. 2, pp. 91–101, 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i2.2388.

D. Heryati, Zulkifli, and R. M. Fajri, “Aplikasi Chatbot Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indo Global Mandiri Menggunakan Deep Learning,” 2023. doi: 10.36982/jinig.v1i1.3073.

A. Hikmah, F. Azmi, and R. A. Nugrahaeni, “Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik,” e-Proceeding of Engineering, vol. 10, no. 1, pp. 371–382, Feb. 2023.

K. D. Ningtyas, R. Kurniawan, and Armansyah, “Penerapan Natural Language Processing Pada Aplikasi Chatbot Info Layanan Kantor Menggunakan Naïve Baiyes Algorithm,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 6, no 1, pp. 266–273, 2023, doi: https://doi.org/10.53513/jsk.v6i1.7413.

N. A. Purwitasari and M. Soleh, “Implementasi Algoritma Artificial Neural Network Dalam Pembuatan Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Parocessing,” J. IPTEK, vol. 6, no. 1, pp. 14–21, 2022, doi: 10.31543/jii.v6i1.192.

I. S. Nugroho, A. Voutama, “Implementasi Chat Bot Untuk Pelayanan Pelanggan Yang Terintegrasi Web Toko Komputer,” JATI (jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 3132–3136, 2024, doi: https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9630.

M. Singla, “Advance in Computer Science”, AkiNik Publications, vol.7, 2020. doi: https://doi.org/10.22271/ed.book.784.

I. Amirulloh et al., “Rancang Bangun Chatbot Whatsapp Menggunakan Node Js dan Model Natural Languange Processing Untuk Layanan PPDB SMK YPC Tasikmalaya,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, pp. 541–550, 2024, doi: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3846.

Y. Aprilinda, T. Martavia, F. N. Afandi, and U. Rizal, “Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android,” Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi., vol. 8, no. 200, pp. 8–12, 2022. doi: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/expert/article/view/2629

M. F. Fadli, G. A. Buntoro, and F. Masykur, “Penerapan Algoritma Neural Network Pada Chatbot Pmb Universitas Muhammadiyah Ponorogo Berbasis Web,” J. Sist. dan Teknol. Inf. Komun., vol. 6, no. 1, pp. 13–22. doi: https://doi.org/10.32524/jusitik.v6i1.786.

T. B. Kurniawan and Syarifuddin, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman PHP Dan Mysql,” Jurnal TIKAR, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020.

A. N. Oktavia, M. Iqbal, R. W. Saputra, and M. Ichsan, “Implementasi Metode Natural Language Processing Dalam Studi Analisis Semantik Dan Emosi Buzzer Pada Tweet Di Aplikasi X,” BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 154–159, 2024, doi: https://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma/article/view/1093.

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Rahmawati, H., & Sudrajat, A. (2025). IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI POLITEKNIK TEDC BANDUNG MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5456

Issue

Section

Articles