MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA ANAK BILINGUAL BERBASIS MOBILE

Authors

  • Nura Nasywa Annail Politeknik TEDC Bandung
  • Mamay Syani Politeknik TEDC Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5182

Abstract Views: 276 File Views: 211 File Views: 0

Abstract

Penggunaan gadget yang tidak tepat pada anak-anak di Indonesia berpotensi menurunkan budaya literasi, mengingat rendahnya peringkat literasi negara ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengembangkan aplikasi mobile interaktif untuk anak-anak di TK Baitul Hikmah, Bandung. Aplikasi ini menawarkan buku cerita bilingual dengan fitur suara yang dirancang untuk meningkatkan minat baca anak usia dini. Dengan menggunakan teknologi Unity, aplikasi ini menyediakan cerita dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) lengkap dengan gambar menarik dan fitur audio yang mendukung pengembangan keterampilan membaca dan mendengar. Aplikasi ini juga dapat diakses secara offline, memudahkan penggunaannya dalam berbagai kondisi. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat efektif dalam meningkatkan minat baca dan kualitas pendidikan anak-anak di Indonesia.

 

Inappropriate use of gadgets among children in Indonesia poses a risk to literacy culture, given the country's low literacy ranking. To address this issue, this study develops an interactive mobile application for children at TK Baitul Hikmah, Bandung. The application features bilingual storybooks with audio features designed to enhance early childhood reading interest. Utilizing Unity technology, the app offers stories in both Indonesian and English, complete with engaging visuals and audio support for developing reading and listening skills. The application is also available offline, facilitating its use under various conditions. Black box testing results indicate that the application functions as expected. This research demonstrates that integrating technology into education can effectively improve reading interest and educational quality for children in Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nura Nasywa Annail, Politeknik TEDC Bandung

Teknik Informatika

Politeknik TEDC Bandung 

Mamay Syani, Politeknik TEDC Bandung

Dosen Teknik Informatika

References

D. A. K. Sari and E. P. Setiawan, “Literas Baca Siswa Indonesia Menurut Jenis Kelamin, Growth Mindset, dan Jenjang Pendidikan: Survei PISA,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 8, no. 1, pp. 1–16, Jun. 2023, doi: 10.24832/jpnk.v8i1.3873.

U. Masturoh, F. N. A, L. Keluarga Sebagai Klinik Budaya Literasi, F. Nuzula Apriliyana, S. Al Azhar Menganti, and U. PGRI Ronggolawe Tuban, “Lingkungan Keluarga Sebagai Klinik Budaya Literasi Untuk Menciptakan Reading Society Sejak Dini,” 2021.

A. R. & S. R. Hafizah1, “Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar”.

T. Wulandari and D. S. Nurmiati, “Rancang Bangun Sistem Pemesanan Wedding Organizer Menggunakan Metode Rad Di Shofia Ahmad Wedding,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 11, no. 1, 2022.

S. Andayani, “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini.”

E. Prasetya Pertiwi, I. Zahro, and H. B. A. Jayawardana, “Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendampingan Guru di Lingkungan PAUD Dengan Menggunakan Model Permainan Ular Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19”, doi: 10.31537/dedication.v5i2.541.

T. C. G, A. Jayanthila Devi, and A. Professor, “A Study and Overview of the Mobile App Development Industry,” Google Scholar Citation: IJAEML International Journal of Applied Engineering and Management Letters (IJAEML) A Refereed International Journal of Srinivas University, vol. 5, no. 1, pp. 2581–7000, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4966320.

K. Adha Bilqis Ibrahim and D. Gustina, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Brand Clothing Sand Beach Dengan Skema Diskon Menggunakan Hungarian Algorithm.”

J. Algor, “Aplikasi Seminar Menggunakan Metode Mvc Berbasis Website Menggunakan Framework,” vol. 2, 2020.

M. Saefudin and S. Sudjiran, “Penerapan Perangkat Lunak Unity Dalam Pengembangan Aplikasi Game Dua Dimensi Berbasis Android.”

V. Febrian, M. R. Ramadhan, M. Faisal, and A. Saifudin, “Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 1, p. 61, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i1.4340.

D. I. Permatasari, “Pengujian Aplikasi menggunakan metode Load Testing dengan Apache JMeter pada Sistem Informasi Pertanian,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), vol. 8, no. 1, p. 135, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i1.34452.

Downloads

Published

2024-10-12

How to Cite

Annail, N. N., & Syani, M. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA ANAK BILINGUAL BERBASIS MOBILE. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5182

Issue

Section

Articles