IMPLEMENTASI VIRTUAL TOUR SEBAGAI MEDIA INFORMASI INTERAKTIF UNTUK MEMPERMUDAH AKSES LOKASI DI PONDOK PESANTREN NGALAH
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5225Abstract Views: 185 File Views: 121
Abstract
Pondok Pesantren Ngalah memiliki struktur yang unik dan berbeda dari pondok pesantren pada umumnya. Bangunan asrama yang tersebar dan berbaur dengan lingkungan masyarakat menyebabkan calon wali santri sering kesulitan dalam menemukan lokasi asrama yang akan ditempati oleh anak mereka. Media informasi yang ada, seperti brosur dan papan pengumuman, masih bersifat non-interaktif dan tidak memberikan informasi yang lengkap dan mendetail. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi virtual tour berbasis Android menggunakan foto 360 derajat sebagai media informasi interaktif untuk Pondok Pesantren Ngalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi langsung di pondok pesantren. Foto 360 di ambil menggunakan aplikasi Google Camera fitur photo sphere. Setelah melakukan demo dan penyebaran aplikasi dilakukan pula penyebaran kuisioner dengan rata-rata hasil perhitungan skala likert didapatkan rata-rata 83,4% yang menyatakan bahwa aplikasi ini berhasil menyampaikan informasi dengan interaktif di pondok pesanren ngalah.,Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah calon wali santri dalam mendapatkan informasi yang akurat dan mendetail mengenai lokasi dan informasi lainnya.Downloads
References
Anindita Trinura Novitasari, Indah Purnama Sari, & Zaeni Miftah. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1848
Fachri, B. (2018). Perancangan Sistem Informasi Iklan Produk Halal Mui Berbasis Mobile Web Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 3(3), 98. https://doi.org/10.30645/jurasik.v3i0.69
Kholis, I., & Huda, W. S. (2019). Perancangan Sistem Manajemen Aset Berbasis Android Menggunakan Metode Sdlc Study Kasus Bau Universitas Yudharta Pasuruan. JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika Dan Komputer), 1(2), 128–133. https://doi.org/10.26905/jasiek.v1i2.3440
Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal IDEALIS, 1(5), 394.
Salsabil, R. D., Samsudin, S., & Nasution, A. B. (2022). Implementasi Virtual Tour Menggunakan Panoramic Sebagai Media Edukasi Dan Promosi Kampus. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 178–186. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1454
Akhsani, R., Ismanto, I., & Kholil, M. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Tour untuk Pengembangan Media Promosi Kampus Berbasis Web. Generation Journal, 7(2), 133–140. https://doi.org/10.29407/gj.v7i2.20069
Istita, S., & Suroyo, H. (2021). Pengembangan Aplikasi Virtual Tour (Wisata Virtual) Objek Wisata dengan Konten Image Kamera 360. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i2.159
Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. GABDIMAS: Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Sujana, I. (2023). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Aksara Sunda Bebasis Android Menggunakan Metode Mdlc. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3203
Roedavan, R., Pudjoatmodjo, B., & Putri Sujana, A. (2022). Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). ResearchGate, February, 1–6. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16273.92006
Latifah, A., Satria, E., & Kamaludin, A. (2022). Pengembangan Game Classic Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 19(1), 100–109. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1009
Harpad, B., & Wulandari, M. (2020). Aplikasi Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Menggunakan Swishmax Pada Tk Darul Falah 10 Samarinda Berbasis Multimedia. Jurnal Informatika Wicida, 9(2), 63–71. https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1239
Al Jabbar, A. A. (2021). Perancangan Aplikasi Virtual Reality Menggunakan Multimedia Development Life Cycle untuk Menunjang Proses Pembelajaran Explore Engine di Laboratorium Sistem Manufaktur UII. 1–113. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38790
Rahmad, W. A., Koniyo, M. H., & Zakaria, A. (2024). Video 360 Pengenalan Objek Wisata Benteng Otanaha Di Provinsi Gorontalo Dengan Metode Mdlc. 4(1), 10–17.