GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL 3D UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Riza Ainun Jariyah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Moch. Lutfi Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5286

Abstract Views: 406 File Views: 366

Abstract

Karena kurangnya penggunaan teknologi untuk melestarikan alat musik tradisional, generasi muda tidak memiliki banyak informasi tentang musik tradisional. Pendidikan seni budaya di sekolah tingkat dasar adalah salah satu cara untuk mempertahankan budaya alat musik tradisional tetap hidup. Namun, kurangnya pengetahuan tentang alat musik tradisional menyebabkan banyak guru kesenian kesulitan menyampaikan materi pembelajaran. Terdapat dua faktor yang dapat menyebabkan pengetahuan tentang alat musik tradisional semakin terkikis, yang pertama kurangnya pemahaman tentang alat musik tradisional, dan yang kedua adalah terbatasnya fasilitas yang terkait dengan alat musik tradisional. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk merancang dan mengembangkan game edukasi pengenalan alat musik tradisional 3D. Game ini dibangun dengan menggunakan software Unity 3D sebagai game engine, multimedia development life cycle (MDLC) sebagai metode, dan pengkodingan menggunakan bahasa pemrograman C#. Hasil dari game edukasi ini membuat belajar mengenal alat musik tradisional lebih mudah dengan menggunakan teknologi augmented reality.

 

Kata-kata kunci: Game Edukasi, Augmented Reality, Alat Musik Tradisional, Unity3D

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riza Ainun Jariyah, Universitas Yudharta Pasuruan

Program Studi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan

Moch. Lutfi, Universitas Yudharta Pasuruan

Dosen tetap Program Studi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan

 

References

Android. (n.d.). Index @ Www.Android.Com. https://www.android.com/

Arif, M. F., Wibowo, S., & Nada, N. Q. (2022). Pengenalan Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Indonesian Journal of Informatics and Research, 3(1), 2. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/ijir/article/view/1019

Asrianda. (2017). Pemograman C++. In Jurnal Sosial Politik (Vol. 3, Issue 2).

Fauzan, F. F., Utoro, R. K., & Siradj, Y. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality (ar) Dan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Alat Musik Modern Untuk Anak Anak. EProceedings …, 7(6), 3533–3540. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/16836%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/16836/16553

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Rahman, M. S. (2019). Aplikasi Rekapitulasi Kuesioner Hasil Proses Belajar Mengajar Pada Stmik Indonesia Banjarmasin Menggunakan Java. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 165. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2231

Rianto, N., Sucipto, A., & Dedi Gunawan, R. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 64–72. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Riskiyanto, A., & Fuat Asnawi. (2023). Nuansa APLIKASI PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ALAT MUSIK TRADISIONAL GAMELAN JAWA BERBASIS. Media Online), 1(2), 82–89. http://ojs.nuwonosobo.or.id/index.php/

Satria, B., & Prihandoko, P. (2018). Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Sebatik, 19(1), 1–5. https://doi.org/10.46984/sebatik.v19i1.88

Sugiharto dkk. (2020). Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality untuk Visualisasi Huruf Hijaiyah Sebagai Media Pembelajaran. Snastikom, 521–533.

Utami Asri, V., Hidayati, A., Pratama, A., Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat Jl Parit Derabak, U., Raya, S., Raya, K., Kubu Raya, K., & Barat, K. (2023). Perancangan Game Edukasi Palamas Indonesia Untuk Mengenalkan Alat Musik Tradisional. Jurnal Komputer Antartika, 1, 2023. https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jka

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 22. https://doi.org/10.32502/digital.v4i1.3163

Downloads

Published

2024-10-12

How to Cite

Jariyah, R. A., & Lutfi, M. (2024). GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL 3D UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5286

Issue

Section

Articles